Sukses

Pria Ini Menderita Demonic Face Syndrom, Gangguan Langka yang Mengerikan

Demonic face syndrom merupakan salah satu gangguan paling langka yang cukup mengerikan. Sindrom ini mempengaruhi indera penglihatan atau visualisasi dari para penderitanya. Seorang pria di Amerika Serikat secara tiba-tiba mengalami sindrom mengerikan ini. Yuk, simak fakta lengkap mengenai seorang pria yang mengalami demonic face syndrom!

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Tennessee, sebuah negara bagian di Amerika Serikat, telah didiagnosis menderita gangguan prosopometamorphopsia (PMO) atau yang juga dikenal sebagai sindrom wajah setan. Gangguan tersebut merupakan kelainan neurologis yang sangat langka, yang menyebabkan wajah orang lain terlihat sangat terdistorsi bagi para penderitanya. Pria dari Tennessee ini tiba-tiba mengalami sindrom wajah setan, tepat setelah ia terbangun dari tidur dan membuka matanya.

Berikut ini fakta lengkap tentang pria yang mengalami gangguan langka Demonic Face Syndrome, dilansir dari odditycentral.com (04/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Demonic Face Syndrome (prosopometamorphopsia)

Sindrom Wajah Setan atau Demonic Face Syndrome (prosopometamorphopsia) adalah kelainan yang sangat langka, dengan hanya tercatat 75 kasus di seluruh dunia. Sindrom ini sering disingkat sebagai PMO dan termasuk kelainan neurologis yang gejalanya menyebabkan wajah orang lain tampak sangat terdistorsi menjadi abstrak dan tak terbentuk di mata penderitanya. Perubahan wajah yang menyerupai setan ini menjadikan gejala PMO juga dikenal sebagai sindrom wajah setan. Gejala PMO dapat berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan bertahun-tahun.

3 dari 9 halaman

Fakta Pria Tennessee yang Menderita Prosopometamorphopsia

Victor Sharrah, seorang pria asal Tennessee, menderita sindrom wajah setan yang langka. Sebelumnya, sebagai pengemudi truk paruh baya, dia memiliki penglihatan yang tajam, sehingga dia merasakan adanya yang tidak beres dengan penglihatannya pada hari yang malang di tahun 2020. Saat itulah, dia baru saja bangun dari tidurnya dan melihat seorang pria dengan wajah cacat di apartemennya. Ternyata, pria itu adalah teman sekamarnya. Saat Sharrah keluar dari apartemen, dia menyadari bahwa semua orang yang dilihatnya memiliki ekspresi wajah yang hampir mirip setan. "Pertama kali saya pikir saya terbangun di dunia iblis," kata Sharrah.

4 dari 9 halaman

Penyebab Demonic Face Syndrome

Sindrom wajah setan adalah sebuah sindrom langka yang bahkan para dokter pun masih belum mengetahui banyak hal tentang penyakit tersebut. Para dokter menyadari bahwa sindrom ini sering kali salah didiagnosis sebagai gangguan kejiwaan. Namun, berbeda dengan skizofrenia, sindrom wajah setan tidak menyertakan keyakinan delusi tentang identitas orang yang ditemui oleh penderita. Pada akhirnya, untuk menggali lebih dalam tentang gangguan PMO, para ilmuwan di Dartmouth College, New Hampshire, bekerja sama dengan Sharrah untuk merekam kembali distorsi wajah yang ia alami, sehingga secara efektif memungkinkan setiap orang untuk melihat dunia melalui pengalamannya.

5 dari 9 halaman

Apa Itu Sindrom Gottron?

Gejala sindrom gottron ini biasanya meliputi kondisi kulit yang rapuh dan tipis pada bagian tangan serta kaki.

 

 

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Sindrom?

Sindrom adalah kumpulan gejala dan temuan fisik yang dapat dikenali dan menunjukkan suatu kondisi tertentu yang penyebab langsungnya belum diketahui.

7 dari 9 halaman

Penyakit Apa yang Paling Parah?

Penyakit paling mematikan di dunia adalah penyakit arteri koroner (Coronary Artery Disease/CAD). Penyakit yang juga disebut jantung iskemik, terjadi CAD ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit. CAD yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri dada, gagal jantung, dan aritmia.

8 dari 9 halaman

Kenapa Sindrom Turner?

Sindrom Turner merupakan suatu kondisi yang hanya menyerang wanita, terjadi ketika salah satu kromosom X (kromosom seks) hilang atau sebagian hilang. Sindrom Turner dapat menyebabkan berbagai masalah medis dan perkembangan, termasuk tinggi badan pendek, kegagalan perkembangan ovarium, dan kelainan jantung.

 

 

9 dari 9 halaman

Apa Penyebab Penyakit Dermatomyositis?

Penyebab dermatomyositis tidak diketahui, namun penyakit ini memiliki banyak kesamaan dengan kelainan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh. Faktor genetik dan lingkungan mungkin juga berperan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini