Sukses

Tidak Populer di Korea, 7 Drakor Netflix Ini Justru Populer di Kancah Internasional

Ada beberapa drakor Netflix yang flop di negara asalnya, tapi justru mendapatkan popularitas di luar negeri. Ada favoritmu?

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap minggu, rasanya ada saja drama Korea (drakor) yang baru rilis untuk menggantikan drakor yang sudah tamat. Namun sayangnya, dalam drama Korea, seringkali rating masih menjadi panduan banyak penonton dalam menentukan pilihan drama yang akan ditonton oleh mereka.

Padahal sebenarnya, ada cukup banyak drakor yang menampilkan cerita yang menarik, tapi rupanya tidak banyak mendapat sambutan dengan perolehan rating yang kecil. Termasuk di negara asalnya sendiri, Korea Selatan. Akan tetapi hal ini justru berlaku sebaliknya di dunia internasional.

Di mana, drakor-drakor ini justru memperoleh perolehan rating yang cukup tinggi dan disambut dengan baik. Bahkan menarik jutaan penonton. 

Mulai dari kisah romantis yang memukau hingga tontonan sejarah, menghimpun dari Hindustan Times, Senin (22/1/2024), berikut beberapa K-drama teratas yang kurang mendapat rating bagus di negara asalnya tetapi menjadi hits besar di Netflix.

Nah, jika Anda sedang mencari rekomendasi drakor yang menarik untuk ditonton, artikel di bawah ini sangat cocok dibaca hingga habis!

1. Nevertheless

Dibintangi oleh Han So Hee dan Song Kang sebagai pemeran utama. Cerita ini mengikuti kisah Na Bi, seorang mahasiswa yang ditipu oleh pacarnya yang lebih tua.

Dia terlibat dengan Jae, bocah nakal menawan yang hanya ingin bermain-main. Duo ini meskipun menemukan banyak red flag dalam hubungan mereka, tapi terus tertarik satu sama lain.

Drama ini begitu populer di Netflix dan karier Song Kang pun meledak karena pesonanya. Namun di Korea Selatan sendiri, acara ini mendapat reaksi balik karena skinship-nya yang dianggap berlebihan.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Hwarang: The Poet Warrior Youth

Mengambil setting di kerajaan Silla kuno Korea, Hwarang menceritakan kisah sekelompok pemuda terpilih yang dilatih untuk menjadi wali raja dan sahabat tepercaya.

Meskipun menampilkan pemeran bertabur bintang seperti Park Hyung Sik, Park Seo Joon, Go A Ra, Minho Shinee, dan V BTS, drakor ini awalnya menghadapi kegagalan pasar domestik.

Namun, menyusul kesuksesan internasional BTS dan lonjakan popularitas K-drama yang ada di masyarakat, penggemar global menemukan permata tersembunyi ini dan membiarkan akhirnya Hwarang juga menjadi tontonan yang disukai banyak orang. Terutama di kalangan internasional.

3 dari 5 halaman

3. Uncontrollably Fond

Menampilkan penampilan yang luar biasa dari Kim Woo Bin dan Lim Ju Hwan, drama ini awalnya siap untuk sukses besar. Uncontrollably Fond menceritakan kisah dua mantan kekasih yang bersatu kembali di tahap akhir kehidupan mereka, dengan pemeran utama pria menjadi aktor sukses dan pemeran utama wanita adalah pembuat film dokumenter.

Terlepas dari antisipasi awal, serial ini menghadapi penurunan rating di kalangan pemirsa Korea. Namun, drama ini kemudian mencapai kesuksesan besar di Asia, dan akhirnya menjadi K-drama yang paling banyak ditonton di wilayah tersebut.

4. Welcome to Waikiki

Welcome To Waikiki adalah drama komedi menyenangkan dan mengharukan yang mengikuti perjalanan tiga orang teman yang mencoba mengelola sebuah wisma. Meskipun pengemar internasional menemukan hiburan dan kesenangan dalam serial ini, tapi sambutannya tidak begitu positif di kalangan domestik.

Di mana, acara ini mendapat rating rendah sebesar 1,7, menandainya sebagai salah satu K-drama dengan peringkat paling rendah.

4 dari 5 halaman

5. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Buat pencinta olahraga, pasti akan menyukai serial Korea yang satu ini. Meskipun drama yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk dan Lee Sung Kung ini disukai oleh penggemar global, akan tetapi acara ini gagal mengesankan penggemar domestik.

Sinopsis acaranya berbunyi, “Kisah dewasa tentang sekelompok atlet perguruan tinggi yang berjuang untuk impian mereka, mengalami dan menemukan cinta dalam prosesnya, dan tumbuh di setiap langkahnya.”

Namun, banyak penggemar Korea Selatan menganggap serial ini tidak realistis sehingga mencapai rating terendah 4,9.

6. True Beauty

Selanjutnya ada drakor True Beauty. Drakor yang menampilkan artis muda dan papan atas, Chae Eun Woo dan Moon Ga Young mengalami peningkatan rating dan penayangan yang tidak terduga setelah dirilis di Netflix.

Cerita ini berpusat pada tantangan standar kecantikan Korea Selatan dan perjuangan melawan rasisme, serial ini menarik perhatian pemirsa global. Alhasil, Cha Eun Woo, yang juga merupakan anggota grup Astro, mendapatkan banyak permintaan untuk membintangi serial lainnya di industri drama Korea.

Namun, meskipun sukses secara internasional, acara tersebut menghadapi kekecewaan di Korea Selatan.

5 dari 5 halaman

7. It's Okay to Not Be Okay

It's Okay to Not Be Okay dipuji karena membuka jalan bagi beberapa K-drama yang sebelumnya gagal di Netflix, mengubahnya menjadi terlaris. Menampilkan Kim Soo Hyun sebagai Moon Gang Tae dan Seo Yea Ji sebagai Ko Moon-young, serial ini berusaha untuk menarik perhatian pada masalah kesehatan mental dan mendapat pujian sebagai drakor terapeutik.

Meskipun sukses secara internasional, acara ini mengalami kemunduran besar di Korea Selatan, yang ditandai dengan rating yang sangat rendah. Banyak penggemar yang menilai akting Kim So Hyun terkesan dipaksakan.

Nah, dari semua yang sudah disebutkan di atas, kira-kira mana yang menarik untuk Anda tonton atau masuk ke dalam daftar tontonan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.