Sukses

4 Cara untuk Menjadi Lebih Penuh Kasih, Salah Satunya Memberikan Sentuhan Fisik!

Kasih sayang merupakan salah satu cara paling lugas untuk menunjukkan kepada orang yang kamu kasihi bahwa kamu peduli terhadap dia, hal ini juga dapat diungkapkan dengan berbagai cara.

Liputan6.com, Jakarta - Kasih sayang merupakan salah satu cara paling lugas untuk menunjukkan kepada orang yang kamu kasihi bahwa kamu peduli terhadap dia, hal ini juga dapat diungkapkan dengan berbagai cara. Biasanya, kasih sayanng mengacu pada ketertarikan terhadap seseorang. Segelintir orang menawarkan kasih sayang melalui sentuhan fisik sedangkan yang lain dengan cara mengatakan hal-hal baik, menulis pesan romantis, atau merencanakan quality time bersama orang yang mereka cintai.

Bila kamu kesulitan memberikan kasih sayang, mungkin juga sulit untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjadi lebih cinta pada pasanganmu. Namun, yang perlu diingat, bahwa sebenarnya kurangnya kasih sayang mengarah pada kesedihan dan kesepian, lebih banyak kasih sayang membuat kamu menjadi orang lebih bahagia dan lebih terjaga kesehatan mentalmu. Lantas, bagaimana cara menjadi lebih penuh kasih dalam suatu hubungan? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind pada Jumat (24/11/23).

1. Pelajari Bahasa Cintamu

Terdapat lima cara berbeda untuk memberi dan menerima cinta yang biasa disebut sebagai love language. Hal ini meliputi word of affirmation, quality time, physical touch, acts of service, and receiving gifts.

Kamu dapat mempelajari bahasa cintamu dengan membedakan mana yang paling kamu sukai atau telah dilakukan untuk dirimu. Setelah kamu memahami hal ini dengan lebih jelas, akan lebih mudah bagi kamu untuk menggunakan cara-cara alami untuk menunjukkan kasih sayang.

Mengetahui lebih banyak tentang diri sendiri dapat menghasilkan kenyamanan dan relaksasi yang lebih kuat, yang pada waktunya dapat mengurangi rasa stes dan meningkatkan kasih sayang. Kamu juga dapat bertanya kepada orang yang kamu cintai bagaimana mereka lebih suka menerima cinta dan kemudian menunjukkan kepada mereka jenis bahasa cinta yang mereka inginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bagikan Perasaanmu

Tidak ada gunanya berjuang sendirian. Faktanya, tindakan mengungkapkan perasaan kamu kepada orang lain yang membuat kamu merasa aman telah terbukti mengurangi stres. Jika kamu tahu bahwa pasangan, keluarga, atau temanmu ingin kamu lebih mesra, tetapi kamu merasa kesulitan maka langkah terbaik yang harus diambil untuk memulainya adalah memberi tahu mereka betapa sulitnya hal itu bagi dirimu.

Setelah mempelajari bahasa cinta akan sangat membantu dirimu karena menunjukkan bahwaini adalah topik yang kamu pedulikan dan telah kamu pertimbangkan. Kamu juga dapat mendiskusikan apa yang telah kamu pelajari serta bagaimana kamu akan menggunakan pengetahuan itu untuk menjadi lebih penuh kasih.

3. Berusahalah Memberikan Sentuhan Fisik

Mungkin hal ini tampak berlawanan dengan intuisi karena tidak terasa alami, tetapi terkadang satu-satunya cara untuk melewati tugas yang sulit adalah dengan melakukannya. Kemungkinannya adalah kamu memiliki kemampuan untuk menikmati, memberi, dan menerima sentuhan fisik.

Hal terpenting ialah kamu harus berhati-hati dan memerhatikan bagaimana tindakan tersebut dapat memengaruhi perasaanmu. Sebelum melakukan kontak fisik, pastikan kamu mendapatkan persetujuan untuk melakukannya.

Pelukan bisa menghilangkan stres, tetapi manfaatnya lebih dari itu. Pelukan juga dapat membuat sistem kekebalan tubuhmu lebih kuat. Jika kamu memperhatikan bagaimana perasaanmu saat memeluk seseorang maka kamu mungkin akan menyadari betapa indah rasanya. 

 

3 dari 3 halaman

4. Sisihkan Waktu Untuk Orang Tercinta

Setiap hubungan membutuhkan waktu yang dihabiskan bersama untuk meningkatkan kasih sayang. Quality time merupakan tindakan hadir dan terlibat ketika kamu menghabiskan waktu bersama seseorang. Quality time tidak termasuk duduk bersebelahan di ruangan yang sama, tetapi tidak ada interaksi atau sibuk dengan urusan masing-masing.

Meskipun quality time bukan bahasa cintamu, menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang tersayang dapat membantu kamu menjadi lebih penuh kasih. Itu karena dengan hadirnya mereka, kamu akan menjadi lebih dekat dengan orang yang kamu cintai.

Jika kamu adalah orang yang sangat sibuk, tetapi kekurangan waktu, jangan ragu untuk mengubah jadwalmu untuk melakukan quality time bersama orang terkasih. Ini lebih tentang niat dan kualitas daripada kuantitas. Berapa pun jumlah waktunya, yang kamu tahu untuk hadir dan terlibat adalah hal yang tepat untuk memulainya.

Manfaat Menjadi Lebih Penuh Kasih

  • Meningkatkan kadar oksitosin. Ikatan kimia oksitosin terkenal sebagai faktor kunci dalam pasangan baru yang semakin dekat dan melewati fase bulan madu. Bahan kimia yang dilepaskan tubuh melalui sentuhan fisik dan cinta, membuat orang merasa terhubung dengan orang lain.
  • Mengurangi stres. Kortisoladalah hormon yang berhubungan dengan respons tubuh terhadap stres. Dengan membantu mengurangi stres, kasih sayang akan menurunkan kadar kortisol seseorang. Hal ini bermanfaat karena orang dengan kadar kortisol tinggi cenderung mengalami lebih banyak masalah kesehatan, seperti depresi.
  • Bagus untuk kesehatan mental. Orang-orang yang berada dalam hubungan kasih sayang mengalami lebih sedikit masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi dibandingkan dengan mereka yang berada dalam hubungan yang lebih antagonis. Jika masalah ini bukan masalah yang sering kamu hadapi maka kasih sayang akan membantu mengatasi masalah tersebut.
  • Meningkatkan kesehatan fisik. Jika pelukan sederhana dapat membantu gejala kekebalan tubuhmu dan mengurangi keparahan penyakit, bayangkan saja betapa hal itu dapat membantu kesehatan jangka panjangmu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.