Sukses

Pernikahan Crazy Rich Indonesia yang Menggemparkan Dunia Layar Kaca, Bikin Konser di Rumah hingga Souvenir Hermes

Pernikahan 'crazy rich' kerap menjadi sorotan publik. Hal ini disebabkan oleh kemewahan, deretan tamu terkenal, dan biaya miliaran rupiah, menciptakan perhelatan tak terlupakan. Momen spesial ini memicu perbedaan dalam cara merayakan, dari sederhana hingga spektakuler.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki pernikahan impiannya masing-masing, salah satunya adalah pernikahan ala ‘crazy rich’. Pasalnya, pernikahan ini terus menjadi sorotan utama publik.  Mulai dari mencuri perhatian karena kemewahannya hingga deretan tamu undangan yang menghadiri perhelatan tersebut, semuanya menjadi bagian menarik dari pernikahan seperti ini.

Pernikahan ‘crazy rich’ kerap menjadi trending topic dan viral di berbagai platform media sosial. Bukan tanpa alasan, biaya yang dikeluarkan untuk menggelar pesta pernikahan ini tidaklah sedikit, bahkan mencapai angka miliaran rupiah. 

Pentingnya momen pernikahan bagi setiap individu menyebabkan perbedaan dalam cara merayakan pernikahan tersebut. Ada yang memilih perayaan sederhana, namun ada juga yang ingin menghadirkan kemewahan sejati karena meyakini bahwa menikah adalah momen sekali seumur hidup yang patut dirayakan secara spektakuler.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/11/2023), berikut daftar pernikahan crazy rich di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pernikahan Jusup Cahyadi dan Clarissa

Pernikahan yang dilangsungkan oleh Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa pada tahun 2018 lalu memicu sorotan publik di media sosial. Pasangan ini membuat acara pernikahan yang bernilai fantastis yaitu mencapai Rp10 miliar. Diketahui, Jusup merupakan anak dari seorang pengusaha kelapa sawit.

Pernikahan mereka tidak hanya mencuri perhatian karena kemewahannya, tetapi juga karena foto prewedding yang mereka ambil di lima benua yang berbeda. 

Acara resepsi mereka juga menarik perhatian karena menyajikan hadiah-hadiah menarik seperti iPhone XS Max, XS, dan XR untuk para tamu undangan. Tak hanya itu, mereka juga mengundang musisi Michael Learns to Rock (MLTR) dalam pesta pernikahan.

3 dari 11 halaman

Pernikahan Fandy Harjanto dan Anita Rosifah

Pernikahan yang diadakan oleh pasangan dari Solo, Jawa Tengah, yakni Fandy Harjanto dan Anita Rosifah, menjadi sorotan warganet karena kehadiran puluhan tamu yang memiliki Lamborghini. 

Acara tersebut diselenggarakan di Diamond Convention Center Solo pada bulan Oktober 2018 lalu dan meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai 'resepsi pernikahan dengan tamu berkendara Supercar terbanyak'.

Fandy, yang merupakan anggota dari Lamborghini Club Indonesia (LCI), memiliki banyak teman sejawat yang juga memiliki kendaraan Lamborghini. Selain Lamborghini, beberapa tamu undangan juga datang dengan kendaraan seperti Ferrari, Aston Martin, Rolls-Royce, dan Nissan GT-R. Totalnya, ada 62 Supercar yang hadir dalam pesta pernikahan ini, menambah keistimewaan acara tersebut.

4 dari 11 halaman

Pernikahan Indra Gunawan dan Adeline Sutrisno

Anak dari pemilik PT Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo, yaitu Indra Gunawan, menjadi sorotan warganet setelah mengadakan pernikahan mewah dengan istrinya, Adeline Sutrisno, di Hotel The Ritz Carlton Millenia Singapura.

Adeline terlihat mempesona dengan gaun karya desainer Adrian Gan yang memiliki siluet strapless yang dihiasi dengan bordiran dan manik-manik yang indah.

Pada acara pernikahan tersebut, Indra dan Adeline mengundang mantan anggota Westlife, Shane Filan, sebagai bintang tamu yang tampil memukau di acara mereka.

