Sukses

Komitmen Toyota Atasi Kemacetan di Ubud Lewat Program Smart

Uji coba Program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART) bertujuan untuk secara berkelanjutan mengatasi masalah mobilitas di Ubud,

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corporation, bersama dengan co-developer Deloitte Future of Mobility Solution Center telah menyelesaikan uji coba Program Sustainable Mobility Advancing Real Transformation (SMART) di Ubud, Bali, SMART @Ubud.

Toyota Mobility Foundation (TMF) pada Rabu (19/6/2024), menyerahkan aset, model bisnis, dan panduan operasional kepada mitra program mereka - Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Gianyar, dan Kerthi Bali Santhi yang saat ini sedang mempertimbangkan kelanjutan program secara konkret.

Uji coba tersebut bertujuan untuk secara berkelanjutan mengatasi masalah mobilitas di Ubud. Sebab Ubud sering mengalami kemacetan karena banyaknya kendaraan bermotor, yang tentunya berkontribusi pada polusi udara.

"Untuk itu, program ini diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut secara berkelanjutan," kata Direktur Program Eksekutif Toyota Mobility Foundation, Pras Ganesh, di Ubud, Rabu (19/6/2024).

Program ini dimulai dengan mengajukan hipotesis tentang model bisnis untuk menyelesaikan masalah yang telah lama ada di daerah tersebut.

“Melalui program ini kami membangun ekosistem uji coba dengan perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur, dan aplikasi yang diperlukan, dan melalui berbagai iterasi, diskusi, dan kegiatan pengembangan kapasitas, kami telah mencapai tujuan awal kami untuk mengusulkan model bisnis yang layak secara finansial yang memenuhi persyaratan lokal dan memberikan mobilitas untuk semua,” sambung Pras.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melibatkan dua solusi

Model bisnis potensial ini melibatkan penerapan dua solusi. Pertama memanfaatkan 10 unit xEV (5 kendaraan listrik baterai (BEVs), 5 kendaraan listrik hybrid (HEVs)) untuk menjalankan layanan antar-jemput on-demand yang terhubung di Area Ubud Tengah, dengan beberapa pemberhentian yang terletak dalam jarak 10 menit berjalan kaki dari tujuan wisata utama dan situs lokal populer.

Selanjutnya, memasang 9 monitor tampilan digital di sepanjang halte bus dengan lalu lintas tinggi di dalam Trans Metro Dewata Route,yang memberikan visualisasi jadwal bus secara real time bagi penumpang, memungkinkan kenyamanan dan konektivitas yang lebih besar, terutama ketika digunakan bersamaan dengan solusi pertama.

 

 

3 dari 4 halaman

Berkontribusi pada rencana keberlanjutan pemerintah Bali

Sementara itu, Presiden Direktur Toyota Indonesia, Nandi Julyanto, menuturkan kebahagiaannya atas dukungan yang diberikan kepada TMF dalam uji coba SMART pertama di Bali.

"Program SMART memungkinkan uji coba solusi berbasis data di Ubud. Kami percaya bahwa pembelajaran dan hasil dari uji coba ini akan membantu berkontribusi pada rencana keberlanjutan pemerintah Bali," ucap Nandi.

4 dari 4 halaman

Telah melayani 20.000 pelanggan

Model bisnis yang beroperasi sejak September 2023 hingga Mei 2024 ini telah melayani 20.000 pelanggan.

Lebih dari 80% di antaranya melibatkan pengumpulan beberapa individu dalam satu perjalanan, dengan kepuasan pelanggan secara keseluruhan 4,8 atau 5,0, di atas standar industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.