Sukses

11 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton di Bulan Mei 2024

Film-film seperti Mad Max dan Planet of the Apes, serta komedi Jerry Seinfeld tentang Pop-Tarts, adalah tontonan wajib bulan ini, baik itu melalui streaming atau di bioskop.

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Mei, bioskop menyajikan banyak pilihan film mulai dari yang menyeramkan, animasi, hingga yang penuh aksi. Menonton film bisa menjadi pilihan seru untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Tahun 2024, bulan Mei menawarkan berbagai film blockbuster yang pastinya bisa dinikmati bersama keluarga dan teman. Berikut adalah rekomendasi film bioskop untuk bulan Mei beserta sinopsisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. IF

Bagaimana jika teman imajinasi anak-anak sebenarnya bukan hanya sekadar imajinasi? Bagaimana jika mereka adalah makhluk nyata yang harus berkeliaran di limbo setelah anak-anak yang dulu bermain dengan mereka sudah tumbuh dewasa? Itulah premis dari IF, sebuah komedi keluarga yang ditulis dan disutradarai oleh John Krasinski.

Ryan Reynolds dan Cailey Fleming berperan sebagai dua dari sedikit orang di dunia yang bisa melihat IF yang sudah ketinggalan zaman ini; mantan rekan Krasinski dari acara The Office, Steve Carell, mengisi suara sebuah IF besar berbulu bernama Blue. Krasinski mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh permainan kedua putrinya, tetapi juga oleh istrinya, Emily Blunt, yang senang melihatnya beralih dari suasana suram pada debut penyutradaraannya, A Quiet Place.

"Saya ingat Emily bilang ke saya, 'Saya sangat senang kamu melakukan ini,'" kata Krasinski dalam Entertainment Weekly. "Dan saya berkata, 'Kenapa?' Dan dia bilang, 'Karena hidup di tempat yang gelap, gelap itu sangat sulit untuk terlalu lama.' Dan datang dari Mary Poppins, saya pikir, dia pasti tahu apa yang dia bicarakan." IF akan mulai tayang pada 17 Mei.

3 dari 13 halaman

2. Robots Dreams

Film animasi dari Spanyol-Prancis yang mendapat nominasi Oscar, disutradarai oleh Pablo Berger dan diadaptasi dari novel grafis Sara Varon, mengisahkan kisah menarik tentang anjing bernama Dog yang tinggal sendirian di New York pada tahun 1980-an. Kehidupannya berubah drastis saat ia membeli robot bernama Robot melalui pos, dan menyadari betapa menyenangkannya memiliki sahabat terbaik.

Namun, kebahagiaan mereka terganggu ketika Robot yang sudah berkarat terperangkap di pantai, di belakang gerbang yang terkunci. Bisakah Dog bertahan tanpa kehadirannya? "Robot Dreams" penuh dengan humor segar, ide-ide brilian, dan kebenaran yang menyentuh, semuanya disajikan tanpa dialog. Wendy Ide dari The Observer menyebutnya sebagai "salah satu animasi terbaik dalam beberapa tahun terakhir."

"Dengan kelembutan dalam penceritaan, empati, dan kedalaman emosional, film ini memiliki daya tarik yang luas, dari anak-anak yang akan menikmati karakter lucu dan kecerdasan lembutnya, hingga remaja dan orang dewasa yang akan merasakan kecemasan dan kerepotan dalam menjalani hidup sendiri."

Film ini dirilis pada 9 Mei di Jerman dan 31 Mei di Amerika Serikat.

4 dari 13 halaman

3. The Garfield Movie

Salah satu momen paling lucu di Zombieland terjadi saat Bill Murray, yang terluka parah, memainkan perannya sendiri, ditanya apakah dia punya penyesalan. Dengan napas terakhirnya, dia menjawab, "Mungkin, Garfield." Meskipun Murray mungkin tidak terlalu menyukai dua film Garfield versi live-action di mana dia mengisi suara kucing CGI itu, film baru ini berbeda. Disutradarai oleh Mark Dindal (The Emperor's New Groove), The Garfield Movie adalah kartun aksi yang seru.

