Sukses

10 Daftar Kerajaan Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia, Indonesia Bukan Salah Satunya?

Kerajaan terbesar dalam sejarah kerap runtuh meski sempat mencapai kesuksesan besar. Dalam mengukur sebuah kerajaan besar terdapat beberapa metode pengukuran yang melibatkan luas wilayah, jumlah penduduk, kekuatan militer, serta metrik pengaruh jangka panjang menurut Martin Bommas.

Liputan6.com, Jakarta Dalam catatan sejarah dunia, banyak kerajaan atau kekaisaran yang mencapai kesuksesan besar sebelum akhirnya runtuh dengan berbagai macam alasan. Kemudian, sebagian di antaranya dikenang sebagai kerajaan terbesar dalam sejarah peradaban manusia.

Ada beragam cara yang digunakan untuk mengukur sebuah kerajaan besar di antaranya yaitu luas wilayahnya, jumlah penduduk, kekuatan militer, produk domestik bruto, dan sejumlah faktor lainnya.

Menurut Martin Bommas, seorang Egyptologist dan direktur Museum Sejarah di Universitas Macquarie, menyatakan bahwa salah satu cara untuk mengukur kerajaan terbesar adalah dengan menggunakan metrik yang mempertimbangkan pengaruh serta stabilitas jangka panjang.

Berikut daftar Kerajaan terbesar sepanjang sejarah yang dilansir dari Britannica dan Live Science, pada Senin (18/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Kerajaan Persia

Kerajaan Persia atau dikenal sebagai Kekaisaran Achaemenid, tercatat sebagai salah satu kerajaan terbesar di dunia. Di bawah kepemimpinan Cyrus Agung, kerajaan ini membentang dari Iran hingga ke wilayah Asia Tengah dan Mesir.

Menurut Guinness World Records, diperkirakan sekitar 44% populasi dunia saat itu diperintah oleh Kekaisaran Achaemenid yang wilayahnya saat ini menjadi Iran. Data tersebut menegaskan posisi kerajaan ini ke dalam sejarah kerajaan terbesar di  dunia, mengingat proporsi luas wilayah dan jumlah penduduk yang diperintah.

3 dari 16 halaman

Dinasti Han

Dinasti Han merupakan salah satu kerajaan yang berasal dari Tiongkok. Dinasti Han diketahui mampu bertahan lebih dari 400 tahun dan berkembang dari Tiongkok hingga Vietnam dan Korea. Dinasti Han ini didirikan sekitar tahun 206 SM.

4 dari 16 halaman

Kekhalifahan Bani Umayah

Kekhalifahan Bani Umayyah atau dikenal sebagai Dinasti Umayyah diakui sebagai salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah. Dinasti ini berdiri setelah kematian Muhammad pada tahun 632 M.

Salah satu faktor yang menyebabkan Dinasti Umayyah masuk ke dalam salah satu kerajaan terbesar adalah luas wilayahnya yang mencapai lebih dari 4 juta mil persegi.

5 dari 16 halaman

Kekaisaran Mongol

Kekaisaran Mongol merupakan salah satu kekaisaran daratan terbesar dalam sejarah. Kekaisaran mongol ini berawal dari kumpulan suku nomaden di Asia Tengah. Puncak kekaisarannya membentang dari wilayah Asia Tengah hingga Eropa Tengah dan Laut Jepang.

Kekaisaran Mongol diketahui tersebar di sepanjang abad ke-13 dan ke-14 Masehi. Genghis Khan, pemimpin yang paling terkenal yang mendirikan kekaisaran ini pada tahun 1206 M.

6 dari 16 halaman

Kekaisaran Ottoman

Kekaisaran Ottoman mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-16 hingga ke-17 M, namun runtuh pada awal abad ke-20. Kekaisaran ini juga dikenal sebagai Kerajaan Sulaiman yang Agung, kekaisaran ini menguasai wilayah di Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara.

7 dari 16 halaman

Kerajaan Spanyol

Pada masa kejayaan kerajaan Spanyol yang terjadi pada akhir abad 1700-an, kerajaan ini meliputi wilayah seluas sekitar 5,3 juta mil persegi. Kerajaan ini juga memiliki kekuatan ekonomi dan militer yang sangat luar biasa pada masa tersebut. 

Selain itu, kerajaan Spanyol memiliki 68,2 juta orang antara tahun 1740 dan 1790 atau sekitar 12 persen dari populasi dunia saat itu. Kerajaan Spanyol dimulai sejak zaman Columbus dan bertahan sampai ke beberapa bagian wilayah Afrika, berkuasa hingga akhir abad ke-20.

8 dari 16 halaman

Kekaisaran Rusia

Pada puncak kejayaannya pada tahun 1895, Kekaisaran Rusia memiliki wilayah seluas 8,9 juta mil persegi. Kekuatan wilayahnya memegang peran integral dalam menghentikan penaklukan Eropa oleh Napoleon.

Kemudian pada 1913, Kekaisaran rusia memiliki penduduk 176,4 juta orang, yang mana jumlahnya lebih dari 9 persen populasi dunia saat itu. Sebelum Perang Dunia I, Rusia adalah salah satu dari lima kekuatan besar di Eropa. Kekaisaran Rusia berakhir dengan adanya Revolusi Rusia pada tahun 1917.

9 dari 16 halaman

Kerajaan Inggris

Dilansir dari Britannica, pada puncaknya di awal abad ke-20, Kerajaan Inggris mencakup hampir seperempat dari wilayah di bumi dan memiliki 458 juta penduduk pada tahun 1938. 

Beban keuangan Perang Dunia I adalah awal keruntuhan Kerajaan Inggris. Ditambah dengan pendudukan Jepang atas wilayahnya dalam Perang Dunia Kedua. Banyak wilayah jajahannya telah merdeka, meskipun beberapa tetap menjadi bagian yang dikenal sebagai negara persemakmuran.

10 dari 16 halaman

Dinasti Qing

Dinasti Qing adalah dinasti terakhir Tiongkok yang wilayah kekuasaannya mencakup 5,68 juta mil persegi atau hampir setara dengan 10 persen dari daratan bumi. 

Dinasti Qing berdiri karena berhasil mengalahkan bangsa Mongol dan memerintah Cina dari abad ke-17 hingga ke-20. Kekuasaan Dinasti Qing mencapai puncak pada tahun 1800-an.

11 dari 16 halaman

Dinasti Yuan

Wilayah kekuasaan Dinasti Yuan mencakup 5,41 juta mil persegi atau lebih dari 9 persen daratan bumi. Dinasti Yuan mulai didirikan oleh cucu Jenghis Khan, Kubilai Khan pada tahun 1271.

Dalam lima tahun, ia berhasil merebut ibu kota Dinasti Song Selatan dan berhasil menyatukan seluruh Tiongkok. Dinasti ini terbilang makmur dan mendorong perdagangan dengan negara asing, serta sering menerima kunjungan dari saudagar terkenal Italia, Marco Polo.

12 dari 16 halaman

Siapa Raja Pertama di Inggris?

Sejarah mencatat, Aethelstan dinobatkan sebagai Raja Anglo-Saxon pada tahun 925 dan konsensus ilmiah menempatkannya sebagai raja pertama Inggris.

13 dari 16 halaman

Apakah Ratu Inggris Digaji?

Sejarah mencatat bahwa Ratu Elizabeth II adalah pemimpin Kerajaan Inggris yang paling lama bertahta dalam sejarah. Ia berada di singgasana kekuasaan selama 70 tahun. 

Selama masa kepemimpinannya, ratu yang memiliki nama asli Elizabeth Alexandra Mary tersebut mendapatkan upah seperti masyarakat umum.

14 dari 16 halaman

Kerajaan Persia Menganut Agama Apa?

Pada awal berdirinya kekaisaran, agama yang dianut masyarakatnya adalah Zoroastrianisme. Zoroastrianisme adalah salah satu agama monoteistik tertua di dunia yang saat ini masih dianut oleh beberapa masyarakat Iran dan India.

15 dari 16 halaman

Bangsa Persia Keturunan Siapa?

Etnis Persia adalah keturunan Bangsa Arya yang berhijrah dari Asia Tengah ke Iran pada milenium kedua sebelum Masehi (SM).

16 dari 16 halaman

Apa Bukti Islam dari Persia?

Bukti penyebaran agama Islam di Nusantara menurut teori Persia. Terdapat bukti berupa peringatan 10 Muharram atau Hari Asyura di Nusantara, seperti upacara Tabuik/Taur di Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.