Sukses

Mengenal Upacara Berbedak yang Dijalani Prince Mateen dan Anisha Rosnah Sebelum Menikah

Dalam upacara Melayu dan Brunei, yang telah dipraktekkan selama ratusan tahun itu, calon pengantin diberkati oleh anggota keluarga dekat mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka.

Liputan6.com, Jakarta ​​Adat dan tradisi berusia berabad-abad dipamerkan di Brunei saat merayakan pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah. Pangeran Mateen, 32, adalah putra Sultan Brunei, sedangkan sang kekasih yang kini telah menjadi istrinya, Anisah Rosnah adalah cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.

Dilansir dari The National News, pada hari Rabu (10/1/2024), hari keempat dari 10 hari perayaan tersebut, diadakan powdering ceremony atau Istiadat Berbedak atau yang juga disebut upacara berbedak.

Dalam upacara Melayu dan Brunei, yang telah dipraktekkan selama ratusan tahun itu, calon pengantin diberkati oleh anggota keluarga dekat mereka yang mengoleskan pasta bedak ke tangan mereka. 

Dalam beberapa versi, diterapkan pada seluruh tubuh pasangan oleh anggota keluarga masing-masing. Ritual ini dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Foto-foto upacara berbedak yang digelar terpisah untuk kedua mempelai, memperlihatkan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dalam balutan warna merah yang serasi. Pangeran Mateen adalah orang pertama yang tiba, mengenakan sepangadak merah atau pakaian pernikahan tradisional serta tanda kebesaran kerajaannya. 

 

2 dari 4 halaman

Sejumlah Upacara Lainnya Akan Digelar

Ritual dimulai dengan parade 40 pembawa tombak yang dilanjutkan dengan penembakan 17 meriam. Sultan dan istrinya, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, memulai proses dan mengoleskan pasta bedak tersebut ke telapak tangan Pangeran Mateen, diikuti seluruh anggota keluarganya.

Setelah selesai, Pangeran Mateen meninggalkan tempat tersebut sebelum Anisha Rosnah tiba bersama rombongan. Sekali lagi, setelah calon mempelai wanita duduk dengan telapak tangan terbuka, sultan dan istrinya mulai melakukan pemberkatan, diikuti oleh anggota keluarga lainnya.

Pangeran Mateen dan Rosnah pun telah resmi mengucapkan sumpah pernikahan dalam upacara keagamaan pada Kamis (11/1/2024) , hari kelima perayaan tersebut. Sejumlah upacara lainnya kemudian akan dilangsungkan, yang berpuncak pada resepsi pernikahan kerajaan pada hari Minggu (14/1/2024). Pada hari ini, kedua mempelai akan tampil sebagai suami istri dalam sebuah acara mewah. Ini akan dilanjutkan dengan parade melalui Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei.

Perjamuan kerajaan yang gemerlap akan diadakan keesokan harinya, dengan tamu dari seluruh dunia diperkirakan akan hadir. Daftar tersebut dikabarkan mencakup Pangeran Inggris dan Putri Wales serta Putra Mahkota Yordania Hussein dan Putri Rajwa, yang pernikahannya juga dihadiri oleh Pangeran Mateen.

3 dari 4 halaman

Rangkaian Pernikahan Prince Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Berlangsung Selama 10 Hari

Rangkaian acara pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah akan berlangsung selama 10 hari. Rangkaian acara dimulai pada Minggu (7/1/2024) lalu dengan menggelar Khataman Al-Qur'an. Setelah itu keduanya menggelar prosesi upacara berbedak yang digelar pada Rabu (10/1/2024) kemarin. Dilanjutkan dengan akad nikah yang telah digelar pada Kamis (11/1/2024).

Tiga hari setelahnya, pada 14 Januari, resepsi pernikahan akan digelar. Melansir dari The Scoop, acara ini disebut Majlis Bersanding Pengantin Diraja, dan digelar di Istana Nurul Iman. Dalam momen ini pula para tamu undangan dari seluruh dunia akan hadir. Pada hari yang sama, parade akan digelar di Bandar Seri Begawan. Royal Wedding ini secara resmi akan berakhir pada 16 Januari 2024.

 

4 dari 4 halaman

Pangeran Abdul Mateen Sah Jadi Suami Anisha Rosnah, Maharnya 1.000 Ringgit Brunei

 Pangeran Abdul Mateen akhirnya sah menjadi suami Anisha Rosnah setelah akad nikah dilaksanakan siang ini, Kamis (11/1/2024). Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah menikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

"Prince Mateen and Dayang Anisha Rosnah are a married couple today. Alhamdulillah. Allah Peliharakan Pengantin Diraja ♥️(Pangeran Mateen dan Dayang Anisha Rosnah sudah resmi menikah hari ini. Alhamdulillah Allah menjaga Pengantin Diraja," tulis akun Instagram @ tmski.updates dalam unggahannya, Kamis (11/2/2024). 

Dalam unggahan itu, Pangeran Mateen terlihat memakai busana berwana putih dengan benang perak, dipadukan dengan penutup kepala putih. Ia duduk di hadapan penghulu mengucapkan ijab qabul dengan lancar, meski raut wajahnya terlihat tegang.

"Saya terima nikahnya dengan mahar 1.000 ringgit tunai," ucapnya sembari menjabat tangan. Bila dirupiahkan, mahar itu nilainya setara dengan Rp11,725 juta.

Mateen tiba di masjid tempat akad nikah dengan menggunakan mobil Rolls Royce hitam. Ia terlihat memasuki masjid lalu duduk dan mengucapkan janji nikah. Setelah itu, ia terlihat bersalaman dengan keluarganya, termasuk dengan ayahnya, Sultan Brunei Hasanal Bolkiah. Sementara, sosok Anisha belum terlihat dalam sederet unggahan video maupun foto di akun tersebut.  

Sebelum resmi menikah, Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah menjalani prosesi adat berusia ratusan tahun du Brunei Darussalam. Pangeran berusia 32 tahun itu adalah putra Sultan Brunei, sedangkan Anisha adalah cucu salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.

Selengkapnya...