Sukses

Trik Rebus Ketan Hitam Agar Cepat Empuk Tanpa Direndam Terlebih Dahulu, Hanya Butuh 12 Menit

Tanpa perlu direndam, ketan hitam dapat direbus sampai empuk hanya dalam 12 menit. Begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ketan hitam sering kali diolah menjadi berbagai kudapan dengan rasa manis seperti bubur ketan hitam atau bolu.

Kunci dari kelezatan ketan hitam sendiri terletak pada tekstur yang lembut. Karena itu beberapa orang akan merendam ketan hitam terlebih dahulu agar bisa empuk.

Namun, proses merendam ketan hitam ini memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 1-3 jam.

Meski demikian, ada cara lain dalam merebus ketan hitam agar cepat empuk dan hemat gas walau tidak perlu direndam dahulu. Cara ini dibagikan oleh salah seorang pemilik kanal YouTube Boyu's Kitchen.

Dirangkum pada Jumat (12/7/2024), berikut adalah caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Masak Ketan Hitam Selama 5 Menit

Pertama-tama, rebus air dalam panci sampai benar-benar mendidih. Setelah itu, masukkan ketan 350 gram ketan hitam ke dalam panci tersebut untuk direbus selama 5 menit dalam keadaan panci tertutup.

3 dari 10 halaman

Diamkan Selama 30 Menit

Setelah dimasak selama 5 menit, matikan kompor lalu buka tutup panci sejenak. Jangan nyalakan kompor, tutup panci kembali lalu tunggu sampai setengah jam.

4 dari 10 halaman

Masak Lagi Selama 7 Menit

Jika sudah didiamkan selama setengah jam, buka tutup kompor sebentar. Jika diangkat dengan sendok, ketan hitam sudah terlihat sedikit lebih lembek. Namun untuk mencapai kelembutan yang optimal, tutup panci kembali lalu masak lagi selama 7 menit.

5 dari 10 halaman

Tambahkan Gula Aren

Setelah dimasak selama 7 menit, buka tutup kompor untuk menambahkan sekitar 350 gram gula aren. Jika tidak ada gula aren, bisa digantikan dengan gula pasir. Gula aren berperan dalam membuat ketan hitam jadi lebih manis.

Jika sudah ditambahkan gula aren, aduk rebusan ketan hitam sampai tercampur rata. Sekarang, ketan hitam yang lezat sudah siap disajikan di atas piring.

6 dari 10 halaman

Ketan Hitam untuk Penyakit Apa?

Manfaat kesehatan ketan hitam melibatkan pengurangan kolesterol LDL, yang dikenal sebagai kolesterol jahat, karena kandungan fitokimia antosianinnya. Kolesterol LDL, yang merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular, dapat dikurangi dengan mengonsumsi ketan hitam.

7 dari 10 halaman

Kenapa Ketan yang Sudah Dimasak Menjadi Lembek?

Apabila jumlah air yang digunakan pada proses pembuatan ketan berlebihan, maka tekstur ketan akan menjadi lebih lembek.

8 dari 10 halaman

Apakah Ketan Boleh Direndam Semalaman?

Menurut informasi yang dikutip dari The Spruce Eats, beras ketan dapat direndam mulai dari 1 jam hingga semalaman. Proses perendaman yang lebih lama akan menghasilkan tekstur yang lebih lengket pada beras ketan.

9 dari 10 halaman

Berapa Lama Ketan Direndam Sebelum Dimasak?

Sebelum dipasak, beras ketan perlu direndam terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan merendamnya langsung di dalam panci rice cooker untuk kemudahan dan tidak perlu dipindahkan lagi. Lama perendaman berkisar antara 40 menit hingga 4 jam.

10 dari 10 halaman

Ketan Hitam Apakah Baik untuk Kolesterol?

Ketan hitam termasuk dalam jenis gandum utuh yang memiliki kadar serat yang cukup tinggi. Serat adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tambahan, serat juga dapat mendukung penurunan berat badan, menurunkan tekanan darah, serta mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.