Sukses

5 Rebusan Daun Penurun Kolesterol Jahat, Solusi Selepas Makan Besar saat Lebaran

Dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan kimia, cara alami banyak menjadi pilihan orang-orang untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi. Berbagai rebusan daun ini nampak remeh, namun ampuh basmi kolesterol tinggi. Yuk simak apa saja!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu risiko terburuk yang dihadapi pengidap kolesterol tinggi adalah stroke dan penyakit jantung akibat penumpukan lemak di aliran darah yang bisa menyumbat aliran darah ke otak. Karenanya, masalah kolesterol ini tidak bisa disepelekan dan harus segera ditangani dengan tepat. 

Walaupun masalah ini bisa jadi cukup serius, pengobatan alternatif secara herbal bisa dijadikan langkah pertama. Pasalanya, rebusan beberapa jenis daun, seperti daun salam, daun kelor, dan semacamnya terbukti efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berikut ini 5 jenis daun yang ampuh atasi kolesterol tinggi, berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang dirangkum pada Jumat (19/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Daun Salam

Daun salam yang banyak dikenal sebagai rempah tambahan dalam makanan ini ternyata memiliki khasiat untuk turunkan kolesterol, loh! Menurut riset dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) Amerika, air rebusan daun salam bisa dijadikan ramuan herbal yang efektif dalam menurunkan kadar glukosa serum, kolesterol jahat, trigliserida, kolesterol total, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL pada pengidap diabetes tipe 2. Tak hanya itu, daun salam juga disebut memiliki sifat antidiabetik, antioksidan, antihypersensitive, antitumor, dan antikolesterol. 

3 dari 11 halaman

2. Daun Kelor

Selanjutnya, daun kelor yang dikenal memiliki sejuta manfaat kesehatan ini juga ampuh atasi masalah kolesterol tinggi. Hal ini sejalan dengan hasil riset dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika yang menemukan bahwa konsumsi air rebusan daun kelor secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

4 dari 11 halaman

3. Daun Sirsak

Secara ilmiah, ditemukan bahwa daun sirsak terbukti berkhasiat untuk atasi kolesterol tinggi. Dari sebuah riset pada tahun 2016 yang berjudul, Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan ditemukan bahwa air daun sirsak efektif dalam membantu mengendalikan kolesterol darah dan berat badan agar tetap stabil. Hal ini didukung oleh kandungan flavonoid daun sirsak yang setara dengan efek simvastatin, obat penurun kolesterol.

5 dari 11 halaman

4. Daun Alpukat

Tak hanya buahnya yang kaya akan nutrisi, nyatanya daun sirsak juga kaya akan manfaat untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol. Mengutip informasi dari salah satu studi di tahun 2019 berjudul Combination Effect of the Extract of Avocado Leaf and Seed on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice with Hypercholesterolemia, air rebusan daun alpukat ampuh menurunkan lonjakan kolesterol tubuh. 

6 dari 11 halaman

5. Daun Serai

Selain daun salam, serai juga menjadi salah satu rempah yang ternyata berkhasiat menurunkan kolesterol. Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan bahwa ekstrak serai terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol pada hewan dengan tingkat efektivitas yang menyesuaikan dengan dosis yang diberikan. 

7 dari 11 halaman

Apa yang Paling Cepat Menurunkan Kolesterol?

Salah satu metode terunggul untuk mempercepat penurunan tingkat kolesterol dalam badan yaitu dengan meningkatkan asupan buah dan sayur.

8 dari 11 halaman

Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Minum Apa?

Orang yang mengidap kolesterol sebaiknya membatasi konsumsi minuman seperti kopi yang dicampur whipped cream, minuman berbahan dasar santan, serta minuman berenergi.

9 dari 11 halaman

Vitamin Apa untuk Penderita Kolesterol?

Penelitian telah membuktikan bahwa asupan vitamin C sejumlah 500 miligram setiap harinya dapat mengurangi tingkat trigliserida dan kolesterol LDL dalam tubuh.

10 dari 11 halaman

Apa yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Makanan yang tidak sehat, seperti kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan dengan tingkat lemak jenuh yang tinggi, seringkali menjadi kebiasaan dalam pola makan.

11 dari 11 halaman

Apakah Kolesterol Boleh Minum Minyak Ikan?

Anda dapat mengonsumsi minyak ikan sebagai salah satu opsi suplemen untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.