Sukses

5 Daftar Rumah Terbesar di Dunia Tahun 2023

Rumah adalah kebutuhan dasar manusia sebagai tempat tinggal, rumah juga menjadi simbol investasi di masa depan. Lingkungan rumah dapat membentuk karakter seseorang. Bagi sebagian orang, memiliki rumah besar dan unik mencerminkan prestasi dan kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta Rumah adalah salah satu kebutuhan dasar manusia untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Namun, tidak sedikit juga yang menjadikan rumah sebagai investasi di masa depan dan pembuktian status sosial pemiliknya. Apalagi, di zaman sekarang ini, status sosial cukup penting bagi setiap orang.

Tak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter seseorang. Lingkungan rumah yang membangun kebersamaan, nilai-nilai, dan pola interaksi di dalamnya dapat memengaruhi perkembangan individu secara signifikan.

Sebagian besar orang menganggap bahwa memiliki rumah dengan ukuran yang memadai sudah cukup untuk dijadikan sebagai tempat tinggal, namun, pandangan yang berbeda hadir dari segelintir individu. Bagi mereka, memiliki rumah mewah dengan ukuran yang besar dan luas dapat memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. 

Beberapa rumah memiliki bentuk yang unik mencerminkan kekreatifan dan karakter unik penghuninya, bahkan ada yang memiliki ukuran yang sangat besar, menjadi manifestasi dari kejayaan atau keberhasilan seseorang.

Dilansir dari Magicbricks pada Jumat (24/11/2023), berikut 5 daftar rumah terbesar dan termewah yang ada di dunia tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Istana Nurul Iman (200.000 m2)

Rumah terbesar pertama di dunia adalah Istana Nurul Iman atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan The Light of Faith Palace dengan luas mencapai 2,15 juta kaki persegi. Rumah ini adalah tempat kediaman Raja atau Sultan Brunei yang bernama Hassanal Bolkiah. 

Letaknya di perbukitan Sungai Brunei dekat ibu kota yang juga menjadi salah satu tempat pusat pemerintahan di sana. Istana Nurul Iman dirancang oleh arsitek asal Filipina, Visayan Leandro V. Locsin. Bangunannya selesai dibangun sekitar tahun 1984. 

Menyandang predikat sebagai rumah paling besar di dunia, Istana Nurul Iman memiliki 1.788 kamar, 257 kamar mandi, ruang perjamuan berkapasitas 5.000 tamu, dan masjid yang dapat menampung 1.500 orang. Bahkan Istana ini juga memiliki garasi untuk 110 mobil, kandang ber-AC untuk 200+ kuda poni polo, dan lima kolam renang.

3 dari 11 halaman

Buckingham Palace (77.000 m2)

Istana Buckingham adalah salah satu rumah kerajaan terbesar dan paling terkenal di dunia. Istana ini dimiliki oleh The Crown Estate, salah satu tempat tinggal yang dimiliki Raja Charles III. Istana ini terletak di kota Westminster di London, telah menjadi kediaman resmi penguasa Inggris sejak tahun 1837.

Buckingham Palace memiliki 775 kamar yang terdiri dari 78 kamar mandi, taman yang tersebar di 42 hektar, ruang operasi dokter, kantor polisi, kantor pos, bioskop, lapangan tenis, serta terowongan bawah tanah yang terhubung dengan Gedung Parlemen dan Clarence House. 

Istana Buckingham dibangun pada tahun 1703 oleh William Winde dan direnovasi oleh John Nash. Luasnya mencapai 828,82 kaki persegi atau 77.000 m2 dan diperkirakan bernilai $3,2 miliar.

4 dari 11 halaman

Antilia (37.000 m2)

Antilia merupakan rumah terbesar ketiga di dunia. Rumah ini bisa disebut sebagai gedung pencakar langit karena memiliki tinggi 27 lantai dan luas 400.000 kaki persegi atau 37.000 m2. 

Rumah ini mencangkup 3 helipad, pengatur lalu lintas udara, 168 garasi mobil, ballroom, 9 elevator, teater, taman teras, kolam renang, spa, pusat kesehatan, kuil dan juga ruang salju.

Antilia dimiliki oleh Miliarder India yaitu Mukesh Amban. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 2012. Seluruh denah bangunan didasarkan pada Vastu Shastra yang diyakini oleh keluarga tersebut selama beberapa generasi.

5 dari 11 halaman

Biltmore Estate (16.300 m2)

Rumah terbesar ketiga di dunia adalah Biltmore Estate di North Carolina. Rumah ini dianggap sebagai tempat tinggal pribadi terbesar di Amerika Serikat dengan luas 175.000 kaki persegi / 16.300 m2.  Di dalamnya terdapat 250 kamar yang terdiri dari 43 kamar mandi yang luar biasa, serta ada juga perpustakaan dengan 23.000 buku.

Rumah besar ini dibangun oleh George Washington Vanderbilt sejak tahun 1889 hingga 1895. Desain rumahnya mengambil inspirasi dari chateaux (kastil) Prancis, lengkap dengan halaman rumput yang luas dan beberapa taman.

6 dari 11 halaman

Safra Mansion (10.900 m2)

Safra Mansion dimiliki oleh salah satu keluarga terkemuka di Brasil.  Rumah ini memiliki 130+ kamar dan beberapa kolam renang, serta memiliki luar 117,000 kaki persegi atau 10.900 m2. 

Dilansir dari Forbes pada Jumat (24/11/2023), Safra adalah orang Brazil terkaya kedua dan bankir terkaya di dunia. Sayangnya, properti ini sangat tertutup, sehingga sulit menemukan foto-foto propertinya.

7 dari 11 halaman

Seperti Apa Mansion Itu?

Mansion adalah sebuah rumah yang memiliki ukuran bangunan di atas 500 meter persegi dan memiliki fasilitas mewah.

8 dari 11 halaman

Berapa Harga Rumah Antilia?

Harga rumah milik Mukesh ditaksir US$ 2 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Rumah milik Mukesh atau yang biasa disebut Antilia ini memiliki luas 400 ribu kaki persegi dan terdiri dari 27 lantai.

9 dari 11 halaman

Berapa Harga Istana Nurul Iman?

Dikutip dari Info Indonesia pada Jumat (24/11/2023), istana ini ditaksir mencapai Rp21 Kuadriliun.

10 dari 11 halaman

Apa yang dimaksud Rumah Kontemporer?

Rumah dengan desain kontemporer artinya rumah yang berfokus pada sisi estetika maupun elemen yang sedang tren atau bersifat kekinian. Rumah kontemporer di era 1920-an banyak dipengaruhi gerakan art deco, sedangkan di dekade 1970-an, rumah kontemporer cenderung bergaya bohemian.

11 dari 11 halaman

Rumah Klasik Seperti Apa?

Desain rumah klasik menampilkan karakteristik unik melalui fasadnya yang khas, jendela elegan, pintu yang menarik perhatian, dan atap yang menggambarkan keanggunan. Fitur-fitur yang menonjol mencakup kolom bergalur yang menghadirkan kesan megah, panel cekung di langit-langit yang menambah sentuhan artistik, serta beragam bentuk cekung yang sering ditemui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.