Sukses

Kapan Musim Panas Korea 2024? Kesempatan Terbaik Buat Melancong dan Bisa Persiapan dari Sekarang

Korea Selatan menawarkan empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Musim yang paling dinanti oleh penduduk setempat dan para pengunjung adalah musim panas. Lantas kapan waktu terbaik mengunjungi Korea saat musim panas?

Liputan6.com, Jakarta Mengunjungi Korea Selatan sebagai destinasi liburan menawarkan pengalaman yang luar biasa. Tetapi sebelum memulai perjalanan, pemahaman tentang cuaca dan musim di negara ini menjadi krusial.

Negara yang terkenal dengan Korean Wave ini memiliki empat jenis musim yang jelas terdefinisi: musim semi (spring), musim panas (summer), musim gugur (autumn), dan musim dingin (winter).

Persiapan untuk berlibur di negara dengan iklim yang beragam memerlukan perhatian ekstra. Mulai dari memilih pakaian yang sesuai hingga menyusun rencana perjalanan menjadi hal yang tak bisa diabaikan.

Salah satu musim yang paling dinanti oleh penduduk setempat dan para pengunjung adalah musim panas. Tidak hanya membawa suhu yang tinggi, musim panas di Korea Selatan juga membawa energi luar biasa yang mampu membangkitkan semangat, terutama setelah musim dingin yang dingin dan musim semi yang sejuk.

Lantas kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Korea saat musim panas? Yuk simak selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (07/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Musim Panas di Korea Selatan 2024

Musim panas di Korea Selatan dimulai sekitar bulan Juli hingga September. Suhunya bisa mencapai 40 derajat (kelembaban membuatnya terasa lebih panas) dan lebih dari 20 derajat bahkan di malam hari. Meskipun panas dan lembab, bagi banyak orang Korea, ini adalah saat yang dinanti untuk perayaan dan kegiatan musiman.

3 dari 11 halaman

Hari Libur Umum di Musim Panas

Waspadai  hari libur nasional di korea yang mungkin memengaruhi perjalanan Anda. Banyak tempat bisnis dan tempat wisata mungkin memiliki jam buka yang berbeda atau tutup pada hari-hari tersebut, jadi sebaiknya buatlah rencana yang sesuai.

Berikut adalah hari libur utama yang harus diperhatikan selama musim panas di Korea:

  • 6 Juni – Hari Peringatan
  • 17 Juli – Hari Konstitusi
  • 15 Agustus – Hari Pembebasan

Hari Peringatan dan Hari Pembebasan sangatlah penting, dengan banyak acara dan upacara yang diadakan di seluruh negeri. Ini adalah kesempatan bagus untuk merasakan budaya dan sejarah Korea secara langsung, namun bersiaplah menghadapi kerumunan besar di tempat-tempat wisata populer dan pusat transportasi selama liburan ini.

4 dari 11 halaman

Persiapan Sebelum Berangkat ke Korea Selatan

Sebelum berangkat ke Korea Selatan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki paspor yang masih berlaku untuk minimal enam bulan ke depan.

Periksa juga persyaratan visa untuk negaramu, karena beberapa negara memerlukan visa sebelum masuk ke Korea Selatan. Selain itu, penting untuk mengatur akomodasi di sana sebelumnya. Korea Selatan memiliki beragam pilihan penginapan, mulai dari hotel mewah hingga guesthouse yang lebih terjangkau.

5 dari 11 halaman

Pakaian Musim Panas di Korea

Saat musim panas di Korea, suhu yang panas dan kelembaban yang tinggi, pastinya Anda ingin memakai pakaian yang serba ringan. Tidak seperti musim semi, Anda tidak perlu menggunakan pakaian berlapis-lapis di musim panas. 

Hal ini dikarenakan Korea adalah salah satu negara yang konservatif, turis dari luar dihimbau untuk mempertahankan kesopanan dalam menggunakan pakaian di musim panas. 

Maka dari itu pakaian yang cocok untuk dipakai saat musim panas di Korea adalah seperti kaos atau kemeja musim panas, celana panjang yang ringan, celana pendek, rok, dan jaket berbahan ringan.

6 dari 11 halaman

Perlengkapan yang Harus Ada Saat Musim Panas

Musim panas membutuhkan perlengkapan penting seperti krim tabir surya, obat nyamuk, kipas angin, kacamata hitam, topi, dan botol air isi ulang. Restoran dan kafe di Korea menyediakan air isi ulang, hal ini merupakan cara terbaik untuk menghemat uang dan jaga hidrasi saat berpergian. 

Semua perlengkapan ini tersedia dengan harga yang wajar di Korea, jadi tak perlu khawatir jika lupa membawa sesuatu.

7 dari 11 halaman

Apakah ke Jeju Perlu Visa?

Kamu tidak perlu visa jika hanya akan mengunjungi Jeju (dan terbang langsung ke Jeju) karena Indonesia termasuk dalam daftar 64 negara yang mendapatkan keistimewaan visa waiver dari Pemerintah Jeju.

8 dari 11 halaman

Berapa Jam Korea sama Indonesia?

Waktu di Korea Selatan lebih cepat sekitar 2 jam bila dibandingkan dengan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). Contohnya, jika saat ini pukul 12.00 pagi di Korea Selatan, di bagian WIB Indonesia adalah pukul 10.00 pagi (perbedaan waktu 2 jam).

9 dari 11 halaman

Berapa Jam Perjalanan dari Korea ke Indonesia?

7 jam 15 menit adalah rata-rata waktu penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta ke Seoul Incheon International.

10 dari 11 halaman

Bikin Visa Korea Bayar Berapa?

Biaya pembuatan visa ini adalah Rp856.000, dengan rincian biaya pembuatan visa adalah Rp616.000 dan biaya administrasi sebesar Rp240.000. Lama pembuatan Single visa Korea Selatan menurut Direktorat Jenderal Imigrasi adalah sekitar 6 hari kerja terhitung dari hari pengajuan.

11 dari 11 halaman

Paspor dan Visa Apa Bedanya?

Paspor digunakan sebagai alat verifikasi identitas ketika seseorang melakukan perjalanan internasional. Sementara itu, visa adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara tujuan sebagai izin masuk bagi seseorang yang ingin masuk ke negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini