Sukses

Tanpa Tepung, Ini Cara Goreng Lele Agar Lurus dan Garing Seharian

Lele goreng akan tetap garing seharian dan bentuknya lurus walau digoreng tanpa tepung. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu jenis ikan yang sering diolah jadi hidangan yang lezat adalah ikan lele. Hal itu disebabkan karena mengolah lele terbilang sangat mudah dan praktis, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Salah satu teknik mengolah lele yang paling nikmat adalah dengan digoreng. Tekstur kulit yang krispi, berpadu dengan daging yang lembut akan benar-benar memanjakan lidah.

Orang-orang cenderung akan menambahkan tepung saat menggoreng lele agar semakin garing. Namun, sayangnya hal itu tidak bertahan lama.

Padahal, ada cara lain dalam menggoreng lele supaya bisa garing seharian, bahkan tanpa menggunakan tepung. Cara ini diungkapkan oleh seorang pemilik akun Instagram @zelinenaila, dirangkum Selasa (16/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Oleskan Cuka pada Ikan Lele

Pertama-tama, cuci bersih terlebih dahulu ikan lele dan keluarkan isi perut lele, lalu masukkan ke dalam wadah.

Setelah itu, teteskan cuka ke seluruh bagian lele, lalu usap dengan tangan sampai cuka merata pada lele.

Cuka sendiri berperan sebagai pengganti jeruk nipis dalam menghilangkan lendir pada lele. Lendir ini juga turut menyebabkan lele jadi cepat lembek.

3 dari 10 halaman

Goreng Lele

Nyalakan kompor dengan api sedang, untuk memanaskan minyak goreng pada wajan. Masukkan satu per satu lele ke dalam penggorengan. Usahakan untuk gunakan wajan yang lebih besar agar lele bisa tetap lurus saat digoreng.

4 dari 10 halaman

Tambahkan Bawang Merah dan Jahe

Saat lele digoreng, jangan lupa untuk masukkan satu siung bawang merah dan satu ruas jahe yang sudah dikupas langsung ke dalam penggorengan. Adapun tujuannya adalah agar minyak yang dipakai menggoreng lele tidak nyiprat.

5 dari 10 halaman

Lele Goreng Jadi Garing Seharian

Seperti biasa, tunggu lele sampai matang dan berwarna kecoklatan. Jika tekstur lele dirasa sudah cukup padat, segera matikan kompor untuk mengangkat dan meniriskan lele.

Sekarang, lele goreng sudah sangat garing dan awet seharian, sehingga bisa langsung disantap dengan nasi dan sambal. Jika dilihat-lihat, bentuk lele juga lurus dan tidak bengkok.

 

6 dari 10 halaman

Kenapa Goreng Lele Meletup?

Ketika melakukan penggorengan menggunakan minyak dalam jumlah yang besar dan api yang kuat, bagian kepala dari ikan lele akan meletup dan memancarkan tetesan minyak. Inilah yang menyebabkan ikan lele goreng menjadi melengkung ketika diangkat dari proses penggorengan.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Waktu untuk Menggoreng Ikan?

Sebaiknya ikan dipanaskan dengan minyak sayur yang mencapai suhu sekitar 180 derajat Celcius sebelum digoreng. Durasi menggorengnya sebaiknya berkisar antara lima hingga delapan menit saja agar ikan tidak terlalu gosong.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Membersihkan Ikan Lele?

Mulailah dengan membersihkan ikan lele yang akan dimasak. Setelah itu, rendam lele dalam campuran air, jeruk nipis, dan garam selama sepuluh menit. Proses perendaman ini akan membuat lendir pada lele larut. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih.

9 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Goreng Ikan Agar Tidak Lengket?

Untuk mencegah ikan lengket saat digoreng, disarankan menggunakan api dengan intensitas sedang. Penggunaan api yang terlalu besar dapat mengakibatkan ikan gosong, sedangkan api yang terlalu kecil akan membuat ikan membutuhkan waktu lebih lama untuk matang dan mengering. Selain itu, Anda juga dapat menaburkan sedikit tepung kering di permukaan ikan sebagai trik tambahan.

10 dari 10 halaman

Apa Efek Makan Ikan Lele?

Manfaat ikan lele sangat beragam. Di antaranya adalah kandungan zat besi dan vitamin B12 yang bermanfaat. Kedua nutrisi ini penting untuk mencegah anemia. Tidak hanya itu, konsumsi ikan lele juga berperan dalam pembentukan DNA tubuh, produksi sel darah merah, dan menjaga fungsi saraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini