Sukses

5 Hewan Paling Setia di Dunia, Tidak Ada Buaya!

Kesetiaan dalam hubungan bisa berarti komitmen kepada satu pasangan dalam satu waktu, bahkan seumur hidup. Kesetiaan ini tidak hanya dapat dilakukan oleh manusia, tetapi juga bisa dilakukan oleh hewan. Penasaran ada hewan apa saja? Yuk kita simak selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Kesetiaan dalam konteks hubungan seringkali diartikan sebagai komitmen untuk hanya memiliki satu pasangan dalam satu waktu. Bahkan, ada pandangan yang menyatakan bahwa kesetiaan mencakup arti hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. 

Namun, tahukah Anda? Bahwa memiliki satu pasangan seumur hidup bukanlah hal yang hanya dilakukan oleh manusia. Di alam, beberapa hewan juga menjalani ikatan hubungan sekali seumur hidup, sehingga dikenal sebagai hewan yang setia.

Meskipun tidak semua hewan di dunia memiliki rasa setia terhadap pasangannya, tetapi berikut 5 hewan paling setia di dunia yang dilansir dari animalwised.com, Selasa (7/11/2023).

Penasaran ada hewan apa saja? Yuk kita simak selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Burung Parkit

Parkit adalah hewan sosial yang merasa kesepian dan sedih jika tidak ditemani. Parkit merupakan salah satu hewan yang paling setia pada pasangannya. Mereka membutuhkan pasangan di samping mereka di kandangnya agar bisa bahagia.

Sekali berkenalan, mereka tidak akan meninggalkan sisi satu sama lain. Jika mereka kehilangan pasangannya, maka kemungkinan besar mereka akan menderita kecemasan, yang menunjukkan gejala seperti mencabut bulu. Parkit juga dikenal sebagai budgerigar, mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang baik dan setia, namun mereka membutuhkan pasangan di kandangnya.

3 dari 11 halaman

Berang-Berang

Berang-berang merupakan hewan monogami yang akan tetap setia sampai pasangannya mati. Mereka dikenal sebagai makhluk yang sangat berdedikasi pada keluarga dan sering kali digambarkan sebagai hewan yang setia kepada pasangannya.

Pasangan berang-berang biasanya akan bekerja sama dalam merawat dan membesarkan anak-anak mereka hingga mencapai usia sekitar 2 tahun. Setelah itu, anak berang-berang tersebut akan berpisah untuk membentuk keluarga keluarga baru. Mereka akan membangun bendungan mereka sendiri dan melanjutkan siklus kesetiaan ini dalam generasi berikutnya. 

4 dari 11 halaman

Penguin Jambul

Penguin Jambul adalah contoh lain dari hewan monogami. Pada musim panas, mereka kembali ke tempat kelahiran mereka untuk bertemu pasangan hidup yang sesuai. Setelah membentuk pasangan, penguin jambul tersebut akan kembali ke Antartika ke lokasi sarang terakhir mereka.

Pasangan penguin jambul akan menjalani kehidupan monogami, menghabiskan waktu bersama, terutama ketika sudah masuk dalam proses penetasan telur. Mereka bersama-sama menjaga telur-telur penguin hingga menetas dan anak-anak penguin tumbuh menjadi dewasa. 

Namun, penelitian telah mengungkapkan bahwa hanya sebagian kecil penguin betina yang memiliki beberapa pasangan pejantan selama musim kawin. 

5 dari 11 halaman

Angsa

Tidak jarang kita melihat undangan pernikahan dengan gambar angsa di dalamnya. Hal ini tidak terjadi secara kebetulan, karena angsa seringkali digunakan sebagai simbol cinta dan kesetiaan hewan.

Selain karena kebiasaan angsa yang sering menyatukan kepala dengan pasangannya dan membentuk gambar hati, mereka juga terkenal sebagai hewan monogami yang setia. Angsa hanya akan berpisah dengan pasangannya dalam beberapa situasi khusus, seperti jika mereka gagal bersarang, pasangannya meninggal, atau jika mereka jatuh mangsa predator. 

6 dari 11 halaman

Siamang

Hewan yang paling setia berikutnya adalah siamang. Siamang betina dan siamang pejantan biasanya mendapatkan kesetiaan karena mereka sering hidup bersama, sehingga ada banyak pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama.

Kesetiaan di antara pasangan siamang juga berdampak pada cara mereka menjalani kehidupan. Mereka bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga dalam mengasuh anak-anak yang mereka lahirkan. Siamang sering membentuk kelompok yang kuat dengan anak-anak mereka

7 dari 11 halaman

Apa Saja Jenis Penguin?

Ini dia beberapa jenis penguin:

  • Penguin Kaisar
  • Penguin Raja
  • Penguin Adelie
  • Penguin Rockhopper
  • Penguin Humboldt
  • Penguin Gentoo
8 dari 11 halaman

Apakah Burung Parkit Makan Sayur?

Sayuran adalah makanan yang sehat untuk burung parkit. Biasanya, burung parkit diberi jenis sayuran berupa biji-bijian yang kemudian dicampur dengan pelet atau makanan harian lainnya.

9 dari 11 halaman

Berang-Berang Makannya Apa?

Berang-berang menyukai jenis makanan seperti katak, ular, crustacea termasuk kepiting dan udang, serta ikan dan mamalia kecil lainnya. Mereka menggunakan cakar mereka untuk membuka cangkang kepiting yang keras dan mengambil bagian dalamnya.

10 dari 11 halaman

Kenapa Angsa Menyerang Manusia?

Pada sebagian besar kasus, angsa cenderung menyerang untuk membela diri atau melindungi sarang mereka. Mereka merasa perlu untuk mempertahankan wilayah mereka dan dapat menjadi agresif jika seseorang terlalu dekat dengan sarang mereka. Angsa adalah burung semi-akuatik yang besar dan seringkali tidak terlalu takut pada manusia, terutama jika mereka merasa perlu untuk mempertahankan diri atau wilayahnya.

11 dari 11 halaman

Siamang Makannya Apa?

Siamang merupakan hewan omnivora. Sekitar 75% makanan mereka adalah buah, sisanya daun, bunga, biji-bijian, dan kulit kayu. Mereka juga memakan serangga, laba-laba, telur burung, dan burung kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.