Sukses

Tidak Cukup dengan Daun Pepaya, Ini Cara Empukkan Daging Kambing dengan Tambahan 1 Bahan Lagi

Merebus daging kambing bersama daun pepaya dan tambahan satu jenis daun ini dapat membuat teksturnya jadi lebih lembut.

Liputan6.com, Jakarta Mengolah daging kambing tidak perlu khawatir lagi dengan teksturnya yang jadi alot. Pasalnya, tak sedikit bahan sederhana, seperti garam, soda kue, dan daun pepaya dapat digunakan untuk mengempukkan serat-serat pada daging yang cenderung tebal.

Sebagai alternatif tambahan, salah satu video pendek YouTube yang dibagikan kanal Botani Biota Khailash membagikan cara mengempukkan daging dengan daun pepaya dan satu jenis daun tambahan.

Apa jenis daunnya dan bagaimana langkahnya? Temukan jawabannya pada penjelasan yang dirangkum pada Kamis (8/8/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Daun Ini

Dalam videonya, warganet tersebut tampak memanfaatkan 2 lembar daun pepaya dan 10 lembar daun nangka. Takaran ini untuk 1 kilogram daging kambing.

3 dari 10 halaman

Cuci Bersih Daunnya

Sebelum digunakan, tentu cuci terlebih dulu kedua daun tersebut dengan air mengalir.

4 dari 10 halaman

Rebus Daging

Siapkan satu panci air dan rebus hingga mendidih. Kemudian, masukkan daging dan tunggu hingga air rebusan daging kembali mendidih.

5 dari 10 halaman

Masukkan Kedua Jenis Daun Tadi

Jika sudah muncul gelembung air mendidih, masukkan daun pepaya dan daun nangka. Lanjutkan merebus hingga tekstur daging empuk sesuai yang diinginkan.

6 dari 10 halaman

Daging Siap Diolah

Terakhir, cek tekstur. Jika sudah empuk, daging bisa ditiriskan dan siap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pengempuk Daging

8 dari 10 halaman

Pengempuk Daging Apa Saja?

Krengsengan adalah hidangan yang lezat. Kombinasi rasa sedikit manis dan tekstur daging yang lembut membuat kuliner tradisional ini sangat menggugah selera ketika disantap. Selain menggunakan daging, krengsengan juga sering kali dicampur dengan jeroan kambing.

9 dari 10 halaman

Apa yang Menyebabkan Daging Sapi Alot?

Stres membuat ikatan antara aktin dan miosin dalam otot daging semakin kuat, kata Slamet pada Sabtu (23/9/2023). Slamet menjelaskan bahwa aktin dan miosin adalah dua protein yang membentuk serat otot atau daging. Jika ikatan aktin-miosin ini semakin kuat, daging akan menjadi lebih keras dan sulit untuk dikunyah.

10 dari 10 halaman

Kenapa Daging Dikasih Nanas Jadi Empuk?

Enzim ini merupakan protease yang mampu memecah ikatan peptida dalam protein. Dengan demikian, enzim yang terdapat dalam nanas dapat menghidrolisis atau mendekomposisi protein daging menjadi potongan peptida atau bentuk protein yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dikunyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini