Sukses

Profil dan Biodata IU, Artis yang Raih Perfect All Kill Tahun 2024 Lewat Love Wins All

IU berhasil mencapai perfect all kill tahun 2024 di tangga musik Korea, lewat single-nya bertajuk "Love Wins All." Lantas, yuk ketahui profil IU dan perjalanan kariernya

Liputan6.com, Jakarta - IU berhasil mencapai perfect all kill tahun 2024 di tangga musik Korea, lewat single-nya bertajuk "Love Wins All."

Melansir dari Soompi, Senin (29/1/2024), pada 29 Januari 2024, pukul 12.30 KST, iChart Instiz mengumumkan bahwa single pra-rilis baru IU "Love Win All" telah mencetak perfect all-kill, menjadikannya lagu pertama yang dirilis tahun ini dan mencapai prestasi tersebut.

"Love Wins All" sendiri adalah lagu pra-rilis IU. Desember 2023, EDAM Entertainment menyatakan sang artis tengah menyiapkan album yang ditargetkan rilis pada semester pertama tahun ini.

Music video atau MV "Love Wins All" juga menarik perhatian para penggemar, karena dibintangi oleh V BTS.

Lantas, yuk ketahui profil IU dan perjalanan kariernya menjadi artis pertama yang raih perfect all kill tahun 2024 lewat lagu Love Wins All.

Profil IU

Lee Ji-Eun, juga dikenal dengan nama panggungnya IU, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, komposer dan aktris asal Korea Selatan.

Perempuan kelahiran 16 Mei 1999, di Seoul, Korea Selatan ini merupakan anak dari Lee Jin-kook dan Kim Hae Sook. Ia memiliki adik laki-laki bernama Lee Jong-hoon. IU menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Wanita Dongduk.

Melansir dari Imdb, IU menandatangani kontrak dengan LOEN Entertainment--yang kini bernama Kakao Entertainment pada 2007 sebagai trainee dan memulai debutnya sebagai penyanyi pada usia lima belas tahun dengan mini album pertamanya (EP) Lost and Found pada 2008.

Meskipun album lanjutannya, Growing Up dan IU...IM membawa kesuksesan besar, hanya setelah perilisan "Good Day," single utama dari albumnya tahun 2010, Real, barulah ia meraih ketenaran nasional.

"Good Day" menghabiskan lima minggu berturut- turut di puncak tangga lagu digital Gaon Korea Selatan, dan pada tahun 2019, lagu ini menduduki peringkat nomor satu dalam daftar "100 laggu KPop Terbesar Tahun 2010" Billboard.

 

2 dari 4 halaman

Perjalanan karier IU

Dengan kesuksesan albumnya di tahun 2011, Real+ dan Last Fantasy, IU memantapkan dirinya sebagai kekuatan yang tangguh di tangga musik negara asalnya dan semakin mengokohkan citra gadis tetangganya sebagai "Adik perempuan" Korea.

Tahun 2011 juga merupakan tahun pertamanya dalam penulisan lagu dengan "Hold My Hand," yang ditulis untuk serial televisi The Greatest Love.

Album studio ketiga IU, Modern Times (2013), menampilkan gaya musik yang lebih dewasa yang menandai perubahan dari citra femininnya sebelumnya, dengan beberapa lagu mencapai 10 besar di Gaon Digital Chart.

Album ini menduduki peringkat nomor dua dalam daftar "25 Album KPop Terbesar Tahun 2010" Billboard.

IU kemudian memberikan kontrol yang lebih kreatif terhadap musiknya, Chat-Shire menandai pertama kalinya dia dikreditkan sebagai satu-satunya penulis lirik di albumnya sendiri.

Album studio keempat IU, Palette (2017), menjadi album pertamanya yang mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard World Albums.

Sementara rekaman berikutnya Love Poem dan Lilac terus menyimpang dari gaya KPop mainstream, mengeksplorasi dan mencampur berbagai genre musik, IU secara konsisten mempertahankan dominasinya di tangga musik Korea Selatan.

Singlenya di tahun 2020, "Eight," menjadi singel pertamanya yang mencapai nomor satu di tangga lagu Penjualan Lagu Digital Dunia Billboard. 

3 dari 4 halaman

Selain musik, IU merambah ke dunia akting

Selain karier musiknya, IU juga merambah dunia akting dan menjadi pembawa acara radio dan televisi.

Menyusul peran pendukungnya dalam drama remaja Dream High (2011) dan penampilan kecil di beberapa serial televisi, ia berperan sebagai peran utama dalam serial drama televisi You Are the Best! (2013), Pretty Man (2013-14), The Producers (2015), dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Peran IU sebagai pekerja kantoran yang putus asa dalam My Mister (2018) mendapat pujian kritis, dan ia mendapatkan nominasi Aktris Terbaik di televisi pertamanya di Baeksang Arts Awards ke- 55.

Pada tahun 2019, ia membintangi serial film antologi Persona dan serial televisi fantasi Hotel Del Luna, yang terakhir menghasilkan nominasi Aktris Terbaik keduanya di Baeksang Arts Awards.

Pada tahun 2022, IU membintangi film Broker karya Hirokazu Kore-Edda bersama Song Kang-Ho, Bae Doona, dan Gang Dong-Won.

4 dari 4 halaman

Biodata IU

Biodata IU:

Nama: Lee Ji-Eun

Nama panggilan: IU

Tanggal lahir: Seoul, Korea Selatan, 16 Mei 1999

Zodiak: Taurus

Tinggi badan: 162 cm

Berat badan: 47 kg

Golongan darah: O