Sukses

Modal 3 Bahan, Ini Cara Efektif Kurangi Rasa Pahit pada Sawi

Sayur sawi dijamin tidak akan pahit dan tetap hijau jika dimasak dengan 3 bahan ini. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Meski terasa hambar, sayur sawi ternyata cukup disukai oleh banyak orang. Sayur sawi sendiri biasa digunakan sebagai pelengkap makanan yang gurih dan asin seperti mie ayam.

Rasa hambar itu juga yang dipercayai menjadi kelebihan dari sayur ini, karena sawi dapat menyesuaikan dengan rasa makanan apapun.

Walaupun begitu, sawi bisa terasa pahit dengan warna yang agak gelap jika tidak dimasak dengan benar.

Namun jangan khawatir, karena pengguna kanal YouTube Dapur Ima92 memiliki cara agar sawi tetap hijau dan tidak pahit hanya dengan tiga bahan saja.

Kira-kira, bahan apa saja yang digunakan? Simak jawabannya pada tulisan yang dirangkum pada Sabtu (04/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Cuci Bersih Sayur Sawi

Siapkan sayur sawi yang ingin direbus, lalu pisah-pisahkan dan cabut bonggolnya. Setelah itu, cuci sayur sawi dengan dibilas dalam baskom berisi air. Jika sudah, sisihkan sawi pada wadah yang lain.

3 dari 11 halaman

Rendam dengan Garam

Agar tidak pahit, potek-potek semua sawi dari bagian daun dan batangnya. Tuang air ke dalam baskom sampai semua sawi terendam, lalu tambah satu sendok teh garam. Biarkan sawi direndam selama lima menit. Langkah ini bertujuan untuk menyingkirkan pestisida dan ulat yang masih menempel.

4 dari 11 halaman

Masak dengan Bawang Putih dan Bawang Merah

Tuang air secukupnya pada wajan, lalu masukkan masing-masing satu siung bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris kecil-kecil. Jika ingin sawi lebih kaya rasa, bisa tambahkan garam dan penyedap rasa.

Nyalakan kompor dengan api sedang lalu tunggu sampai mendidih. Setelah itu, masukkan batang sawi terlebih dahulu, baru diikuti dengan bagian daun.

5 dari 11 halaman

Sawi Tetap Hijau dan Tidak Pahit

Saat dimasak, jangan lupa untuk mengaduk-aduk sawi agar tercampur rata dengan bumbu yang ditambahkan tadi.

Setelah beberapa menit, coba cicip sedikit. Jika sudah tidak pahit, maka kompor bisa dimatikan dan sawi siap untuk ditiriskan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Sayur Sawi

7 dari 11 halaman

Penyakit Apa yang Tidak Boleh Makan Sayur Sawi?

Sawi mudah dicari dan bisa dijadikan beragam hidangan. Tapi, siapa sangka, sawi ternyata termasuk salah satu pemicu asam lambung. Seperti sayuran lainnya, sawi bisa menghasilkan gas berlebih dalam lambung dan menyebabkan mual pada penderita asam lambung.

8 dari 11 halaman

Sawi Hijau Bagus untuk Apa?

Sawi hijau memberikan manfaat pertama dengan meningkatkan ketahanan tubuh. Dikarenakan kandungan vitamin C dan A, konsumsi sawi hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta memperkuat respons imun dalam melawan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam pertumbuhan dan penyebaran sel T yang memiliki peran penting dalam melawan infeksi.

9 dari 11 halaman

Apakah Sayur Sawi Hijau Boleh Dipanaskan Kembali?

Semua varietas sayuran berdaun hijau, termasuk kangkung, sawi, pokcoy, dan gulai daun singkong, sebaiknya dikonsumsi dalam satu hari dan sebaiknya tidak dipanaskan berkali-kali.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Sawi Hijau Agar Awet?

Gunakan kertas tisu atau handuk bersih untuk mengeringkannya, kemudian letakkan sawi yang sudah kering ke dalam wadah kedap udara. Terakhir, simpan wadah tersebut di dalam lemari es agar kesegarannya terjaga.

11 dari 11 halaman

Apa Perbedaan Sawi dan Pakcoy?

Pakcoy, sejenis sayuran, menyerupai caisim atau sawi hijau yang telah dibahas sebelumnya. Namun, terdapat perbedaan yang mencolok, yaitu tangkai daun pakcoy lebih lebar dan besar dibandingkan dengan caisim. Bentuknya menyerupai sendok, sehingga disebut juga sebagai sawi sendok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.