Sukses

5 Ras Anjing Paling Membutuhkan Banyak Biaya Perawatan

Berikut ini ras anjing paling membutuhkan banyak biaya perawatan

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja, semua anjing membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Tetapi beberapa ras mengambil satu langkah lebih jauh dengan membutuhkan lebih dari sekadar usapan dan pelukan perut. 

Adam Christman, DVM, kepala petugas dokter hewan untuk dvm360, mengatakan lima ras anjing, khususnya, adalah yang paling membutuhkan banyak biaya, berdasarkan kunjungan dokter hewan, klaim asuransi, dan kecenderungan ras. 

Berikut daftar ras anjing tersebut seperti dihimpun dari Bestlifeonline.

1. Dacshund

Dalam video TikTok, Christman memulai daftar ras anjing yang paling membutuhkan dengan Dachshund. Dia mengatakan anjing-anjing ini memiliki "Napoleon complex" dan rentan terhadap Penyakit Diskus Intervertebralis, yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan berkepanjangan jika tidak ditangani dengan benar.

Meskipun anjing ini berukuran kecil dan dapat hidup antara 12 dan 16 tahun, menurut American Kennel Club (AKC), mereka memerlukan olahraga yang tepat untuk menjaga kekencangan ototnya. Penting untuk menjaga agar mereka tidak mengalami kelebihan berat badan serta terus memantau aktivitasnya agar tidak melukai diri sendiri.

2. Great Dane

Christman menempatkan Great Dane di tempat berikutnya. Dia mengatakan mereka adalah hewan peliharaan yang dapat menjadi anjing keluarga yang hebat tetapi juga "makan banyak" dan rentan terhadap penyakit jantung dan kanker. “Tetapi mereka juga cenderung mencuri hati Anda,” tambahnya.

Dalam hal pemeliharaan, anjing-anjing besar ini tidak kehilangan banyak bulu, tetapi menyikat gigi setiap minggu membantu menjaga bulunya tetap halus dan berkilau. Menurut AKC, Great Dane juga perlu memotong kukunya secara teratur untuk mencegah rasa sakit atau masalah berjalan. Dan seperti kebanyakan anjing, mereka membutuhkan olahraga setiap hari agar tetap terstimulasi dan sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Labrador Retriever

"Anjing jenis ini bisa melakukan banyak hal," kata Christman tentang Labrador Retriever. Dikenal karena antusiasme dan energinya yang tiada habisnya, tidak mengherankan jika anjing ini adalah salah satu ras paling populer di AS. 

Namun, kesehatan mereka mungkin menyebabkan mereka menjadi sedikit lebih membutuhkan dibandingkan ras lainnya.

“Seperti Great Dane, mereka juga dapat mengalami masalah ortopedi, seperti ligamen cruciatumnya robek,” jelas Christman. Dan di situlah kunjungan dokter hewan atau klaim asuransi bisa sering terjadi dan mahal.

3 dari 4 halaman

4. Chihuahua

Jangan salah mengira tubuh kecil Chihuahua sebagai kepribadian kecil. Trah ini berani dan percaya diri dan akan membuat Anda melakukan apa yang mereka inginkan. Christman mengatakan bahwa suatu saat mereka ingin Anda menjemput mereka, namun mereka langsung berubah pikiran begitu Anda melakukannya.

Dari segi kesehatan, mereka mungkin memiliki potensi masalah jantung dan penyakit mata, namun menurut AKC, selama mereka diperiksa secara rutin, mereka akan tetap dalam kondisi prima.

 

4 dari 4 halaman

5. French Bulldog

Anjing jenis ini memerlukan banyak perawatan agar tetap sehat, sehingga tidak mengherankan jika Christman menobatkan mereka sebagai ras anjing yang paling membutuhkan banyak biaya. “Masalah leher, masalah punggung, masalah jantung, pernafasan, serangan panas, masalah lutut, dan kulit,” Christman menyebutkan dalam video tersebut.

Sebagai ras bermuka datar, mereka lebih rentan mengalami masalah pernapasan dibandingkan anjing lainnya. Mereka juga memerlukan produk perawatan atau makanan khusus untuk menjaga kondisi kulit mereka tetap baik, catat AKC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.