5 dari 11 halaman

Pernikahan Irmawati dan Supardi

Pada tahun 2020, Irmawati dan Bripda Supardi pasangan asal Jeneponto, Sulawesi Selatan, menjadi viral di media sosial karena menggelar pernikahan dengan mahar dan panai yang mewah. Pasangan ini bahkan mendapat sebutan 'crazy rich' di Sulawesi Selatan.

Salah satu unggahan Bripda Supardi di Facebook memperlihatkan pemberian mahar dan uang panai kepada Irma yang mencakup uang sebesar Rp300 juta, satu set perhiasan emas, beras sebanyak satu ton, tiga ekor kuda, tanah, sebuah rumah, dan satu unit mobil Pajero.

Diketahui, uang panai merupakan tradisi di Sulawesi Selatan di mana pihak laki-laki memberikan sejumlah uang kepada keluarga mempelai perempuan sebagai bagian dari pernikahan.

6 dari 11 halaman

Pernikahan Ryan Harris dan Gwen Ashley Widodo

Raffi Ahmad dan Melaney Ricardo baru saja menjadi MC dalam acara pernikahan Ryan Harris dan Gwen Ashley Widodo di Surabaya. Raffi juga berbagi postingan di Instagram yang menampilkan video Nicole Scherzinger, salah satu anggota girl grup The Pussycat Dolls, sedang menyanyi dalam pernikahan tersebut. 

Tidak hanya itu, Brian McFadden, mantan anggota boyband Westlife, kemudian Raisa, Lyodra, hingga Via Vallen, juga turut hadir. Raffi juga tak lupa memberikan ucapan selamat kepada pasangan Ryan Harris dan Gwen Ashley Widodo atas pernikahan mereka.

Pernikahan keduanya digelar di salah satu hotel mewah di Surabaya pada 18 November 2023. Bahkan untuk dekorasinya saja, pasangan ini rela merogoh kocek hingga Rp 75 miliar. Tak tanggung-tanggung, bahkan souvenir pernikahannya adalah sebuah piring merk Hermes yang merupakan brand ternama dunia.

7 dari 11 halaman

Siapa Itu Ryan Harris?

Mengutip berbagai sumber, Selasa (21/11/2023), Ryan Harris merupakan anak dari bos Airasia Indonesia, Pin Harris. Dia juga merupakan seorang pengusaha garam yang cukup besar di Surabaya, salah satu pemilik PT Unichem Candi Indonesia. Perusahaan tersebut sudah memproduksi garam sejak 1980 di Sidoarjo.

8 dari 11 halaman

Gwen Ashley Surabaya Siapa?

Gwen Ashley diketahui merupakan anak dari pengusaha properti di Surabaya, PT Griyo Mapan Santoso (GMS), Markus Widodo dan pengusaha fashion ternama Warren Tjandra.

9 dari 11 halaman

Apa yang dimaksud Crazy Rich?

Istilah ‘crazy rich’ semakin terkenal dan sering digunakan untuk menggambarkan individu yang memiliki kekayaan yang sangat besar dan gaya hidup yang mewah serta glamor. Penamaan ini umumnya dipakai dalam konteks yang santai, seperti dalam percakapan sehari-hari atau di media sosial.

10 dari 11 halaman

Berapa Kekayaan Crazy Rich?

Menurut Head of Research Knight Frank Asia Pacific Christine Li, ada persyaratan untuk masuk ke dalam kategori crazy rich atau Ultra High Net Worth Individuals (UHNWIs). Syaratnya yaitu harus memiliki kekayaan lebih dari US$ 30 juta atau ekuivalen dengan Rp 432 miliar.

11 dari 11 halaman

Berapa Persen Jumlah Orang Kaya di Indonesia?

Menurut laporan Global Wealth Databook yang diansir dari katadata.com pada Selasa (21/11/2023), populasi orang super kaya atau crazy rich di Indonesia sangat kecil. Pada 2021, hanya ada sekitar 191 ribu orang (0,1%) penduduk dewasa Indonesia yang punya kekayaan diatas USD 1 juta atau lebih dari Rp15 miliar (asumsi kurs Rp15.000 per USD).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.