Sukses

Deretan Fakta Menarik Bulan Desember yang Jarang Orang Ketahui, Apa Saja?

Pada Desember ini, hampir seluruhnya dipenuhi dengan kebiasaan dan tradisi yang berbeda-beda dan hanya sedikit hal lain yang menjadi fokus selama periode ini. Lantas, apa saja fakta menarik dari bulan penghujung tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Terletak antara bulan November dan Januari, Desember adalah bulan kedua belas dan terakhir dalam kalender Gregorian. Pada bulan ini, hampir seluruhnya dipenuhi dengan kebiasaan dan tradisi yang berbeda-beda dan hanya sedikit hal lain yang menjadi fokus selama periode ini, selain liburan akhir tahun.

Bagi kamu yang berada di belahan bumi utara, musim dingin telah resmi di mulai. Persiapkanlah dirimu untuk menghabiskan hari-harimu di dalam ruangan sambil menikmati secangkir minuman hangat dan pemanas tubuh. Namun, itu bukanlah hal yang buruk, musim dingn adalah waktu angtepat untuk membaca buku favoritmu.

Sementara itu, bagi kamu yang berada di belahan bumi selatan mempunyai pengalaman bulan Desember yang sangat berbeda. Saat ini, musim panas sudah tiba dan suhu diperkirakan akan terus meningkat. Sebaiknya, kamu tetap berada di rumah di siang hari dan menikmati angin sejuk pada malam hari.

Untuk kamu yang berada di Indonesia, mungkin bulan ini adalah bulan yang penuh berkah karena hampir setiap hari cuaca mendung bahkan hujan. Sebaiknya kamu mulai mempersipapkan peralatan, seperti payung atau mantel ketika bepergian ke luar rumah agar hujan tidak menghalangi aktivitasmu. Lantas, apakah bulan penghujung tahun ini memiliki fakta menarik? Iya, tentu. Berikut ulasannya, seperti yang sudah dilansir dari beberapa sumber.

1. Bulan Desember di Kalender Romawi Kuno

Melansir dari halaman kidadl, Senin (4/12/23), kalender romawi kuno yang digunakan sekitar tahun 750 SM hingga 45 SM, memasukkan Desember sebagai salah satu bulan aslinya. Menurut kalender romawi kuno, Desember adalah bulan kesepuluh. Hal ini dikarenakan terjemahan literal nama Desember adalah bulan kesepuluh sehingga penempatan ini lebih masuk akan untuk bulan ini. Menurut kalender romawi kuno, bulan Desember hanya memiliki 30 hari.

Diulas dari halaman Fact Site (4/12/23), ketika Julius Caesar mengubah kalender pada tahun 45 SM menjadi kalender Julian, ia menambahkan dua bulan, yaitu Januari dan Februari yang disisipkan pada awal tahun kalender. Perubahan ini selamanya menjadikan Desember menjadi bulan terakhir dalam setahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bulan Desember bagi Bangsa Anglo-Saxon

Masih dilansir dari Fact Site, kalangan masyarakat Anglo-Saxon awalnya mengenal bulan Desember dengan berbagai nama yang berbeda, seperti Winter Monath yang artinya bulan musim dingin. Selain itu, bangsa Anglo-Saxon juga menyebut bulan Desember sebagai Yule Monath, kemungkinan besar karena secara tradisional ini merupakan waktu bagi mereka untuk membakar kayu Yule sebagai bagian dari perayaan adat mereka. 

Meskipun banyak adat istiadat Yule yang memudar seiring berjalannya waktu, adat istiadat lainnya, seperti pembakatan batang kayu Yule masih dilakukan di beberapa bagian dunia hingga saat ini. Nama baru untuk bulan Desember juga diciptakan untuk memperingati masuknya banyak orang Anglo-Saxon ke agama Kristen. Dengan keyakinan baru, mereka mulai menyebut bulan Desember sebagai Heligh Monath yang berarti bulan suci.

3. Dua Zodiak yang Berbeda pada Bulan Desember

Terdapat dua kelompok astrologi yang sangat berbeda yang dimiliki oleh orang yang lahir pada bulan ini. Mereka yang lahir sebelum tanggal 23 Desember termasuk dalam zodiak Sagitarius sedangkan zodiak Capricorn merupakan lambang zodiak bagi mereka yang merayakan ulang tahun pada atau setelag 23 Desember. 

Orang yang berzodiak Sagitarius sering dipuji karena memiliki sikap positif dan optimis tanpa batas, serta kemurahan hati dan perspektif yang sangat luas. Bila kamu termasuk dalam zodiak Capricorn, kemungkinan besar kamu adalah orang yang ambisius, tetapi tetap berpegang teguh pada kenyataan.

 

3 dari 3 halaman

4. Berbagai Hal yang Terjadi pada Bulan Desember Sepanjang Sejarah

Terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Desember ini, berikut ulasannya.

  • Pada 15 Desember 1791, Bill of Rights menjadi undang-undang. Sepuluh amandemen pertama Konstitusi Amerika Serikat merupakan Bill of Rights (Deklarasi Hak Asasi Manusia) dan secara luas dianggap sebagai landasan masyarakat dan pemerintahan Amerika Kontemporer.
  • Pada 30 Desember 1803, luas wilayah Amerika Serikat pada dasarnya bertambah dua kali lipat ketika secara resmi mengambil kendali Louisiana. Sebagai bagian dari Pembelian Louisiana, Amerika Serikat membayar $15 juta untuk memperoleh 885.000 mil persegi (2292.000 km persegi) tanah dari Prancis.
  • Pada 10 Desember 1896, penerima Hadiah Nobel, Alfred Nobel meninggal dunia. Dalam wasiatnya, Nobel menetapkan bahwa kekayaannya digunakan untuk menghormati orang-orang yang telah berkontribusi secara signifikan bagi kemanjuan umat manusia. Beberapa penerima Hadiah Nobel paling terkenal adalah Albert Einstein, Marie Curie, dan Marthin Luther King Jr.
  • Pada 5 Desember 1901, Walt Disney lahir dan membawa keajaiban ke dunia. Pada usia 27, Disney merilis Steamboat Williw, film pendek Mickey Mouse pertamanya. Ketika ia berusia 54 tahun, ia mengawasi perluasan kerajaan Disney dengan dibukanya Disneyland di Anaheim, California. Perusahaan Walt Disney telah memproduksi begitu banyak buku, kartun, film, dan bentuk hiburan lainnya sehigga nama Disney menjadi terkenal di seluruh dunia.
  • Pertempuran Bulge yang dimulai pada 16 Desember 1944. Pertempuran Bulge adalah serangan balik dari keputusasaan pasukan Jerman di Hutan Ardennes, tenggara Berlgia modern. Pada pertempuran ini, sebanyak 130.000 tentang Jerman dan 77.000 tentara Sekutu tewas ketika pasukan Jerman akhirnya dikalahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.