Sukses

Tidak Perlu Dikukus, Begini Cara Olah Kulit Lumpia Agar Kembali Segar dan Lentur

Kulit lumpia yang sudah terlalu lama beku di dalam kulkas bisa kembali lentur dan segar. Ayo cari tahu caranya.

Liputan6.com, Jakarta Lumpia merupakan salah satu kudapan yang sangat lezat. Terbukti banyak sekali aneka ragam Lumpia yang ada di Indonesia seperti lumpia padang, lumpia semarang, lumpia kakap dan kacang hijau, lumpia sayur, dan masih banyak lagi.

Namun, apakah Anda tahu jika kulit lumpia ternyata tidak hanya digunakan untuk membuat lumpia saja, tapi beberapa jenis makanan seperti martabak, pisang coklat, kebab, dan sosis balut juga menggunakan kulit lumpia.

Kulit lumpia sendiri dijual di berbagai pasar swalayan dengan isi sekitar 50-100 lembar per bungkus, sehingga pasti ada sisa kulit lumpia yang tidak terpakai dan disimpan di kulkas.

Sayangnya, kulit lumpia akan kaku dan keras setelah disimpan dalam kulkas, apalagi kalau sudah berhari-hari.

Namun jangan khawatir dulu, karena pada salah satu video pendek yang diunggah oleh kanal YouTube Jailani Je menjelaskan bagaimana cara mengolah kulit lumpia yang kaku agar kembali lentur tanpa harus dikukus.

Dirangkum pada Selasa (05/03/2024), ini dia langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Keluarkan Lumpia dari Kulkas

Pertama-tama, keluarkan dulu bungkus kulit lumpia dari kulkas. Cek kembali apakah pada ada lubang pada bungkusan atau tidak.

Meskipun begitu, tekstur kulit lumpia yang sangat tipis memang cenderung cukup mudah membeku, baik pada bungkusan yang sudah dibuka atau belum.

3 dari 10 halaman

Rendam dalam Air

Langkah selanjutnya, masukkan bungkusan kulit lumpia ke dalam rendaman air lalu tunggu selama 15 menit.

Gunakan air dingin sebagai rendaman dan jangan air panas, karena air panas atau hangat cenderung hanya akan merusak makanan.

Selain itu, pastikan bungkusan kulit lumpia sudah tertutup rapat. Jika bungkusan sudah dibuka, Anda bisa memindahkan kulit lumpia ke dalam plastik zip lock

4 dari 10 halaman

Lap Hingga Kering

Setelah direndam selama 15 menit, angkat bungkusan dari rendaman lalu lap hingga kering dan bersih. Karena jika masih basah, dikhawatirkan tekstur kulit lumpia bisa rusak karena terkena air.

5 dari 10 halaman

Kulit Lumpia Sudah Kembali Lentur

Nah yang terakhir, Anda bisa membuka bungkus kulit lumpia untuk mengecek hasilnya. Bisa dilihat dari gambar di atas, kulit lumpia sudah kembali lentur dan tidak melekat lagi sehingga sangat mudah untuk dibuka.

6 dari 10 halaman

Mengapa Kulit Lumpia Kaku?

Lembaran tipis yang bundar terbentuk dari campuran air dan tepung terigu, merupakan bahan dasar dari kulit lumpia. Sebagai hasilnya, saat dimasak, kulit lumpia memiliki tekstur yang cenderung kriuk dan tidak elastis.

7 dari 10 halaman

Bolehkah Kulit Lumpia Disimpan di Kulkas?

Walaupun demikian, perlu dipahami bahwa tidak semua jenis makanan bisa disimpan di dalam kulkas dengan sembarangan seperti kulit lumpia. Jika disimpan dengan cara yang tidak benar, kulit lumpia ini dapat menjadi kering karena terkena suhu dingin di dalam kulkas. Akibatnya, kondisi kulit lumpia yang menjadi kering akan sulit untuk digunakan dan mudah patah.

8 dari 10 halaman

Apa Penyebab Kulit Lumpia Mudah Sobek?

Dikenal dengan lapisan kulit yang tipis, lumpia seringkali diisi dengan rebung, telur, sayuran, atau daging, dan pembuatan kulit seringkali menjadi tantangan tersendiri karena mudah sobek.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Kulit Lumpia Agar Tahan Lama?

Letakkan bungkusan kulit lumpia di bagian bawah lemari pendingin, menjauh dari titik dingin atau panas. Jangan simpan kulit lumpia di sekitar makanan dengan aroma kuat seperti bawang, ikan, atau keju.. Sebelum dipakai, ambil kulit lumpia dari lemari pendingin dan biarkan hingga mencapai suhu ruang.

10 dari 10 halaman

Apakah Lumpia Bisa di Freezer?

Menurut Dian, jika disimpan dalam freezer, lumpia dapat bertahan selama satu minggu. Di luar freezer, lumpia hanya dapat bertahan maksimal 24 jam. Pengiriman lumpia beku ini menggunakan boks khusus berupa styrofoam agar tetap beku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini