Sukses

6 Warna yang Bisa Membuat Hiu Menjauh, Beserta Alasan Ilmiahnya

Sebagian besar orang ingin sekali bertemu hiu secara langsung, tetapi masih takut akan tubuh raksasa dan serangan ganasnya. Menariknya, belakangan ini telah muncul informasi tentang warna-warna yang diketahui bisa mengusir hiu. Yuk, simak ada warna apa saja!

Liputan6.com, Jakarta Tidak mudah untuk bertemu dengan hiu, makhluk raksasa dengan gigi menakutkan ini. Meskipun beberapa orang mungkin memiliki keinginan untuk melihatnya secara langsung, takut akan penampilannya yang ganas membuat mereka tetap waspada.

Hiu seringkali dipandang sebagai hewan yang menakutkan, terutama karena reputasinya yang buruk dalam film dan cerita rakyat. Namun, baru-baru ini, penelitian mengungkap bahwa ada beberapa warna yang dapat mengusir hiu. Berita ini tentu menggembirakan bagi para penyelam yang senang berpetualang di lautan.

Berikut ini 6 warna yang diketahui bisa mengusir hiu berdasarkan alasan ilmiah, dikutip dari animals.com (10/05/2024).

2 dari 12 halaman

Hitam

Sebenarnya, hiu melihat dunia dengan warna abu-abu atau kusam. Kadang-kadang, mereka juga bisa melihat warna hijau dan ungu. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) merekomendasikan penggunaan warna yang kusam karena warna-warna terang bisa menarik perhatian hiu. Hiu Sebagai makhluk laut yang menyeramkan berevolusi untuk berburu makanan lebih efektif di perairan keruh. Oleh karena itu, hitam adalah warna yang tepat untuk digunakan karena dapat memastikan hiu tidak melihatnya dari jarak 1 mil.

3 dari 12 halaman

Biru

Warna biru adalah warna asli laut, sehingga tidak terlalu menarik perhatian hiu. Meskipun beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa warna tidak sangat berpengaruh pada hiu, memilih untuk tidak menarik perhatian makhluk ganas itu adalah pilihan yang bijaksana.

4 dari 12 halaman

Hijau

Di samping biru, kadang-kadang perairan terlihat lebih hijau. Oleh karena itu, selain abu-abu, hiu terkadang juga melihat warna hijau dan ungu di dalam air. Ini disebabkan oleh fakta bahwa hijau adalah warna alami yang dapat ditemukan di dalam air atau pada tumbuhan laut. Oleh karena itu, penggunaan warna hijau ini bisa menjadi pilihan yang aman. Hiu mungkin akan keliru menafsirkan bahwa warna hijau yang terlihat hanya berasal dari tumbuhan laut.

5 dari 12 halaman

Abu-Abu

Abu-abu adalah pilihan warna yang paling efektif untuk bersembunyi dari hiu. Makhluk raksasa laut ini cenderung tidak memperhatikan perbedaan warna saat seseorang mengenakan pakaian abu-abu di sekitarnya. Warna ini tidak mencolok bagi penglihatan hiu, sehingga mereka kemungkinan besar tidak akan menganggapnya sebagai ancaman.

6 dari 12 halaman

Putih

Selain warna abu-abu, hiu juga dapat melihat warna putih. Warna putih memiliki kemampuan untuk menyatu dengan air dan membuat seseorang tampak lebih tersembunyi. Namun, terkadang kecerahan warna putih dapat menjadi masalah. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa hiu lemon cenderung tertarik pada pakaian basah yang berwarna kuning atau putih. Hal ini menjadikan warna putih kontroversial ketika berhubungan dengan hiu.

7 dari 12 halaman

Coklat

Warna coklat tidak terlalu berbeda dengan warna-warna sebelumnya yang juga kusam dan tidak mencolok. Ini mengindikasikan bahwa kemungkinan besar hiu tidak akan tertarik pada warna coklat.

8 dari 12 halaman

Apakah Ikan Hiu Bisa Melihat?

Faktanya, hiu dapat melihat dengan sangat baik di area yang gelap dan terang, memiliki penglihatan malam yang luar biasa, dan dapat melihat warna. Hindari memakai warna-warna cerah, seperti oranye dan kuning, di dalam air, karena hiu dapat melihatnya.

 

9 dari 12 halaman

Apakah Hiu Putih Tidak Berbahaya?

Hiu putih termasuk di antara tiga spesies hiu teratas yang paling mungkin melukai manusia, selain hiu macan dan hiu banteng. Namun hanya 57 gigitan hiu yang tercatat pada tahun 2022, dan itu berlaku untuk semua spesies hiu.

10 dari 12 halaman

Apakah Hiu Agresif Terhadap Manusia?

Meskipun manusia bukan bagian dari pola makan hiu banteng, mereka dikenal agresif terhadap manusia dan dianggap sebagai salah satu spesies hiu paling berbahaya di dunia. Namun, serangan hiu sangat jarang terjadi, dengan kurang dari 20 kematian yang disebabkan oleh hiu setiap tahunnya.

11 dari 12 halaman

Hiu Putih Takut Sama Apa?

Kendati hiu sering dianggap sebagai predator yang menakutkan, mereka diketahui takut dengan lumba-lumba.

12 dari 12 halaman

Siapa Musuh Hiu?

Hiu dapat dikalahkan oleh lumba-lumba jenis Orcha atau yang akrab disebut paus pembunuh. Paus pembunuh merupakan pemangsa puncak di lautan. Paus pembunuh tak segan memangsa hiu putih saat terjadi kelangkaan makanan.

Video Terkini