Sukses

Manfaat Kurma Ajwa Bagi Kesehatan, Dianjurkan Rasulullah

Dianjurkan Nabi, Kurma Ajwa Punya Khasiat Luar Biasa untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Kurma menjadi salah satu buah yang banyak ditemukan di negara Timur Tengah, seperti Arab, Irak, dan sekitarnya. Bentuk buah ini lonjong dengan ukuran dua sampai 7,5 cm dengan warna cokelat gelap kemerahan, beberapa ada yang kuning muda.

Ada banyak jenis dari buah kurma sendiri, salah satunya kurma ajwa, yaitu kurma yang rasanya manis dan teksturnya lembut. Selain itu, kurma ajwa dipercaya memiliki sederet manfaat yang baik untuk kesehatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah kurma ajwa mengandung karbohidrat, protein, lemak, garam mineral, vitamin, glukosa, dan fruktosa.

Kemudian, ada polifenol sebagai antioksidan yang disebut kandungannya lebih tinggi dibandingkan kurma dan buah kering lainnya. Diketahui, antioksidan baik untuk mencegah kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain menyebutkan bahwa kurma ajwa memiliki kandungan beta dglucan sebagai anti-tumor. Serta, adanya efek potensi dalam memperbaiki kerusakan dari ochratoxin nepherotoxicity yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

Untuk manfaat lainnya dari kurma ajwa yang baik bagi kesehatan, antara lain menetralisir asam pada perut, mengatasi sembelit, sebagai anti diabetes, dan mencegah anemia.

2 dari 2 halaman

Disarankan untuk makan 7 buah setiap hari

Untuk mendapatkan kurma ajwa, Anda bisa memperolehnya di PT Barakada Indo Alanshary lewat situs barakadates.id. Kurma Ajwa Baraka Al Anshary memiliki kualitas yang tinggi dengan harga terbaik.

Owner Ajwa Baraka Al Anshary, Abdurahman Achmad Al Anshary, menyarankan untuk memakan kurma ajwa sebanyak tujuh buah setiap harinya untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

“Biasanya kurma ajwa dikonsumsi sebanyak tujuh buah setiap harinya, karena berdasarkan hadist Nabi 'Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 5779 dan Muslim, no. 2047),'” ucap Abdurrahman, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12/2023).

Kurma ini menawarkan bukan hanya rasa yang lezat, tetapi juga beragam manfaat kesehatan, menjadikannya pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari makanan bergizi dan menyehatkan.