Sukses

5 Tahapan Dalam Penelitian Sejarah Beserta Contohnya

Sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Sedangkan Penelitian sejarah adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lalu. Terdapat beberapa tahapan-tahapan dalam membuat penelitian sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda salah satu orang yang senang dalam membaca buku sejarah? Pernahkah terlintas pertanyaan bagaimana penulis buku sejarah bisa menghadirkan informasi yang terdapat di dalamnya sesuai dengan fakta? Seperti namanya, sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lalu. 

Ketika peristiwa tersebut direkam dalam sebuah buku, keakuratannya harus selaras dengan fakta yang terdokumentasi. Saat ini,  kita akan mempelajari bagaimana tahapan penelitian sejarah beserta contohnya.

Namun, sebelum kita memahami tahapan-tahapan dalam penelitian tersebut, penting untuk kita memahami makna penelitian sejarah terlebih dahulu. 

Menurut buku yang berjudul ‘Ilmu Sejarah: Metode dan Praktik,’ penelitian sejarah adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang peristiwa masa lalu. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi, pengetahuan, dan pemahaman mendalam tentang peristiwa-peristiwa tersebut. 

Hasil dari penelitian ini sering kali diabadikan dalam bentuk buku, rekaman, bahkan artikel jurnal. Melalui media-media tersebut, sejarah menjadi aksesibilitas dan dapat dikenang oleh banyak orang.

Nah, penasaran apa saja tahapan-tahapan dalam penelitian sejarah? Yuk simak selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (06/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Penentuan Topik

Tahap pertama dalam penelitian sejarah adalah menentukan topik yang akan diteliti. Namun, sebelum menentukan topik, Anda harus paham terlebih dahulu bahwa topik dan judul adalah dua hal yang berbeda. 

Dalam hal ini, sebuah topik dapat menghasilkan beberapa judul yang bersifat abstrak dan cakupannya lebih luas. Pilihlah topik yang menarik dan relevan dengan bidang studi sejarah yang ingin dieksplorasi. 

Misalnya, jika minat Anda terfokus pada Revolusi Industri, pilihlah topik seperti 'Pengaruh Revolusi Industri Terhadap Perubahan Sosial di Inggris pada Abad ke-19.'

Setelah menentukan tema, lakukan pencarian sumber informasi yang terkait dengan topik tersebut. Pastikan sumber yang ditemukan kredibel dan terpercaya untuk mendukung penelitian yang akan dilakukan.

3 dari 11 halaman

Heuristik

Selanjutnya, jika kamu sudah mengetahui topik apa yang akan dibahas, tahap kedua adalah mencari sumber sejarah dan bukti-bukti pendukung yang relevan. Tahapan ini disebut dengan heuristik.

Tahapan ini mencakup pencarian dalam arsip, perpustakaan, atau sumber-sumber online guna menemukan dokumen, catatan, surat, foto, atau informasi lain yang dapat memberikan gambaran tentang topik yang diteliti. 

Sebagai contoh dalam penelitian tentang Revolusi Industri di Inggris, seorang peneliti harus mencari arsip pemerintah, laporan industri, atau memoar dari para pekerja pabrik yang hidup pada saat itu.

4 dari 11 halaman

Verifikasi

Setelah mengumpulkan sumber-sumber sejarah, tahap selanjutnya adalah verifikasi. Verifikasi adalah proses penting yang melibatkan pemeriksaan terhadap keaslian atau kebenaran sumber sejarah yang telah diperoleh. 

Hal ini bertujuan untuk menguji validitas fakta sejarah yang terdapat dalam sumber-sumber yang telah dikumpulkan oleh peneliti. 

Contohnya jika menggunakan laporan pemerintah sebagai sumber, peneliti harus mempertimbangkan apakah laporan tersebut memiliki bias politik atau tidak, serta memeriksa keakuratan data yang disajikan.

5 dari 11 halaman

Interpretasi

Tahapan berikutnya adalah melakukan interpretasi terhadap data dan informasi yang telah terkumpul. Proses ini mencakup analisis, pengklasifikasian, serta penyusunan informasi dalam suatu konteks yang terstruktur. 

Interpretasi memungkinkan peneliti untuk menggali makna mendalam dari data sejarah yang ada, membantu dalam menyusun narasi yang koheren dan berarti terkait dengan topik yang diteliti.

Contohnya pada penelitian sejarah Revolusi Industri. Di mana dapat menganalisis data dan informasi yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola perubahan sosial yang terjadi pada waktu itu.

6 dari 11 halaman

Historiografi

Historiografi merupakan tahap terakhir dalam penelitian sejarah yang melibatkan penulisan dan analisis naratif terkait dengan topik yang diteliti. Proses ini mencakup penyusunan temuan dan hasil penelitian ke dalam sebuah tulisan yang koheren serta terstruktur. 

Sebagai contoh, dalam penulisan mengenai Revolusi Industri, seorang peneliti dapat menulis sebuah esai yang menjelaskan beragam dampak sosial dari perubahan industri tersebut, serta bagaimana penafsiran sejarawan lain terhadap topik tersebut.

7 dari 11 halaman

Berapa Bentuk Sumber Sejarah?

Berdasarkan bentuknya, jenis sumber sejarah ada empat macam, yakni sumber tertulis, lisan, artefak atau benda, dan audiovisual. Berikut ini penjelasan jenis sumber sejarah berdasarkan bentuknya dan contohnya.

8 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Peristiwa Sejarah Lingkup Lokal?

Sejarah lokal adalah sejarah yang mengungkapkan peristiwa yang terjadi di daerah tertentu. Biasanya, dampak dari sejarah lokal hanya terjadi di daerah yang mengalaminya saja, tidak menyebar ke daerah lain.

9 dari 11 halaman

Apa Saja yang Termasuk Sumber Benda?

Sumber benda disebut juga sebagai sumber korporal, yaitu benda-benda peninggalan masa lampau, seperti : bangunan, kapak, gerabah, perhiasan, patung, candi, gereja, masjid, dan sebagainya.

10 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Dimensi Waktu Dalam Sejarah?

Dimensi waktu atau dimensi temporal adalah masa terjadinya sebuah peristiwa sejarah.

11 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Sejarah Global?

Sejarah global dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan dalam penulisan sejarah yang menekankan koneksi satu wilayah dengan wilayah lain dalam membentuk hubungan intelektual, ekonomi, politik, sosial kebudayaan dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.