Chris Pratt mengisi suara Garfield, meskipun, mengingat bahwa dia juga mengisi suara karakter utama dalam The Lego Movie dan The Super Mario Bros. Movie, itu bukan pilihan pemilihan suara yang paling kreatif untuk kartun dengan kata ‘movie’ dalam judulnya. Samuel L Jackson mengisi suara ayah Garfield, Vic; Nicholas Hoult adalah pemiliknya, Jon; dan Snoop Dogg memerankan karakter bernama, ya, Snoop Catt.

"Ada kefasikan, keingintahuan, dan kelucuan, keusilan pada inti [Garfield]," kata Pratt. "Saya tersesat di dalam itu. Saya benar-benar hanya makan dan tidur, dan para dokter khawatir... Tetapi saya membangun hubungan yang autentik. Saya cukup yakin penonton akan merasakannya. Dan Academy." Film ini akan dirilis secara umum mulai 24 Mei.

5 dari 13 halaman

4. Back to Black

Amy Winehouse merupakan salah satu penyanyi dan penulis lagu paling berpengaruh pada masanya, namun ia meninggal pada tahun 2011 saat usianya 27 tahun, setelah berjuang melawan kecanduan dan menghindari sorotan paparazi tabloid selama bertahun-tahun. Pada tahun 2015, kisah hidupnya diadaptasi menjadi sebuah dokumenter yang mengharukan berjudul Amy, disutradarai oleh Asif Kapadia.

Kini, sebuah biopik yang tak terhindarkan, Back to Black, muncul, disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson dan ditulis oleh Matt Greenhalgh, yang sebelumnya menggarap drama tentang tahun-tahun awal John Lennon, Nowhere Boy. Marisa Abela memerankan Winehouse, didampingi oleh Jack O'Connell sebagai suaminya, Blake Fielder-Civil, dan Eddie Marsan sebagai ayahnya, Mitch Winehouse. Film yang dianggap "lembut dan penuh pengampunan" ini oleh Taylor-Johnson disebut sebagai "karya terbaiknya hingga saat ini," seperti yang dikutip Peter Bradshaw di The Guardian.

"Marisa Abela memberikan penampilan yang sungguh menarik dan penuh kasih sebagai Amy yang menampilkan kelembutannya, dan mungkin yang paling menyentuh adalah keunikan usianya, yang bertentangan dengan citra tangguh dan suaranya yang anehnya dewasa." Film ini akan dirilis pada 17 Mei di AS dan Kanada.

6 dari 13 halaman

5. The Fall Guy

Pada acara Oscars tahun ini, Ryan Gosling dan Emily Blunt menyampaikan penghormatan melalui video untuk para pengganti di Hollywood. Sebenarnya, keduanya memiliki motif terselubung: film terbaru mereka adalah komedi aksi yang secara kebetulan membahas para pengganti di Hollywood.

Berdasarkan serial televisi tahun 1980-an, dan disutradarai oleh David Leitch (Atomic Blonde, Deadpool 2), The Fall Guy menampilkan Gosling sebagai Colt Seavers, seorang stuntman yang direkrut oleh mantan kekasihnya (Blunt) ketika seorang bintang film (Aaron Taylor-Johnson) menghilang. "Saya benar-benar tersenyum dari awal hingga akhir menonton The Fall Guy," ujar Perri Nemiroff di Collider.

"Ini adalah film aksi yang sangat terampil yang benar-benar penuh dengan energi dan pesona selama 125 menit waktu pemutaran... Ya, ini adalah film thriller komedi romantis yang menyenangkan, tetapi pertama-tama, ini adalah pujian besar kepada para seniman yang bertanggung jawab atas keajaiban film." Mulai rilis di bioskop pada tanggal 3 Mei.

7 dari 13 halaman

6. Unfrosted

Dalam setahun terakhir, telah ada film tentang sejarah sepatu Air Jordan, ponsel BlackBerry, Flamin' Hot Cheetos, dan mainan Beanie Baby - dan sekarang ada film tentang sejarah Pop-Tarts. Tapi jangan khawatir jika terdengar aneh: itu memang maksudnya.

Sebuah film komedi parodi yang ceria dan hampir tidak ada hubungannya dengan kisah nyata, "Unfrosted" disutradarai dan ditulis bersama oleh Jerry Seinfeld, yang juga memerankan seorang eksekutif di Kellogg's. Ketika saingan mereka, Post, merilis pastry sarapan yang terdehidrasi pada tahun 1964, Kellogg's berlomba-lomba untuk menciptakan versi mereka sendiri.

Rekan Seinfeld termasuk Melissa McCarthy, Amy Schumer, Peter Dinklage, dan James Marsden, serta Hugh Grant yang memerankan aktor Shakespeare yang frustrasi memerankan Tony the Tiger dalam iklan Frosted Flakes. "Saya pikir belum pernah ada yang seperti ini sebelumnya," kata Seinfeld dalam wawancara dengan majalah Total Film. "Saya merasa kita sudah siap untuk komedi yang berani, gila, dan lucu."

8 dari 13 halaman

7. Furiosa: A Mad Max Saga

Telah berlalu 45 tahun sejak film Mad Max pertama kali dirilis, dan sembilan tahun sejak George Miller menghidupkan kembali seri post-apokaliptik tersebut dengan Mad Max: Fury Road pada tahun 2015 yang penuh dengan aksi epik. Namun, pada usia 79 tahun, sang sutradara masih belum puas.

Film terbarunya adalah prekuel dari Fury Road yang menampilkan Anya Taylor-Joy sebagai Furiosa, tokoh pahlawan botak dan bersenjata satu tangan yang sebelumnya diperankan oleh Charlize Theron. "Ini berbeda," kata Miller seperti yang dilaporkan oleh IndieWire. "Anda tidak ingin film menjadi pengulangan dari apa yang baru saja Anda lakukan, harus unik namun tetap akrab, seperti yang saya suka katakan."

Peran penjahat yang unik diisi oleh Chris Hemsworth, yang ditutupi dengan riasan prostetik sehingga hampir tidak dikenali sebagai aktor yang memerankan Thor yang perkasa. Film ini akan mulai diputar di bioskop pada tanggal 24 Mei.

9 dari 13 halaman

8. Kidnapped

Drama yang megah ini, karya Marco Bellocchio, mengisahkan kisah nyata yang menakutkan tentang Edgardo Mortara, seorang anak Yahudi berusia enam tahun yang diculik dari rumahnya oleh pihak berwenang suatu malam di Bologna pada tahun 1858. Orangtuanya, Fausto Russo Alesi dan Barbara Ronchi, diberitahu bahwa ketika Edgardo masih bayi, ia diam-diam dibawa oleh seorang pembantu untuk dibaptis, dan sekarang harus dibesarkan sebagai seorang Katolik.

Paus Pius IX, yang diperankan oleh Paolo Pierobon, terus mengabaikan upaya keluarga untuk menyelamatkan Edgardo. Namun, seiring berjalannya waktu, skandal tersebut mengancam untuk menimbulkan kejatuhan politik Paus. "Marco Bellocchio adalah satu-satunya orang terakhir dari generasi emas sineas Italia," kata Jason Solomons di The New European. "Yang paling luar biasa dari karier ini bukan hanya masa kerjanya yang panjang atau produktivitasnya yang terus berlanjut, tetapi bahwa film-filmnya semakin baik saja.

Kidnapped diceritakan dengan indah dan memukau, penuh dengan semua drama gelap dan detail manusia dari salah satu kanvas Renaisans besar yang ada di galeri-galeri besar, seperti Titian atau Caravaggio atau Tintoretto." Film ini dirilis pada tanggal 24 Mei di Amerika Serikat.

10 dari 13 halaman

9. Ezra

Bobby Cannavale, yang selalu menakjubkan, mendapat peran utama yang langka dalam komedi drama yang tulus ini, yang disutradarai oleh Tony Goldwyn. Cannavale memerankan seorang komedian tunggal dari New Jersey yang membesarkan putranya yang berusia 11 tahun, Ezra (William A Fitzgerald), dengan bantuan ayahnya (Robert De Niro).

Mantan istrinya (yang sebenarnya adalah pasangannya, Rose Byrne) ingin anak itu masuk ke sekolah untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, tetapi ketika komedian tersebut ditawari kesempatan untuk tampil di acara talk show terkenal di Los Angeles, ia memutuskan untuk membawa Ezra dalam perjalanan lintas Amerika Serikat. "Cannavale tahu dia mendapatkan peran besar dan benar-benar memanfaatkannya," kata Michael Rechtshaffen di The Hollywood Reporter.

"[Namun] perpaduan yang luar biasa dan arahan yang sensitif tidak pernah menghalangi skenario yang lembut oleh Tony Spiridakis, yang terinspirasi oleh tantangan membesarkan anaknya yang neurodivergent sendiri." Film ini akan dirilis pada tanggal 31 Mei di Amerika Serikat.

11 dari 13 halaman

10. Kingdom of the Planet of The Apes

Mengikuti franchise Planet of the Apes bisa jadi rumit. Film pertamanya keluar pada tahun 1968, diikuti oleh empat sekuel. Tim Burton mencoba meremajakan pada tahun 2001, namun tidak berhasil. Setelah itu, seri ini dihidupkan kembali pada tahun 2011 dengan trilogi prekuel, yang berakhir dengan War of the Planet of the Apes pada tahun 2017. Namun, kini saatnya untuk sedikit kegiatan kera.

Dalam episode terbaru ini, yang disutradarai oleh Wes Ball, simpanse dan orangutan cerdas telah menguasai Bumi selama 300 tahun, dan manusia yang bisa berbicara menjadi langka. "Kami membawa era baru dalam sejarah film ini sejak tahun 1968, tetapi kami tetap menghormati yang telah ada sebelum kami," kata Ball dalam wawancara dengan ScreenRant. "Kami adalah kelanjutan dari trilogi sebelumnya, tetapi kami memiliki karakter dan cerita baru kami sendiri, yang membuka peluang baru."

Akan mulai ditayangkan pada tanggal 9 Mei.

12 dari 13 halaman

11. The Beach Boys

Dokumenter tiga bagian The Beatles: Get Back karya Peter Jackson tentang Fab Four sudah bisa ditonton di Disney+ sejak tahun 2021. Sejak itu, Jackson juga telah mengawasi restorasi sebuah dokumenter klasik The Beatles, Let It Be tahun 1970, yang akan tersedia di layanan streaming pada tanggal 8 Mei. Namun, bagaimana dengan rekan-rekan AS The Beatles, The Beach Boys?

Sebuah dokumenter baru kini menggali sejarah para perintis pop yang berasal dari California, yaitu Brian, Carl, dan Dennis Wilson. Brian adalah jenius musik di keluarga tersebut, tetapi dia mengalami trauma karena ayahnya yang abusive, Murry Wilson, yang juga menjadi manajer pertama band tersebut.

“Saya sangat senang dengan hasil akhir dokumenter ini, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa,” kata Brian Wilson. “Ini benar-benar membawa saya kembali ke masa-masa bersama para anak laki-laki, kesenangan, dan musik. Dan tentu saja harmoni yang luar biasa.” Dokumenter akan dirilis pada 24 Mei di Disney+.

13 dari 13 halaman

Netizen Juga Nyari Ini

Kapan film barat populer?

Film-film Barat sangat diminati pada masa era film bisu (1894–1927). Salah satu film naratif Barat tertua yang diketahui adalah "Kidnapping by Indians," sebuah film pendek asal Inggris yang diproduksi oleh Mitchell dan Kenyon di Blackburn, Inggris pada tahun 1899.

Apa judul film pertama?

Film yang dikeluarkan oleh mereka pada tahun 1895 diberi judul Sortie del'usine Lumira de Lyon (Para Karyawan Keluar dari Pabrik Lumiere). Film awal mereka hanya berlangsung selama 46 detik, menampilkan adegan para pekerja di Pabrik Lumiere.

Apakah ada film aksi yang bagus?

Daftar film aksi terbaik sepanjang masa, mulai dari 'Die Hard' sampai 'Aliens' hingga 'John Wick: Chapter Four', ini adalah daftar film aksi terbaik yang pernah dibuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.