Sukses

Tindak Cepat Insiden Viral Tikus Cicipi Kue di Etalase, Toko Kue Ini Dapat Dukungan Warganet

Video yang diabadikan seorang pengunjung toko itu pun menjadi perbincangan hingga viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, publik, khususnya para pengguna jejaring sosial dihebohkan dengan sebuah video yang menunjukkan seekor tikus tertangkap tengah mencicipi kue kering yang tersaji di etalase sebuah toko cookies, Dough Lab.

Video yang diabadikan seorang pengunjung toko itu pun menjadi perbincangan hingga viral di media sosial. 

Atas kejadian tersebut, manajemen toko pun langsung memberikan penjelasan melaui video dan pernyataan resmi tertulis, yang diunggah di Instagram-nya. Dalam pernyataannya, pihak toko turut menyesalkan kejadian tersebut. Mereka menyebutkan bahwa insiden ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan akan memastikan tidak terjadi lagi.

Sebelum buka kembali pada Jumat (31/5/2024), toko tutup selama 3 hari untuk pembersihan menyeluruh, penggantian peralatan dapur dan packaging, hingga display kaca baru yang lebih tertutup. Bekerja sama dengan pihak mall, profesional penanganan hama pun dikerahkan lebih masif.

"Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya kami menangani insiden yang baru-baru ini terjadi dan menandai komitmen kami terhadap kualitas dan higienitas makanan. Kami akan tetap berpegang teguh untuk menjaga standar tertinggi kebersihan dan higienitas untuk semua operasional kami," tulisnya.

Dough Lab juga merespons langsung komentar dan unggahan warganet di Tiktok dan Instagram. "Hai kak, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya kak. Kami sudah ambil langkah tegas dengan menutup toko untuk deep cleaning selama 3 hari. Kami juga telah mengganti semua baki, alat dapur, adonan kue dan ke depan akan menggunakan display tertutup. We apologize for any inconvenience," tulis pihak Dough Lab di salah satu jawabannya ke warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tindakan toko diapresiasi warganet

Dalam unggahan sejumlah warganet, tindakan Dough Lab yang langsung menutup toko sementara dan tegas menindak kejadian ini juga diapresiasi oleh warganet.

Salah satunya di dalam unggahan akun @miminhedon yang sempat viral di TikTok. “Bukannya ilfil karena insiden Dough Lab, yang ada malah respect. Don’t mind, nanti mau jajan cookies-nya lagii ke sini!” Hingga kini video tersebut mendapat likes dari lebih 26 ribu pengguna TikTok.

Sementara itu, di linimasa X---sebelumnya Twitter, unggahan dari akun @txtfrombrand memuji pernyataan Dough Lab tidak denial dan konkrit. Unggahan ini sudah dibagikan kembali oleh ribuan pengguna X lainnya. Banyak yang memuji langkah penanganan pihak toko terhadap insiden ini.

 

3 dari 3 halaman

Warganet anggap pihak mall bertanggung jawab atas insiden ini

Sejumlah warganet justru menyebut pihak mall jadi yang paling bertanggung jawab dalam hal ini. “Contoh respons PR yang baik dan benar. Meski sebenarnya di kejadian seperti ini yang seharusnya diviralkan dan disalahkan netizen itu manajemen/pengelola mal, bukan si tenant yang menyewa tempat. Si Dough Lab sial aja tikusnya ketahuan mampir di outletnya,” sebut salah satu pengguna TikTok @pipis yang mengomentari unggahan tersebut.

Terbaru, DoughLab telah mengunggah video lanjutan di akun Instagram-nya. Dalam video tersebut, terlihat rekaman penanganan yang dilakukan. Kue, adonan, peralatan dapur, baki di etalase telah dibuang dan diganti yang baru.

Display kaca juga diganti total dengan model yang lebih tertutup. Tak lupa, toko juga berterima kasih kepada pelanggannya atas informasi yang telah diberikan, sehingga dapat mengambil tindakan cepat dan tegas dengan bekerja sama dengan manajemen mall untuk mengatasi situasi secara komprehensif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.