Sukses

Bukan Metode Siram, Ini Cara Tanak Nasi Sampai Matang Sempurna Hanya 30 Menit

Nasi bisa ditanak dan matang hanya dalam setengah jam tanpa metode siram. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak terelakkan lagi, nasi sebagai sumber utama karbohidrat merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang tidak bisa dipisahkan. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela menyetok nasi langsung dalam jumlah banyak.

Agar jumlah nasi yang banyak tersebut bisa dimasak sekaligus, biasanya orang-orang menggunakan panci. Meski demikian, menanak nasi menggunakan panci memang lebih lama dibanding menggunakan rice cooker.

Waktu yang diperlukan agar nasi bisa matang sempurna dengan panci bisa mencapai satu jam. TIdak hanya itu, nasi juga harus disiram air panas saat masih setengah matang.

Namun jangan khawatir, karena ada metode yang lebih efektif yang dibagikan warganet  Instagram @resepmudahnusantara. Ia bisa memasak nasi dengan panci sampai matang hanya dalam 30 menit, di mana metodenya akan dirangkum pada Minggu (02/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Didihkan Air pada Panci

Langkah pertama, siapkan air sedikit saja untuk dituang ke dalam dasar panci. Nyalakan kompor lalu tunggu hingga air benar-benar mendidih. Usai mendidih, letakkan saringan di atas air yang sudah mendidih tersebut.

3 dari 11 halaman

Masukkan Beras

Setelah itu, masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam panci dan ratakan ke seluruh sisi. Adapun beras harus diratakan ke seluruh sisi agar bisa matang secara merata dan tidak timpang antar lapisan.

4 dari 11 halaman

Masak Selama 30 Menit

Sesudah beras diratakan, tutup panci dan kecilkan api kompor. Tunggu dan biarkan beras dimasak sampai matang sempurna selama setengah jam.

5 dari 11 halaman

Aduk-aduk Nasi

Jika beras sudah dimasak selama setengah jam, matikan kompor dan angkat penutup panci. Aduk-aduk beras untuk memastikan kematangan nasi tersebar secara merata.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Memasak Nasi

7 dari 11 halaman

Berapa Takaran Air untuk Beras 1 Gelas?

Masaklah satu gelas beras menggunakan dua gelas air untuk mendapatkan nasi yang pulen dan tidak terlalu lengket setelah matang. Sebelum dimasak, cuci dan bilas beras dengan bulir panjang. Kemudian, masaklah beras tersebut di atas kompor atau rice cooker. Setelah nasi matang, diamkan selama 10 menit agar sedikit mengering sebelum disajikan.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama untuk Merebus Nasi?

Pada umumnya, proses memasak nasi menggunakan panci konvensional membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit setelah air mencapai titik didih. Meski demikian, durasi ini bisa bervariasi tergantung pada selera pribadi dan jenis beras yang dipakai.

9 dari 11 halaman

Berapa Takaran Air Beras Menggunakan Jari?

Jika terlihat masih kurang, Anda bisa menambahkan sedikit air. Alternatif lainnya adalah dengan mengukur air menggunakan jari. Secara ideal, volume air harus lebih banyak, yaitu sekitar satu ruas jari di atas permukaan beras.

10 dari 11 halaman

Berapa Kali Nasi Dicuci Sebelum Dimasak?

Di Indonesia, umumnya orang mencuci beras sebelum mengolahnya. Proses ini melibatkan pencucian beras dengan menggunakan air mengalir hingga beberapa kali, hingga air yang digunakan tidak lagi berwarna keruh.

11 dari 11 halaman

Berapa Jam Tahan Nasi?

Menjaga nasi dalam rice cooker selama beberapa jam sepenuhnya aman, tetapi penyimpanan hingga maksimal sepuluh hingga 12 jam lebih disarankan. Tetapi, penting untuk memastikan bahwa nasi tetap dalam suhu di atas 60 derajat Celsius agar tetap aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini