Sukses

5 Situs untuk Membuat Blog Gratis dan Mudah, Cocok Buat Pemula!

Bagi kamu yang baru saja ingin membangun blog pribadi, berikut 7 platform untuk ngeblog yang gratis dan mudah digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman serba digital seperti sekarang ini, ngeblog merupakan salah satu cara populer untuk berbagi cerita. Terlebih bagi kamu yang hobi membuat konten melalui tulisan atau fotografi, membuat blog dapat menjadi salah satu cara agar karyamu dapat dikenal oleh banyak orang.

Bagi pemula, membuat blog bisa menjadi hal yang menyulitkan, terlebih jika tidak memiliki skill khusus. Namun di saat ini, hal tersebut bukanlah sebuah masalah sebab sudah banyak platform penyedia blog yang bisa digunakan dengan mudah bahkan gratis.

Dengan demikian, pemula tidak perlu memiliki skill khusus maupun merogoh kocek dalam untuk memiliki laman blog pribadi. Tidak hanya itu, sebagian situs blog gratis ini juga sudah memiliki template desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan pribadi.

Bagi kamu yang baru saja ingin membangun blog pribadi, berikut 7 platform untuk ngeblog yang gratis dan mudah digunakan.

1. WordPress.com

WordPress merupakan salah satu platform ngeblog yang paling terkenal dan umum digunakan. Dengan tampilan yang mudah digunakan membuat situs ini ramah untuk pemula.

WordPress memiliki berbagai tema serta plugin yang menarik, sehingga penggunanya dapat mendesain blog sesuai dengan gaya dan kebutuhan masing-masing. Selain itu, pengaturan tentang hosting atau domain sudah disediakan oleh WordPress.com.

Bagi kamu yang bingung cara menggunakan WordPress, saat ini banyak sekali tutorial menggunakan WordPress pertama kali yang dapat kamu tonton di media sosial seperti TikTok atau YouTube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Blogger

Blogger merupakan platform untuk ngeblog yang dimiliki oleh Google. Bersama WordPress, Blogger juga menjadi situs blog yang sangat populer dan telah digunakan oleh banyak orang.

Hanya dengan menggunakan akun Google, kamu dapat membuat blog dalam hitungan menit. Blogger juga menyediakan berbagai tema dan widget untuk membantu kamu dalam membuat blog yang menarik dan fungsional.

3. Tumblr

Tumblr merupakan platform ngeblog yang lebih fokus pada konten visual. Dengan fitur reblog, memungkinkan konten kamu tersebar lebih cepat.

Oleh sebab itu, situs ini sangat pas digunakan bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk menciptakan konten seperti gambar, GIF, atau video. Tampilan yang mudah membuat Tumblr dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula.

3 dari 4 halaman

4. Medium

Medium adalah platform ngeblog yang sangat sesuai untuk kamu yang gemar menulis. Dengan tampilan yang bersih dan fitur yang minimalis ini membuat Medium sangat ramah pemula. Kamu hanya perlu menulis blog, tanpa perlu khawatir tentang desain web atau hal-hal teknis lain.

Medium fokus menempatkan konten-konten berkualitas agar mudah dijangkau oleh para pembaca, sehingga pastikan untuk selalu membuat konten yang baik.

5. Wix

Wix merupakan platform pembuatan situs web yang juga memiliki fitur untuk ngeblog. Dengan tampilan yang mudah digunakan, kamu bisa membuat desain blog yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, Wix juga menyediakan berbagai template yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan referensi kamu.

4 dari 4 halaman

6. Weebly

Weebly adalah platform yang menawarkan pembuatan situs web dan fitur blog secara gratis. Dengan tampilan yang sederhana, kamu dapat membuat blog dengan mudah dan cepat. Seperti situs web lainnya, Weebly juga menyediakan berbagai tema dan fitur yang membantu kamu untuk membuat blog yang unik dan menarik.

7. Ghost

Bagi kamu yang ingin fokus dengan pengalaman menulis, Ghost bisa menjadi pilihan platform yang tepat. Memiliki tampilan yang bersih dan minimalis, Ghost dapat membuatmu fokus untuk membuat konten tanpa perlu terganggu oleh fitur yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.