Sukses

Profil dan Agama Bunga Citra Lestari Lengkap Umur hingga Perjalanan Karier

Bunga Citra Lestari, yang akrab disapa BCL, adalah sosok ikonik dalam industri hiburan Indonesia yang meraih ketenaran melalui bakat seninya yang multitalenta.

Liputan6.com, Jakarta Bunga Citra Lestari, yang akrab disapa BCL, adalah sosok ikonik dalam industri hiburan Indonesia yang meraih ketenaran melalui bakat seninya yang multitalenta. Ia baru saja menikah dengan penyanyi, Tiko Aryawardana pada Sabtu (2/12/2023). 

Karir gemilang BCL dimulai dari dunia tarik suara, di mana vokalnya yang merdu dan penampilannya yang memesona membuatnya dikenal sebagai salah satu diva pop terkemuka di Indonesia. Namun, ketenarannya tidak hanya terbatas pada dunia musik. BCL juga berhasil meraih prestasi gemilang dalam karir aktingnya, membintangi berbagai film dan sinetron yang sukses secara komersial.

Melansir dari berbagai sumber pada Jumat (12/1/2024), berikut profil dan agama Bunga Citra Lestari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Profil Bunga Citra Lestari

  • Nama Lengkap : Bunga Citra Lestari
  • Nama Panggilan : BCL, Unge
  • Tanggal Lahir : 22 Maret 1983
  • Keturunan : Minangkabau
  • Pekerjaan : Aktris, Penyanyi, Model
  • Ayah : Muchlis Rusli
  • Ibu : Emmy Syarif
  • Anak : Noah Sinclair

Bunga Citra Lestari atau akrab dipanggil Unge merupakan aktris, penyanyi sekaligus model asal Indonesia. Ia merupakan putri dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif yang lahir pada 22 Maret 1983. 

BCL diketahui menjadi salah satu artis Indonesia yang paling sukses dan populer. Ia telah memenangkan banyak penghargaan termasuk Anugerah Musik Indonesia, Panasonic Gobel Awards dan SCTV Awards.

3 dari 10 halaman

Agama Bunga Citra Lestari

Bunga Citra Lestari diketahui memeluk agama Islam. Ia juga baru melaksanakan umrah bersama keluarga pada saat tahun baru 2024. Dari beberapa unggahan di Instagram pribadinya, BCL tampak bahagia dan bersyukur bersama suami dan anaknya di tanah suci.

4 dari 10 halaman

Perjalanan Karier BCL

Bunga Citra Lestari memulai kariernya di dunia entertainment sebagai pemain sinetron. Ia telah membintangi beberapa sinetron Indonesia. Selain bermain peran, Unge juga terjun ke dunia musik pada saat Pas Band mengajaknya berduet untuk lagu berjudul Ku Merindu.

Tahun 2005 menyaksikan keikutsertaannya dalam menyanyikan lagu soundtrack untuk film "Dealova" berjudul "Saat Kau Pergi". Setahun kemudian, ia kembali mengisi suara dalam lagu berjudul "Cinta Pertama (Sunny)", yang menjadi hit hingga saat ini. Karya ini merupakan bagian dari soundtrack film yang juga membintanginya, yakni "Cinta Pertama".

Lewat lagu "Cinta Pertama (Sunny)", namanya semakin melambung, mewujudkan impian menjadi seorang penyanyi.

Karya ciptaan Dewiq tersebut juga masuk ke dalam album yang memiliki judul serupa, yakni "Cinta Pertama". Hampir seluruh lagu dalam album ini mendapatkan sambutan yang positif dari para penggemar musik.

Dalam waktu dua minggu, penjualan album ini mencapai angka 75 ribu kopi. Hingga kini, dia tetap aktif dalam dunia menyanyi dan secara rutin merilis sejumlah album serta lagu-lagu lainnya.

5 dari 10 halaman

BCL Juga Berkarier di Dunia Film

Bukan hanya terlibat dalam sinetron dan dunia tarik suara, BCL juga memasuki industri perfilman dengan berperan dalam sejumlah judul film, termasuk film Habibie & Ainun yang telah mengangkat popularitasnya.

Film yang dirilis pada tahun 2012 ini diadaptasi dari buku kenangan yang ditulis oleh Presiden Republik Indonesia ketiga, B.J. Habibie, mengenai mendiang istrinya.

Dalam produksi tersebut, perannya sebagai Ainun sukses dibawakan bersama Reza Rahadian, yang memerankan karakter Habibie.

Pada tahun 2019, BCL turut berperan dalam film My Stupid Boss 2, kelanjutan dari film sebelumnya yang berjudul sama, yakni My Stupid Boss (2016).

Dalam film komedi ini, ia kembali berakting bersama Reza Rahadian. Menariknya, film My Stupid Boss (2016) berhasil meraih predikat sebagai film terlaris ketiga di Indonesia dengan jumlah penonton mencapai 3 juta orang.

6 dari 10 halaman

Film yang Dibintangi BCL

  • My Stupid Boss 2 ( 2019), sebagai Diana
  • Si Juki The Movie (2017), sebagai Erin
  • Surat Kecil untuk Tuhan (2017), sebagai Angel dewasa
  • Moon Cake Story (2017), sebagai Asih
  • 3 Srikandi (2016), sebagai Nurfitriyana Saiman
  • Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea (2016), sebagai Rania Samudra
  • My Stupid Boss ( 2016), sebagai Diana
  • Habibie & Ainun (2012), sebagai Hasri Ainun Besari
  • Saus Kacang (2008), sebagai Dewi
  • Ada Kamu, Aku Ada (2008), sebagai Stella
  • Kangen (2007), sebagai Imel
  • Cinta Pertama (2006), sebagai Ayla
7 dari 10 halaman

Bunga Citra Lestari Suku Apa?

BCL dikenal sebagai wanita keturunan suku Minang.

8 dari 10 halaman

Bunga Citra Lestari Lahir Dimana?

Bunga Citra Lestari lahir di Jakarta, 22 Maret 1983.

9 dari 10 halaman

Bunga Citra Lestari Menikah Berapa Kali?

BCL telah resmi menikah untuk kedua kalinya dengan Tiko Aryawardhana pada 2 Desember 2023.

10 dari 10 halaman

Noah Anak BCL Sekolah Dimana?

Melansir dari akun Instagram, Noah menempuh pendidikan di sekolah standar internasional yakni Australia Independent School atau dikenal dengan AIS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.