Sukses

Yuk Jadi Warganet Lebih Bijak dan #SalingJaga dengan Stop, Pikir Dulu dan Cari Tahu FYP, Fakta Yang Pasti di TikTok!

Melalui video #SalingJaga yang diluncurkan, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dims The Meat Guy, untuk memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital.

Liputan6.com, Jakarta Di era digitalisasi seperti sekarang ini, kamu sebagai generasi muda yang melek teknologi, punya peran penting untuk menjaga lingkungan digital menjadi lebih baik. Untuk mewujudnyatakan peran tersebut, TikTok sebagai platform distribusi video singkat terdepan, kembali melanjutkan inisiatif proaktif lewat kampanye #SalingJaga. 

Melalui kampanye tersebut, TikTok meluncurkan sebuah video panduan kreatif untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat umum tentang cara #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital. Video singkat  beserta rangkaian inisiatif lainnya, juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat luas agar terus #SalingJaga saat mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas khususnya menjelang Pesta Demokrasi 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng Publik Figur Lintas Generasi

TikTok percaya, agar lingkungan digital tetap aman dan nyaman bagi semua, seluruh pihak harus #SalingJaga melawan penyebaran misinformasi. Penyediaan informasi dan sumber daya yang akurat sangat penting untuk memerangi misinformasi. 

Oleh karena itu, TikTok bekerja sama dengan mitra keamanan dan para ahli di bidangnya untuk #SalingJaga informasi yang kredibel dan terpercaya di dalam aplikasi. Nah melalui video #SalingJaga yang diluncurkan, TikTok menggandeng figur publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi yaitu Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, serta Dims The Meat Guy, untuk memberikan edukasi kreatif tentang bagaimana pengguna dapat #SalingJaga di platform digital, antara lain dengan:

  • Lebih bijak dalam membagikan informasi kepada masyarakat melalui platform digital atau media sosial
  • Lebih bijak dalam berkomentar atau berinteraksi terhadap konten yang tersebar di media sosial
  • Lebih bijak dalam menyebarkan konten yang bisa mendorong orang lain untuk bersikap positif

Aktor muda dan berbakat, Angga Yunanda mengatakan kalau sebagai warga digital, semua elemen masyarakat harus terus #SalingJaga dari bahaya misinformasi di platform digital. da banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan secara proaktif melaporkan konten yang berpotensi mengandung misinformasi, terlebih jika konten tersebut bersifat menyesatkan. 

"Kita pun juga perlu mengingatkan satu sama lain agar terus membagikan konten-konten positif agar kita semua tetap aman dan nyaman beraktivitas di platform digital," ujar Angga. 

Senada dengan Angga, Merry Riana, Entrepreneur, Investor, dan Content Creator itu juga mengingatkan pentingnya bagi pengguna untuk bersikap bijak saat berinteraksi di platform digital. Apalagi saat ini, kata Merry, kemajuan teknologi membantu semua kalangan, termasuk generasi muda untuk semakin berani menyuarakan pendapatnya. 

"Namun, kemudahan ini perlu diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar. Kita semua harus terus melaksanakan peran kita untuk #SalingJaga, misalnya dengan menerapkan kebiasaan cek fakta sebelum membagikan sebuah cuplikan video tanpa tahu keseluruhan konteks dan kebenarannya," kata Merry. 

3 dari 3 halaman

Lebih Bijak dengan Stop, Pikir Dulu dan Cari Tahu FYP dan Bagikan Informasi YTTA

TikTok mendukung pengguna dan komunitasnya untuk #SalingJaga di media sosial, serta mengekspresikan diri, berbagi sudut pandang, dan menjadi bagian dari percakapan yang lebih luas dengan bijak, penuh tanggung jawab, dan autentik. Maka dari itu, penyebaran konten, kendalinya ada ditanganmu. Yup, The Power of You! Itu artinya, setiap orang punya andil dalam penyebaran informasi dan keamanan lingkungan digital dan bagaimana menggunakan digital platform dengan baik.

Nah, ketika menonton konten video singkat, pasti tidak luput dari potensi misinformasi dan kreator konten. Dimas Ramadhan (Dims The Meat Guy sebagai Kreator TikTok mengatakan perlunya right use platform dan ambil bagian untuk berbagi informasi yang kredibel dan terpercaya, apapun jenis kategori konten yang diusung. 

"Sering kali, kita hanya melihat potongan video atau kutipan yang sengaja diunggah supaya mengarah ke konteks tertentu, yang bisa jadi jauh dari kejadian sebenarnya, atau justru narasi dari satu pihak saja. Sebelum membagikan suatu konten atau informasi yang kamu lihat di platform digital, cari tahu dulu kebenarannya supaya kita bisa #SalingJaga sesama kita dari dampak misinformasi," kata Dimas. 

Menurut Sania Leonardo, Kreator TikTok, selain bijak berkonten, bijak berkomentar juga merupakan salah satu bentuk terpenting dari #SalingJaga. 

"Kita perlu ingat bahwa ketika komentar yang kita tinggalkan di unggahan orang lain, apabila tidak bisa dibuktikan kebenarannya bisa memiliki pengaruh yang sangat besar, tidak hanya ke kondisi mental orang tersebut, tapi juga aspek kehidupan lainnya seperti karier mereka. Yuk, mulai bijak bermedia sosial dan terus #SalingJaga satu sama lain dari bahaya misinformasi!" ujar Sania. 

Nah, caranya biar kamu dapat memainkan peranmu sebagai generasi melek teknologi, saatnya #SalingJaga dengan 3 Step: Stop, Pikir Dulu dan Cari Tahu (FYP) Fakta Yang Pasti, (YTTA) Yang True True Aja. Kamu harus waspada dengan konten misinformasi. 

Untuk mendukung kampanye tersebut, TikTok juga berupaya memastikan bahwa konten yang melanggar Panduan Komunitas, khususnya konten yang mengandung misinformasi, akan dihapus secara proaktif dan dengan bantuan mitra keamanan TikTok. 

TikTok menjaga keamanan dan kenyamanan komunitas dengan menyediakan serangkaian fitur, tools, serta kebijakan guna memberikan kendali lebih kepada pengguna untuk mengatur pengalaman mereka di dalam aplikasi. Sistem rekomendasi di laman For You misalnya, mempertimbangkan preferensi pengguna dalam memberikan rekomendasi konten, yaitu berdasarkan interaksi pengguna, informasi video, serta pengaturan perangkat dan akun.

Selain itu, TikTok memastikan agar kamu sebagai pengguna bisa tetap merasa aman dan nyaman dengan memberikan kendali penuh atas konten yang mereka nikmati melalui fitur-fitur keamanan seperti penyaringan konten melalui tagar dan kata kunci, tombol pelaporan, hingga penyegaran laman For You sesuai preferensimu. 

Gimana, sudah siap jadi warganet yang lebih bijak dan menjaga lingkungan digital agar lebih kondusif? -Yuk #SalingJaga agar lingkungan digital tetap positif! Bagikan #SalingJaga versimu dan ikuti Hashtag Challenge #SalingJaga di TikTok! Untuk informasi lebih lanjut klik di sini. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.