Sukses

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Paling Populer di 2024, Suasana Nyaman dan Lega

Ubah suasana di rumah menjadi lebih hijau dan nyaman dengan menerapkan ide desain untuk ruang makan semi outdoor.

Liputan6.com, Jakarta Membuat ruang makan semi outdoor tidaklah sesulit yang kita kira karena terdapat banyak inspirasi yang bisa kita ikuti atau modifikasi. Selain itu, ada banyak pilihan desain yang tidak memerlukan perawatan rumit dan menghemat waktu serta biaya.

Ruang makan semi outdoor tidak hanya memberikan kesan segar pada rumah, tetapi juga membuat pengalaman makan menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Ada banyak konsep yang dapat diterapkan, mulai dari taman kecil hingga ide-ide yang unik dan kreatif. Agar lebih mudah, berikut beberapa ide desain yang dikutip dari berbagai sumber pada (27/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Ala Cafe

Desain ini mengusung konsep kafe sederhana, dengan tempat duduk dan meja panjang yang menghadap ke taman kecil.

Meskipun ruangannya terbuka, ruang makan tetap terlindungi dari cuaca berkat jarak yang cukup jauh.

Atap lebar yang menutupi seluruh area ruang makan semi terbuka merupakan cara efektif untuk menghadapi perubahan cuaca tanpa kekhawatiran.

3 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Aesthetic

Desain ruang makan semi outdoor ini bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan di rumah dengan tampilan color block retro yang menarik di halaman belakang.

Menempatkan meja di kitchen bar atau di samping dapur adalah cara yang efektif untuk memaksimalkan fungsi dapur terbuka.

Untuk menambah kesan alami, kamu dapat menambahkan berbagai hiasan tanaman dengan warna-warna cerah kesukaanmu.

4 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Kecil

Rumah kecil pun dapat menerapkan desain ruang makan semi outdoor yang tetap memikat dan menarik, tidak kalah dengan desain dapur yang besar.

Memasang pintu lebar sebagai pemisah antara ruang makan dan taman terbuka adalah pilihan yang bijak. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat ruang dan menciptakan taman basah terbuka serta desain ruang makan semi outdoor yang nyaman.

5 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Minimalis

Menggabungkan desain ruang makan semi outdoor dengan taman kering di dalam rumah menjadi opsi yang diminati karena kesederhanaan serta kemudahan dalam perawatannya.

Selain itu, konsep ruang makan semi outdoor ini sangat efisien dan hemat biaya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu cemas mengenai anggaran karena desain ini tidak memerlukan banyak biaya.

6 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Simpel

Taman kering yang dirancang dalam desain ini berukuran kecil dan memberikan sentuhan segar pada dapur. Kesan lapang pada ruang makan semi outdoor ini tercipta berkat pintu kaca yang terbuka dan lampu gantung yang anggun.

Dinding taman yang berbeda dari keseluruhan desain ruang makan turut menciptakan suasana yang bervariasi dan menarik.

7 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor dan Taman Belakang

Konsep desain ruang makan semi outdoor ini adalah ruang makan yang terletak menghadap langsung ke taman belakang yang terbuka.

Keunggulan dari desain ini adalah adanya pintu yang memisahkan ruang makan dengan taman.

8 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Dengan Atap Transparan

Desain ini mungkin lebih cocok untuk kamu yang tidak memiliki area terbuka atau berada di lingkungan yang tidak mendukung ruang terbuka.

Solusinya adalah memanfaatkan atap transparan dan rumput buatan. Dengan menggabungkan kedua elemen ini, kamu bisa menciptakan ruang makan semi-outdoor yang nyaman dan hijau.

Meskipun atapnya tertutup, kamu tetap bisa menyisakan bagian yang terbuka untuk memberikan suasana yang lebih segar.

9 dari 13 halaman

Desain Ruang Makan Semi Outdoor Modern

Konsep desain ruang makan semi-outdoor yang terakhir adalah ruang makan elegan dengan atap transparan di samping rumah. Biasanya, desain ini menyatu dengan halaman yang terbuka.

Desain ruang makan semi-outdoor ini menciptakan suasana segar dan nyaman, sehingga sering diterapkan pada rumah yang memiliki lahan luas serta akses terbuka ke berbagai ruangan. 

10 dari 13 halaman

Berapa Ukuran Standar Meja Makan?

Agar dapat menikmati hidangan dengan nyaman dan bebas, pastikan ukuran meja sudah sesuai. Panjang meja sebaiknya antara 250 hingga 300 cm, dengan lebar 100 hingga 120 cm, dan tinggi tetap 75 cm. Jika ruangan cukup luas, disarankan memilih ukuran terbesar, yaitu 300 x 120 x 75 cm.

 

11 dari 13 halaman

Berapa Tinggi Meja Cuci Piring?

Tinggi wastafel perlu disesuaikan dengan tinggi badan Anda agar Anda tidak perlu membungkuk atau berjinjit saat menggunakannya. Umumnya, tinggi wastafel cuci piring untuk orang Indonesia adalah 80 cm dari permukaan lantai.

 

12 dari 13 halaman

Berapa Lebar Meja Dapur Minimalis?

Meja dapur cor dengan desain minimalis umumnya memiliki lebar sekitar 60 hingga 90 cm dan panjangnya berkisar antara 120 hingga 240 cm. Dimensi tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta luas ruangan. Dapur yang kecil lebih ideal menggunakan meja yang kecil, sedangkan dapur yang besar cocok dengan meja yang lebih besar.

 

13 dari 13 halaman

Berapa Tinggi Ideal Kitchen Set?

Biasanya, kitchen set memiliki ketinggian antara 85 cm hingga 110 cm, atau 76 cm hingga 85 cm jika diukur dari lantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini