Sukses

17 November 2023 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Pelajar Internasional hingga Hari Prematur Sedunia

Jadi, tanggal 17 November hari apa? Pada tanggal 17 November sendiri ada Hari Pelajar Internasional, Hari Prematur Sedunia hingga Hari Vasektomi Sedunia.

Liputan6.com, Jakarta 17 November memperingati beberapa penting di seluruh dunia. Tentunya masing-masing dari hari penting pada tanggal 17 November tersebut memiliki sejarah dan tujuannya sendiri. 

Jadi, tanggal 17 November hari apa? Pada tanggal 17 November sendiri ada Hari Pelajar Internasional, Hari Prematur Sedunia hingga Hari Vasektomi Sedunia. Nah, untuk mengetahui deretan hari penting tersebut lebih lanjut, berikut ini ulasannya seperti yang telah dirangkum dari laman Days of The Year, Jumat (17/11/2023):

Hari Pelajar Internasional 

Pelajar adalah masa depan dunia. Mereka adalah orang-orang yang akan membawa dunia semakin maju. Tidak peduli latar belakang atau bidang studi mereka, kita harus selalu menghargai mereka yang ingin memperluas pengetahuan mereka, karena banyak pelajar yang berusaha keras untuk melakukannya.

Hari Pelajar Internasional adalah kesempatan sempurna bagi kita untuk memberikan penghormatan kepada pelajar di seluruh dunia. Dari seluruh penjuru dunia, siswa bekerja keras untuk mencapai tujuan karier mereka dan membuat perbedaan. 

Hari Pelajar Internasional adalah perayaan multikulturalisme, keberagaman dan kerja sama antar pelajar di seluruh dunia. Meskipun awalnya merupakan hari peringatan lebih dari 1.200 mahasiswa Universitas Praha yang tewas dalam Perang Dunia II, Hari Pelajar Internasional telah menjadi kesempatan bagi universitas-universitas di seluruh dunia untuk membanggakan para siswa mereka dan kebaikan yang mereka lakukan untuk masyarakat setempat.

Meskipun kegiatan-kegiatan yang dilakukan para pendahulu Hari Pelajar Internasional jelas tidak setinggi atau relevan bagi umat manusia, pertemuan-pertemuan ini menarik banyak keterlibatan, sumbangan, dan perhatian dari organisasi-organisasi dan badan amal.

Untuk merayakan peringatan ini para pelajar atau mahasiswa bisa memperlihatkan dan merayakan tindakan tanggung jawab sosial mereka dan mengadakan pertemuan di kampus untuk menunjukkan tujuan mereka menjadi sukarelawan, ikut serta dalam kompetisi yang menggembirakan, berdiskusi tentang serikat mahasiswa dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hari Prematur Sedunia

Hari Prematur Sedunia menarik perhatian terhadap isu-isu khusus yang dihadapi bayi yang lahir prematur, merayakan perkembangan dan pertumbuhan bayi yang lebih tua dan anak-anak yang lahir prematur, dan merupakan hari yang baik untuk mendukung anggota komunitas Anda yang menangani bayi baru lahir atau bayi prematur, atau yang orang tua menyesuaikan diri dengan bayi yang lahir prematur.

Bayi yang lahir prematur menghadapi banyak masalah khusus, termasuk kesulitan bernapas, kesulitan makan, dan berat badan lahir rendah. Itu mengapa bayi yang lahir prematur umumnya harus dirawat di rumah sakit lebih lama dibandingkan bayi yang lahir cukup bulan, dan banyak yang akhirnya menghabiskan waktu di unit NICU (perawatan intensif neonatal) atau ruang perawatan khusus hingga dipastikan bahwa bayi tersebut stabil dan cukup sehat untuk dibawa pulang. Ini bisa menjadi masa yang sangat sulit bagi banyak keluarga.

Hari Prematur Sedunia adalah saat yang tepat untuk melihat kembali kemajuan yang telah dicapai dalam perawatan pra-kelahiran dan neonatal, dan merayakan bagaimana penelitian dan intervensi baru telah secara dramatis meningkatkan hasil yang diharapkan dari begitu banyak bayi yang lahir prematur setiap tahunnya. 

