Sukses

Ini 6 Vitamin untuk Kecerdasan Otak Anak dan Daya Ingat

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan anak yaitu seperti stimulasi aktivitas, nutrisi tepat, dan vitamin penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak. Kekurangan nutrisi dapat memengaruhi ukuran otak.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain menstimulasi mereka dengan berbagai kegiatan, memberikan asupan nutrisi yang sesuai juga memiliki peran penting.

Tak hanya dari pola makan, memberikan suplemen vitamin khusus juga dapat membantu dalam memajukan kecerdasan otak anak. Kualitas nutrisi merupakan salah satu faktor krusial yang berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Bahkan, melansir dari Zero to Three, anak yang kekurangan nutrisi cenderung memiliki ukuran otak yang kecil karena kurangnya pembentukan sel-sel otak yang seharusnya terus berlangsung setelah kelahirannya.

Maka dari itu, berikut beberapa vitamin di bawah ini juga bisa Anda berikan untuk membantu mencerdaskan otak anak Anda, yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang penting bagi kecerdasan otak anak. Kemampuan mengingat, melihat, mendengar,  perkembangan bahasa, dan pembelajaran sangat berkaitan dengan ketersediaan vitamin E di dalam otak. Vitamin E dikenal sebagai nutrisi antioksidan yang bermanfaat untuk hal ini.

Sumber vitamin E terbaik untuk anak yaitu:

  • Telur
  • Biji bunga matahari
  • Almond
  • Kacang tanah
  • Brokoli.
3 dari 12 halaman

Vitamin C

 

Vitamin C tidak hanya diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, melainkan juga memiliki peran penting dalam kecerdasan otak. Secara alami, otak memiliki mekanisme yang mengeluarkan kelebihan vitamin C dari darah untuk digunakan secara khusus di dalamnya.

Vitamin ini berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan kerusakan pada otak. Selain itu, Vitamin C juga berperan dalam pembentukan neurotransmitter otak yang bertugas untuk memproses rangsangan, termasuk informasi yang dipelajari anak di sekolah. Sumber Vitamin C yang baik bagi anak-anak dapat ditemukan pada jambu biji, pisang, stroberi, jeruk, dan bayam.

4 dari 12 halaman

Vitamin B12

Kehadiran vitamin B12 sangat krusial bagi kecerdasan otak anak karena kekurangannya dapat mengakibatkan penurunan daya ingat dan keterlambatan dalam kemampuan mental. Maka dari itu, memastikan konsumsi vitamin B12 melalui makanan seperti daging sapi, daging ayam, ikan, telur, dan susu sangatlah penting.

5 dari 12 halaman

Vitamin B6

Kekurangan vitamin B6 pada anak dapat menyebabkan mereka mudah lelah dan sensitif. Vitamin B6 memiliki peran penting dalam produksi dopamin yang berkontribusi pada peningkatan kewaspadaan. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih fokus pada materi pelajaran yang diajarkan di sekolah.

6 dari 12 halaman

Zat Besi

Selain vitamin B6, zat besi juga memiliki peran dalam produksi dopamin. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar anak yang mengalami gangguan attention deficit disorder/ attention deficit hyperactivity disorder (ADD/ADHD) memiliki kadar zat besi yang rendah. Kondisi ini terkait dengan rendahnya tingkat perhatian pada anak-anak tersebut.

7 dari 12 halaman

Minyak Ikan

Menurut penelitian Derbyshire & Kirby, omega-3 dan omega-6 membantu dalam pertumbuhan sel-sel saraf di otak, yang pada gilirannya meningkatkan proses belajar dan kognitif pada anak. Ini dapat mendorong kemampuan membaca, berbicara, dan bersosialisasi pada mereka.

8 dari 12 halaman

Apakah Susu Dancow Dapat Membantu Mencerdaskan Otak Anak?

Dancow FortiGro merupakan susu yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi anak usia 6-12 tahun. Selain itu, Dancow FortiGro juga diklaim mampu mendukung perkembangan otak anak.

9 dari 12 halaman

Buah Apa yang Baik Untuk Otak?

Ada banyak beragam jenis buah beri yang dapat dipilih untuk meningkatkan kecerdasan otak. Beberapa di antaranya adalah strawberry, blackberry, blueberry, dan murbei.

10 dari 12 halaman

Apa Nutrisi untuk Otak?

Natrium, kalium, dan kalsium adalah beberapa jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk menghasilkan impuls saraf. Fungsinya penting dalam pengiriman pesan di antara sel-sel saraf.

11 dari 12 halaman

Makanan Apa yang Dapat Membantu Fokus Otak?

Menurut para peneliti, makanan yang mendapat peringkat tertinggi sebagai bahan bakar otak adalah biji-bijian berserat tinggi, produk susu, dan buah-buahan.

12 dari 12 halaman

Susah Fokus Kurang Vitamin Apa?

Kurangnya fokus juga dapat terkait dengan kekurangan vitamin dan nutrisi dalam beberapa kasus. Sebagian besar masalah kabut otak dan kurang fokus disebabkan oleh kekurangan vitamin B.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini