Sukses

Studi Ungkap Vegetarian Lebih Kecil Kemungkinan Tertular Covid-19 Ketimbang Pemakan Daging

Studi mengungkapkan bahwa vegetarian lebih kecil kemungkinan tertular Covid-19 ketimbang pemakan daging

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menemukan bahwa pola makan nabati dan vegetarian mungkin memainkan peran penting dalam mengurangi risiko Covid-19.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Nutrition Prevention and Health menyimpulkan bahwa kejadian Covid 39 persen lebih rendah pada orang yang mengonsumsi makanan nabati dibandingkan mereka yang makan daging.

Temuan ini menyoroti pentingnya kebiasaan makan dalam mempengaruhi kejadian penyakit menular.

Sebuah tim yang dipimpin oleh Julio Cesar Acosta-Navarro, seorang profesor di fakultas kedokteran di Universitas Sao Paulo, mempelajari sekelompok 702 sukarelawan.

“Semakin tinggi konsumsi makanan nabati, semakin besar perlindungannya,” kata Dr Acosta-Navarro kepada The National.

Peserta dibagi berdasarkan pola makan mereka antara omnivora dan sebagian besar nabati.

Kategori terakhir mengonsumsi lebih banyak sayuran, polong-polongan, dan kacang-kacangan, serta lebih sedikit atau tidak sama sekali mengonsumsi produk susu dan daging. Mereka termasuk vegan (yang tidak mengonsumsi produk hewani), vegetarian (yang mengonsumsi telur dan produk susu), dan flexitarian (yang mengonsumsi daging kurang dari tiga kali seminggu.)

Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jenis kelamin, usia, atau penggunaan vaksinasi antara kedua kelompok.

Namun, kelompok nabati umumnya memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan tingkat kondisi medis serta kurangnya aktivitas fisik yang lebih rendah.

Dari total peserta, 47 persen melaporkan pernah terinfeksi Covid-19. Insiden ini lebih tinggi pada kelompok omnivora (52 persen) dibandingkan dengan kelompok pola makan nabati (40 persen).

Durasi gejala tidak berbeda secara signifikan antar kelompok, namun hewan omnivora lebih mungkin mengalami infeksi sedang hingga berat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak terhadap tingkat infeksi Covid-19

Setelah menyesuaikan faktor-faktor termasuk berat badan, kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, dan tingkat aktivitas fisik, para peneliti mencatat tidak ada perbedaan keseluruhan dalam tingkat keparahan gejala.

Namun mereka yang mengikuti pola makan nabati atau vegetarian/vegan memiliki kemungkinan 39 persen lebih kecil untuk terinfeksi dibandingkan mereka yang omnivora, para peneliti menyimpulkan.

“Sistem kekebalan menggunakan serangkaian mekanisme pertahanan untuk melawan infeksi,” kata Dr Acosta-Navarro.

Oleh karena itu, diperlukan enzim antioksidan, vitamin, dan peptida dalam jumlah yang cukup. Tanpanya, kemampuan sistem kekebalan tubuh akan terancam.

Pola makan nabati kaya akan antioksidan, fitosterol, dan polifenol, yang secara positif mempengaruhi beberapa jenis sel yang terlibat dalam fungsi kekebalan tubuh dan menunjukkan sifat antivirus langsung.

“Vegetarian dan mereka yang menjalani pola makan nabati memiliki penurunan risiko penyakit kronis dengan morbiditas dan mortalitas tinggi, termasuk penyakit jantung iskemik, diabetes tipe 2, hipertensi, jenis kanker tertentu, dan obesitas, kondisi yang sama yang terbukti berisiko. faktor untuk Covid-19," kata Dr Acosta-Navarro.

Shane McAuliffe, rekan akademisi tamu senior di NNEdPro Global Institute for Food, Nutrition and Health – yang tidak terlibat dalam penelitian ini – mengakui temuan tersebut namun memperingatkan bahwa ini adalah area “yang memerlukan penyelidikan yang lebih teliti dan berkualitas tinggi.”

 

3 dari 3 halaman

Peningkatan pola makan nabati secara global

Dulunya dipandang sebagai pilihan gaya hidup khusus, pola makan nabati dan vegetarian kini mendapatkan momentum.

Pergeseran terminologi dari “vegan” ke “nabati” sekitar pertengahan tahun 2010-an menandai perubahan sikap yang signifikan, sehingga memperluas daya tarik pola makan ini.

Ketersediaan pilihan makanan nabati telah meningkat secara dramatis selama dekade terakhir di toko-toko kelontong dan restoran.

Penjualan makanan nabati pengganti daging dan susu melampaui 29 miliar dolar AS pada tahun 2020 dan diproyeksikan mencapai 162 miliar dolar AS pada tahun 2030.

Ini mewakili sebagian besar pasar makanan berprotein global. Perusahaan-perusahaan besar, termasuk Kroger, Nestlé, dan Unilever, sedang mengembangkan produk nabati.

Jumlah vegan di AS melonjak dari 290.000 pada tahun 2004 menjadi hampir 10 juta pada tahun 2019. Inggris mengalami peningkatan jumlah vegan sebesar 360 persen selama satu dekade hingga tahun 2016.

Di Portugal, vegetarianisme tumbuh sebesar 400 persen antara tahun 2007 dan 2017, dengan penerapan undang-undang yang menawarkan pilihan vegan di fasilitas pemerintah.

Negara-negara Asia termasuk Tiongkok juga mendorong pengurangan konsumsi daging demi manfaat kesehatan dan lingkungan. Produk makanan Australia dengan klaim vegan meningkat sebesar 92 persen antara tahun 2014 dan 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.