Sukses

Tingkatkan Potensi Lokal, Pelatihan Bidang Telekomunikasi Buka Peluang Baru di Wamena

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 16 peserta putra asli daerah yang telah siap bekerja dan berhasil lolos secara administrasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Palapa Timur Telematika (PTT) menggandeng Badan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, mengajak Yayasan Shekina Papua mengadakan kegiatan pelatihan di Wamena, sebagai pengembangan SDM di bidang telekomunikasi.

Kegiatan yang dibuka pada Rabu (8/5/2024) di Aula Yayasan Shekina, Wamena ini dihadiri sebanyak 16 peserta putra asli daerah yang telah siap bekerja dan berhasil lolos secara administrasi. Selanjutnya para peserta diberikan kesempatan pelatihan selama 20 hari dari 13 Mei hingga 10 Juni 2024.

Materi yang diberikan dalam pelatihan merupakan teknologi telekomunikasi yang digunakan dalam proyek Palapa Ring Timur, seperti Teknologi Radio Microwave, Fiber Optic inland, Submarine hingga Power System.

Peserta juga dibekali praktek penggunaan alat Optical Power Meter, Optical Light Source, Optical Domain Time Reflectometer, Splicer, Simulasi Instalasi Indoor dan Outdoor Unit Radio hingga penggunaan teknologi Power System. Keseluruhan materi dibawakan langsung oleh team Field Operation PTT di Wamena.

Data Report and Learning PTT, Widodo Yuli Prasetyo mengatakan sejak 2021, PTT berkomitmen untuk melakukan kerja sama terkait dengan pelatihan teknologi telekomunikasi dengan sekolah, universitas dan juga balai pelatihan guna mengembangkan SDM di wilayah Pulau Papua.

“Harapannya agar peserta nantinya dapat berkontribusi untuk megembangkan teknologi telekomunikasi di wilayahnya masing-masing,” kata Widodo, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/5/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan bisa menjawab kebutuhan tenaga kerja sektor informasi dan telekomunikasi

Sementara itu, Sub Koordinator Pemberdayaan BPVP Sorong, Teguh Santoso menambahkan, kegiatan ini merupakan program pelatihan kerja sama dengan dunia industri (DUDI) dalam hal ini adalah PT Palapa Timur Telematika, yang dilakukan untuk masyarakat di Wamena, Papua Pegunungan.

“Kami semua mengharapkan agar lewat pelatihan instalasi fiber optik mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja sektor informasi dan telekomunikasi," ucap Teguh.

 

3 dari 3 halaman

Dorong pengembangan SDM di bidang ketenagakerjaan

Kepala BLKK Yayasan Shekina, Albert Tommi Yappo, menyebut atas nama Balai Latihan Kerja Komunitas Shekina Papua, mengucapkan terima kasih untuk PTT dengan adanya kegiatan yang sangat berharga ini.

"Kegiatan pelatihan telekomunikasi seperti ini baru pertama kali kami lakukan, dan harapannya semoga peserta dapat mengikuti dengan baik dan juga dapat meningkatan kebutuhan tenaga kerja di bidang tersebut," kata Albert.

Kolaborasi antara PTT dan BPVP Sorong ini diharapkan terus berlanjut sehingga dapat mendorong peningkatan kompetensi dan pengembangan SDM di bidang ketenagakerjaan, guna menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan tersertifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.