Sukses

10 Makanan yang Bikin Anda Gemuk Tanpa Disadari

Jika berat badan Anda bertambah tapa ada kejelasan yang pasti, coba lihatlah 10 daftar makanan ini yang membuat berat badan Anda bertambah secara diam-diam.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang berusaha menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, Anda tahu bahwa melakukan diet adalah komponen yang sangat penting.

Pemilihan makanan saat melakukan diet sangat penting karena makanan yang Anda konsumsi berperan besar dalam mencapai tujuan kesehatan dan berat badan yang diinginkan.

Saat melakukan diet, memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein berkualitas tinggi adalah kunci utama.

Makanan yang tepat tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh tetapi juga dapat meningkatkan energi dan menjaga keseimbangan emosi

Ide yang bagus untuk mengurangi pilihan makanan yang kurang bergizi, tapi menurut Tayla, yaitu pelatih penurunan berat badan online, ahli gizi dan diet yang menggunakan akun @DietitianTayla di Instagram dan TikTok, ada beberapa makanan yang mungkin tidak Anda sadari dapat menghambat tujuan penurunan berat badan dan kebugaran Anda.

Menurut Tayla, tidak satu pun dari pilihan makanan ini yang benar-benar "buruk", mereka hanya "mengandung kalori yang tinggi secara diam-diam."

Jadi, jika berat badan Anda bertambah tapa ada kejelasan yang pasti, atau Anda tidak mendapatkan hasil turun berat badan meskipun sudah melakukan diet dan olahraga, Anda perlu melihat kembali daftar makanan oleh Tayla ini.

Dan berikut ialah 10 makanan teratas yang membuat berat badan Anda bertambah secara diam-diam, melansir dari Best Life, Kamis (18/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Kue muffin

Muffin berada di urutan teratas dalam daftar Tayla, "Anda tahu muffin dari toko-toko yang berukuran besar, enak, dan lezat, serta rasanya sangat enak untuk sarapan?, saya ingin Anda menebak berapa banyak kalori yang ada di dalamnya," katanya dalam sebuah vidio unggahannya di TikTok pada 11 April.

Ia menambahkan, jika Anda menebak di dalam kue muffin itu ada sekitar 700 dan 900 kalori, maka Anda benar. Memanglah mengonsumsi kue muffin seperti makan sepotong kue untuk sarapan yang lezat, tetapi makanan tersebut memiliki jumlah kalorinya yang tinggi.

3 dari 11 halaman

2. Granola

Yang juga ada dalam daftar Tayla yaitu granola, yang bisa Anda tambahkan ke dalam smoothie atau yogurt di pagi hari untuk menikmati sedikit kerenyahan dalam makanan Anda.

Namun, jika Anda tidak menakar porsinya, Anda bisa saja mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang seharusnya.

"Secangkir granola dapat memberikan Anda 400 hingga 500 kalori, jadi pastikan Anda membaca labelnya dengan cermat dan menakarnya dengan akurat, karena tidak semua makanan rendah kalori seperti yang Anda bayangkan," jelasnya.

4 dari 11 halaman

3. Keripik

Jika Anda menyukai camilan asin, keripik kemasan mungkin sesuatu yang Anda sukai.

Tapi Tayla menyebutnya sebagai makanan yang memiliki kalori yang sangat besar, bahkan apabilnya Anda menyadarinya, Anda bisa saja berfikir dua kali untuk mengonsumsinya kembali.

Secara umum, satu bungkus keripik olahan biasanya mengandung sekitar 150-200 kalori. Namun, beberapa merek atau varian keripik tertentu dapat memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi, terutama jika mengandung banyak lemak tambahan atau gula.

Alih-alih memakan seluruh bungkus keripik dalam satu kali duduk, lebih baik bagi-bagi menjadi beberapa porsi kecil dan simpan sisa keripiknya untuk dikonsumsi di lain waktu.

5 dari 11 halaman

4. Kacang panggang

Tayla juga memberikan peringatan tentang kacang-kacangan panggang yang dikemas.

"Tentu saja, kacang-kacangan itu sangat bergizi, tapi secangkir kacang almond panggang ini mengandung 680 kalori," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa kacang-kacangan memanglah sangat bernutrisi, jadi jangan hilangkan makanan ini dari menu makanan Anda, pastikan Anda mengonsumsi kacang yang alami atau organik, bukan yang berasal dari bungkusan yang dijual di pasaran, dan kontrol porsinya dengan baik.

6 dari 11 halaman

5. Selai kacang

Demikian pula, Tayla memperingatkan tentang selai kacang, makanan lain yang dapat menambah kalori secara signifikan.

"Saya ingin Anda pergi ke dapur dan menyendok apa yang Anda anggap sebagai satu porsi. Dua sendok makan akan memberi Anda sekitar 200 kalori dan saya dapat memberitahu Anda, saya dapat makan lebih dari 2 sendok makan," ucapnya.

Jadi pastikan Anda menakarnya dengan akurat karena kelezatan selai kacang itu mudah sekali untuk kita konsumsi dengan cara dilebih-lebihkan.

7 dari 11 halaman

6. Buah kering

Pilihan makanan lain yang bisa Anda pilih yang tampaknya sehat adalah buah kering.

Meskipun ini tidak selalu buruk untuk Anda, ini adalah camilan lain yang dapat membuat berat badan Anda bertambah dengan tanpa Anda sadari.

"Tidak hanya sangat padat kalori, tapi biasanya mereka juga mengandung banyak gula, bahkan secangkir buah kering dapat mengandung sekitar 400 kalori," jelasnya Tayla.

Juga Tayla menjelaskan bahwa terlalu banyak mengonsmsi buah kering juga dapat mengganggu pencernaan Anda.

8 dari 11 halaman

7. Pasta

Pasta adalah makanan pokok yang termasuk dalam daftar ini, tetapi Tayla mengatakan bahwa ini semua tentang sikap moderasi konsumsinya.

"Bukan karena pasta itu buruk, tapi pasta sangat mudah untuk dimakan secara berlebihan," katanya.

Menurutnya, jadi lain kali jika Anda memasak pasta, pastikan untuk mengukurnya terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa porsi 2 ons itu dalam jumlah kalori, apakah tepat untuk Anda atau tidak.

Dan juga gunakanlah saos atau bumbu lainnya yang tidak mengandung gula yang berlebihan, buatlah saos pasta yang alami yang dapat Anda buat dari tomat yang segar.

9 dari 11 halaman

8. Saus salad (salad dressing)

Hal ini tampak berlawanan, karena Anda sedang makan salad, tetapi jika Anda menyiram sayuran demi sayuran Anda dengan saus, itu bisa menggagalkan diet Anda.

"Anda akan mengalami masalah dengan yang satu ini jika tidak menakarnya," Tayla memperingatkan.

Ia menjelaskan bahwa biasanya satu porsi adalah sekitar 2 sendok makan, tapi sangat mudah untuk membuat 2 sendok makan itu menjadi 4 sendok makan.

10 dari 11 halaman

9. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat membuat berat badan Anda bertambah dan ini bukan hanya karena jumlah kalorinya saja.

"Ketika Anda sedang dalam defisit kalori dan Anda mencoba membakar lemak tubuh cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung alkohol, karena ketika Anda mengonsumsi minuman beralkohol, metabolisme dalam tubuh Anda berhenti menyerap lemak, jadi pada dasarnya itu menghalangi kemampuan Anda untuk menghilangkan lemak tubuh," ucap Tayla.

Ia menyarankan minumlah dengan hati-hati, terutama saat Anda sedang mengalami defisit kalori dan tentu saja, pastikan Anda menakarnya dengan pas jika Anda menuangkannya ke dalam gelas.

11 dari 11 halaman

10. Makan di restoran

Tayla mengakui bahwa yang satu ini adalah "sedikit curang," karena dia "ikut-ikutan" pergi makan di restoran juga.

Tetapi tetap saja, ini adalah sesuatu yang perlu diperhatikan.

Dikarenakan kebanyakan orang yang makan direstoran, mereka tidak menghiraukan berapa jumlah kalori dalam makanan yang mereka pesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.