Sukses

Hanya dengan Cucian Beras, Ini Cara Hilangkan Bau pada Ikan Bawal

Bau mengganggu pada ikan bawal dijamin hilang hanya dengan satu bahan ini. Ikuti caranya.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu ikan tawar yang sering dinikmati oleh masyarakat Indonesia adalah ikan bawal. Biasanya ikan bawal diolah dengan cara dibakar agar terasa gurih dan lembut.

Walaupun lembut dan lezat, ikan bawal cenderung mengeluarkan bau tanah yang kerap mengganggu orang-orang yang ingin mengolahnya.

Oleh karena itulah bau pada ikan bawal harus dihilangkan secara efektif, seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube zarena official.

Ia hanya menggunakan air cucian beras untuk menghilangkan bau pada ikan bawal, yang caranya akan ditulis pada Selasa (28/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Siapkan Ikan Bawal dan AIr Cucian Beras

Pertama-tama, siapkan beberapa ekor ikan bawal yang sudah dicuci bersih mulai dari sisik, isi perut hingga insang.

Jangan lupa untuk menyiapkan air bekas cucian beras juga. Perlu dicatat, air bekas cucian yang digunakan adalah cucian yang pertama.

3 dari 11 halaman

Rendam Ikan bawal dalam Air Cucian Beras

Ambil satu ikan bawal untuk direndam di dalam air cucian beras selama satu jam. Pastikan ikan bawal benar-benar terendam sempurna. Usahakan untuk gunakan wadah yang lebih besar untuk air cucian beras agar semua ikan bawal bisa langsung direndam secara sempurna.

4 dari 11 halaman

Tutup Wadah Rendaman

Agar seluruh bagian ikan bawal dari kepala sampai ekor bisa terendam dengan baik, tutup wadah rendaman cucian beras. Jika tidak ada, bisa bungkus ikan mas dengan plastik wrap.

5 dari 11 halaman

Simpan Ikan Bawal di Kulkas

Usai direndam selama satu jam, cuci ikan bawal kembali sampai bersih. Dengan cara ini, 90% bau tanah ikan bawal dijamin hilang dan tidak berbekas setelah diolah jadi hidangan. Jika tidak ingin langsung diolah, bisa simpan dulu ikan bawal di kulkas.

Cara ini juga bisa ditetapkan pada ikan-ikan lain yang juga penuh dengan duri seperti bandeng atau gurame.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Mengenai Ikan Bawal

7 dari 11 halaman

Apakah ikan bawal ikan air tawar?

Ikan bawal tergolong dalam dua lingkungan, yaitu perairan tawar dan laut. Ikan bawal yang hidup di perairan tawar termasuk dalam kategori ikan neotropik. Apa saja tanda khas dari ikan bawal? Umumnya, ikan bawal memiliki tubuh berbentuk oval, sirip berwarna merah, tubuh berwarna gelap, sirip ekor bergaris hitam, kepala kecil, gigi yang tajam, dan rahang yang pendek.

8 dari 11 halaman

Apakah Ikan Bawal Baik untuk Anak?

Bawal juga memiliki kandungan protein dan vitamin D yang cukup tinggi. Selain itu, ikan ini mengandung vitamin A, B3, B5, B12, dan E, yang membantu pertumbuhan sel-sel kulit bayi serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

9 dari 11 halaman

Apa Bedanya Bawal Laut dan Bawal Tawar?

Biasanya, bawal air tawar memiliki nuansa abu-abu yang gelap, yang mengakibatkan julukan "bawal hitam". Di sisi lain, bawal air laut cenderung berwarna putih cerah. Oleh sebab itu, bawal air laut sering disebut sebagai "bawal putih".

10 dari 11 halaman

Apakah Ikan Bawal Mengandung Kolesterol Tinggi?

Ada beberapa varietas ikan bawal, yang terdapat di air tawar dan laut. Namun, ikan bawal dari habitat air tawar sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol karena kandungan kolesterolnya mencapai 120 miligram per 100 gram.

11 dari 11 halaman

Apakah Ikan Bawal Asli Indonesia?

Ada beberapa varietas ikan bawal, yang terdapat di air tawar dan laut. Namun, ikan bawal dari habitat air tawar sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol karena kandungan kolesterolnya mencapai 120 miligram per 100 gram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.