Sukses

6 Manfaat Buah Naga sebagai Kecantikan, Anti Jerawat hingga Mencerahkan

Selain berguna untuk kesehatan, buah naga juga memiliki segudang manfaat sebagai kecantikan. Beberapa manfaat kecantikan yang bisa kamu peroleh dari buah naga adalah sebagai berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga atau pitaya merupakan buah eksotik yang tinggi serat, rendah karbohidrat dan kaya nutrisi, seperti magnesium, fosfor, vitamin esensial, zat besi, asam lemak omega, dan antioksidan.

Itulah mengapa jika seseorang mengonsumsinya secara konsisten akan mendapat beberapa manfaat, seperti kesehatan. Buah naga dikenal dapat mengurangi kadar kolesterol, glukosa darah, dan tingkat tekanan darah tinggi. Selain itu, beberapa ahli juga mengatakan buah naga berpotensi mencegah risiko penyakit jantung sekaligus meningatkan kekebalan tubuh.

Selain memberikan manfaat kesehatan, buah naga secara alami juga dapat memberi efek kecantikan pada kulit wajah. Melansir laman Pink Villa pada Rabu (27/12/2023), inilah beragam manfaat buah naga yang bisa kamu dapatkan.

1. Melembabkan

Buah naga terbukti mengandung air dalam jumlah besar, yaitu sekitar 80% dari total volumenya. Ia juga mengandung niacinamide atau vitamin B3 yang merupakan bahan perawatan kulit terkenal yang dapat mengunci kelembapan dan mencegah kekeringan. Oleh karena itu, buah tropis ini dapat memberikan manfaat bagi kulit dengan menambah kelembapan dan menjadikannya lembut, kenyal, dan sehat.

2. Meratakan Warna Kulit

Buah naga memiliki kandungan vitamin C tinggi, yang dapat bermanfaat bagi kulit dengan cara mengurangi sintesis melanin dan meningkatkan pergantian sel terutama kolagen serta sel darah putih.

Dengan kandungan tersebut, buah naga dapat membantu mengurangi kemerahan dan bekas luka pada kulit dengan lebih cepat, sehingga meratakan warna kulit serta memberi efek cerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mengatasi Jerawat

Kandungan niacinamide pada buah naga mungkin efektif untuk mengurangi jerawat sedang jika dioleskan. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap berbagai nutrisi buah naga menunjukkan, bahwa magnesium bersama dengan vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan zinc memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi jerawat. Oleh karena itu, buah naga bisa bermanfaat untuk kulit berjerawat.

4. Mencegah Penuaan

Kulit buah naga mengandung sejumlah anti oksidan, yaitu antioksidan vitamin C, beta-karoten, likopen, dan betalain. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan menunda kerusakan oksidatif pada sel kulit. Dengan demikian, kandungan tersebut dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, kulit kusam, dan lainnya.

3 dari 4 halaman

5. Menenangkan Kulit

Vitamin pada buah naga, terutama B3 dan vitamin C memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi, sehingga menambah efek sebagai penenang pada kulit. Oleh karena itu, mengoleskan buah naga pada kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan rasa terbakar.

6. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Aktivitas antioksidan betasianin, vitamin C, dan beta-karoten dalam buah naga secara aktif melawan kerusakan akibat radikal bebas harian yang disebabkan oleh stres oksidatif pada kulit oleh sinar UV matahari.

Hal ini mencegah kerusakan pada DNA, membran lipid sel, struktur kolagen, dan photoaging. Oleh karena itu, buah naga dapat melindungi kulit agar terhindar dari kerusakan terhadap sinar UV matahari.

4 dari 4 halaman

Cara Mengaplikasikan Buah Naga pada Kulit

1. Mengatasi Jerawat

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, zinc, dan niacinamide dari buah naga, kamu bisa mengoleskannya langsung pada kulit.

1. Ambil beberapa potong buah naga dan haluskan menjadi pasta.

2. Kemudian ambil kapas kecil atau gunakan jari untuk mengoleskannya pada flek jerawat atau jerawat aktif sebagai spot treatment.

3. Biarkan selama satu jam dan bilas.

4. Jika kulitmu bereaksi dengan baik, kamu dapat membiarkannya semalaman.

2. Mencerahkan Kulit

Banyaknya antioksidan dan mineral yang terkandung dalam buah naga, dapat mencerahkan kulit kusam dan lelah serta meredakan sengatan dari matahari.

1. Ambil 1/4 cangkir potongan buah naga dan haluskan.

2. Kemudian ambil Vitamin E atau gel lidah buaya, lalu campurkan.

3. Oleskan ini ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit.

4. Cuci wajah secara menyeluruh dengan air dingin untuk membilasnya.

3. Menghidrasi Kulit

Buah naga mengandung hampir 80% air, jadi kamu dapat menggunakannya untuk mengatasi dehidrasi pada kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat.

1. Ambil 1/2 sendok makan jus buah naga.

2. Campur rata dengan 1 sendok makan yogurt.

3. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

4. Cuci bersih dengan air hangat dan nikmati manfaat buah naga yang menghidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.