Jika Anda sedang hamil, Hari Prematuritas Sedunia adalah pengingat yang baik untuk mendiskusikan persalinan prematur dengan tim perawatan pra-kelahiran Anda.

Bayi yang lahir prematur sering kali mengalami kesulitan mengatur panas tubuh, jadi cara lain untuk merayakan Hari Prematur Sedunia adalah dengan mengadakan penggalangan dana berupa selimut, topi, sarung tangan, atau menyumbang untuk rumah sakit setempat yang menyambut bayi yang lahir prematur. 

Anda mungkin juga ingin menanyakan ke rumah sakit setempat untuk mengetahui kebutuhan kamar bayi mereka, atau hadiah apa yang disumbangkan yang akan sangat berguna bagi orang tua dari bayi yang lahir prematur yang mungkin harus dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu yang lama.

Hari Prematur Sedunia juga merupakan saat yang tepat untuk menghubungi orang tua yang mungkin Anda kenal yang memiliki bayi yang lahir prematur, untuk mengetahui perkembangannya atau memberi mereka dorongan. Jika Anda tertarik untuk membantu keluarga yang merawat bayi yang lahir prematur, atau mempelajari lebih lanjut tentang masalah khusus yang dihadapi bayi tersebut, Anda mungkin ingin menghubungi pusat kehamilan, bidan, atau pusat bersalin di rumah sakit setempat.

3 dari 4 halaman

Hari Vasektomi Sedunia

Peringatan lain selain Hari Prematur Sedunia yang diperingati setiap tanggal 17 November ialah Hari Vasektomi Sedunia. Hari Vasektomi Sedunia sendiri merupakan peringatan tahunan yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran global akan vasektomi sebagai solusi bagi pria untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Vasektomi sendiri merupakan prosedur kontrasepsi yang dilakukan pada organ seksual pria untuk membatasi penyaluran sperma selama hubungan seksual. Peringatan ini dilakukan untuk mendukung vasektomi sebagai pilihan aman dan masuk akal untuk kontrasepsi pria.

4 dari 4 halaman

Sejarah Lahirnya Hari Vasektomi Sedunia yang Diperingati pada 17 November

Pada 17 November tahun ini, masyarakat dunia memperingati Hari Vasektomi Sedunia atau World Vasectomy Day. Peringatan ini sering diperingati setiap tahunnya pada Jumat ketiga di bulan November.

Pada tahun ini, Jumat ketiga di bulan November jatuh pada 17 November. Mengutip dari National Today, peringatan ini dilakukan untuk mendukung vasektomi sebagai pilihan aman dan masuk akal untuk kontrasepsi pria.

Kemudian, peringatan ini juga untuk mempromosikan pelatihan dokter yang bisa melakukan prosedur tersebut. Sebagai informasi Vasektomi merupakan prosedur kontrasepsi permanen yang dilakukan pada organ seksual pria.

Prosedur vasektomi mempunyai tujuan untuk membatasi transfer sperma selama hubungan seksual. Diketahui prosedur ini pertama kali diluncurkan pada 2012. Hingga saat ini, lebih dari 30 negara telah bermitra dan menjadikan prosedur tersebut sebagai gerakan keluarga berencana dan kesehatan seksual yang berfokus pada pria terbesar di dunia.

Mengutip dari RS Universitas Indonesia, prosedur vasektomi dilakukan untuk membuat pria mandul secara permanen. Sehingga prosedur ini cocok untuk dilakukan kepada laki-laki berkeluarga yang sudah tidak ingin memiliki anak.

Sementara itu, prosedur vasektomi dilakukan melalui operasi kecil yang aman dan tidak mempunyai pengaruh terkait kemampuan pria dalam melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga lebih murah dan lebih sedikit komplikasi daripada dengan sterilisasi tuba.

Program Vasektomi juga dinilai sebagai salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh para pria untuk melaksanakan program Keluarga Berencana (KB). Sehingga program ini membuktikan bahwa program KB tidak hanya tanggung jawab perempuan namun juga para pria.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.