Sukses

Tanpa Direndam Dulu, Ini Cara Ampuh Hilangkan Noda Kunyit di Parutan dengan 1 Bahan Dapur

Hanya dengan menggunakan satu bahan saja, noda kuning akibat getah kunyit yang menempel di parutan dapat hilang tanpa perlu direndam. Yuk, simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Proses pembuatan jamu kunir asem skala kecil atau rumah tangga cenderung memanfaatkan parutan manual untuk menghaluskan kunyit. Hingga tak jarang, memerlukan waktu untuk menghilangkan noda kuning kunyit yang menempel di parut.

Meski tidak berbahaya, noda kunyit yang menempel ini akan membuat bahan-bahan lain yang akan diparut jadi ikut berwarna kuning, sehingga bisa memengaruhi estetika masakan.

Oleh karena itu, tips warganet YouTube Sylvia Fransisca ini menarik untuk dicoba. Trik yang dibagikannya cukup ampuh membersihkan noda kunyit dan membuat parut terlihat seperti baru lagi. 

Berikut penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Senin (3/6/2024).

2 dari 11 halaman

Bahan yang Dibutuhkan

Melalui video YouTube berdurasi 4 menit 41 detik-nya, warganet tersebut terlihat memanfaatkan deterjen bubuk dan sikat pakaian sebagai agen pembersih parutan.

Menggantikan sabun dan spon pencuci piring, kedua bahan tadi dirasa lebih efektif mengangkat noda kuning pada parutan.

3 dari 11 halaman

1. Taburi Parutan dengan Sabun

Pertama-tama, bilas parutan dengan air mengalir untuk menghilangkan residu kunyit dan menyisakan noda warna saja. Lalu, taburkan deterjen pada titik-titik noda kunyit di parut. 

4 dari 11 halaman

2. Sikat Perlahan

Langkah berikutnya, gosok noda kunyit di parutan menggunakan sikat pakaian hingga menghasilkan busa. 

5 dari 11 halaman

3. Ulangi Beberapa Kali

Ulangi langkah kedua sebanyak 2-3 kali. Sifat detergen bubuk yang sedikit lebih keras dibandingkan sabun cuci piring akan mampu mengangkat noda kunyit yang membandel di parutan secara lebih efektif.

6 dari 11 halaman

4. Parutan Bersih Seperti Baru

Terakhir, bilas parutan dengan air mengalir, pastikan benar-benar terbilas bersih agar aman ketika digunakan kembali. Noda kunyit pun hilang tanpa bekas dan parutan jadi terlihat seperti baru. Selamat mencoba.

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Noda Kunyit

8 dari 11 halaman

Apakah Noda Kunyit Bisa Hilang di Baju Putih?

Tuangkan sedikit cairan penghilang noda pada bagian baju yang terkena noda. Lalu, gosok baju dengan lembut agar noda berkurang dan baju menjadi bersih lagi. Hidrogen peroksida juga bisa digunakan dan cukup efektif untuk membersihkan noda kunyit yang mengenai baju putih.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Kunyit Diblender?

Campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta ini pada seluruh area blender yang terkena noda kunyit. Biarkan selama sekitar 15 menit agar baking soda dapat bekerja efektif. Kemudian, gosok blender menggunakan sikat atau spons, dan bilas dengan air hangat.

10 dari 11 halaman

Kenapa Kunyit Susah Hilang?

Kunyit merupakan bumbu masak yang juga bisa memberikan warna kuning pada hidangan dan mengandung senyawa aktif bernama kurkumin. Pigmen kuningnya ini memiliki ketahanan yang kuat, sehingga noda yang ditinggalkan oleh kunyit sulit untuk dibersihkan.

11 dari 11 halaman

Cara Menghilangkan Noda Kunyit Pakai Apa?

Noda kunyit dapat diatasi menggunakan gliserin. Basuh noda dengan air hangat terlebih dahulu. Gabungkan gliserin dengan air, lalu aplikasikan pada bagian yang terkena noda. Setelahnya, bilas ulang dan lanjutkan mencuci dengan mesin cuci.