Sukses

6 Olahraga yang Efektif untuk Mengontrol Gula Darah

Rutinitas olahragamu harus mencakup campuran olahraga seperti latihan kekuatan dan aerobik yang bisa membantu meningkatkan kadar gula darahmu.

Liputan6.com, Jakarta - Latihan fisik bisa membantumu mengelola diabetes tipe 2 dan juga membantu mengurangi risiko terkena diabetes. Rutinitas olahragamu harus mencakup campuran olahraga seperti latihan kekuatan dan aerobik yang bisa membantu meningkatkan kadar gula darahmu.

Aktivitas fisik meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel bisa menggunakan hormon secara lebih efektif. Hal ini juga mengurangi risiko penyakit jantung dan mencapai penurunan berat badan yang sehat. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa olahraga yang bisa mengontrol kadar gula darahmu, seperti melansir dari Times of India, Rabu (10/1/2024).

1. Berjalan

Berjalan kaki adalah aktivitas berdampak rendah yang disukai kebanyakan individu dna bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam jadwal seseorang. 

Mengambil langkahmu bisa meningkatkan tingkat tekanan darah, kadar kolesterol, dan glukosa. Jalan cepat minimal 30 menit atau sekitar 100 langkah per menit adalah cara yang bagus untuk mengendalikan diabetes.

Anda juga bisa meningkatkan intensitas jalan kakimu dengan menaiki tangga, namun jika Anda didiagnosis mengalami diabetes, pertimbangkan untuk berjalan lambat dan ikuti kecepatannya.

2. Bersepeda 

Terdapat alasan mengapa sepeda statis menjadi sangat populer di seluruh dunia. Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru serta membantu menjaga keseimbangan dan postur tubuh seseorang. 

Anda tidak memerlukan sepeda kebugaran yang mahal untuk memulai, tetapi Anda bisa mengambil sepeda tua dan mulai pergi ke luar rumah, atau bahkan mencoba sepeda stasioner yang tersedia di gym.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menari

Menari bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang juga bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam jadwalmu. Ini membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung dan juga menjaga kadar gula darah. 

Orang yang mengikuti program menari cenderung lebih mengikuti rutinitas tersebut dibandingkan mereka yang mengikuti program kebugaran lain. Ini bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang juga bisa memberikan hasil yang lebih baik bagi tubuhmu. 

4. Pilates 

Ini adalah bentuk latihan berdampak rendah lainnya yang mendapat tempat karena alasan yang baik. Pilates memiliki gerakan berulang dan juga membantu pengendalian pernapasan yang memperkuat intimu dan membantu meningkatkan keseimbangan dan postur tubuhmu secara keseluruhan.

Ini adalah latihan efektif yang membantu pasien T2D mengendalikan kadar glukosa darahnya. 

 

3 dari 3 halaman

5. Yoga

Yoga menjadi olahraga berdampak rendah yang juga mencakup pernapsan dan meditasi. Oleh karena itu, hal ini meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan dan secara khusus membantu orang lanjut usia yang sudah menghadai masalah T2D dan memiliki risiko lebih besar untuk jatuh sakit.

Yoga juga membantu dalam mengelola kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

6. Aerobik/Aerobik Air

Ada banyak alasan untuk mengikuti sesi aerobik karena membantu menurunkan kadar gula darah, menjaga jantung dan juga menjaga kekuatan tubuhmu tetap utuh.

Anda juga bisa memilih program kebugaran Zumba yang menggabungkan gerakan aerobik dan gerakan tari serta merupakan sesi latihan cepat.

Aerobik air adalah pilihan lainnya, karena bekerja di dalam kolam menjaga kesehatan persendian dan juga meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.