Sukses

Tanpa Tambahan Tepung, Ini Trik Bikin Bawang Goreng Renyah dan Awet 1 Bulan

Lakukan cara ini, bikin bawang goreng jadi lebih kriuk dan tahan hingga satu bulan lamanya. Simak penjelasan selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Bawang goreng tentu menjadi salah satu olahan yang banyak digemari, terutama oleh para pecinta bawang. Rasanya yang gurih dengan sentuhan sedikit manis alami bawang merah membuat olahan satu ini sangat cocok untuk teman makan nasi hangat.

Namun sayangnya, tak jarang tekstur renyah bawang goreng hanya bertahan beberapa menit atau jam setelah diangkat dari penggorengan. Akibatnya, selain tidak renyah lagi, bawang goreng jadi tidak tahan lama.

Jika sering mengalami masalah tersebut, trik menggoreng bawang dari akun Instagram @resep_inspirasi_debm ini bisa ditiru. Bawang goreng jadi lebih kriuk dan tahan lama. Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum pada Senin (3/6/2024).

2 dari 11 halaman

Siapkan Irisan Bawang Merah

Pertama, siapkan irisan bawang merah irisan yang sudah dicuci bersih. Gunakan bawang merah yang masih segar agar daya simpan bawang goreng nantinya dapat maksimal. Juga, pastikan mengiris bawang setipis mungkin untuk menghasilkan bawang goreng yang kriuk maksimal.

3 dari 11 halaman

Tambahkan Cuka

Kedua, Rendam irisan bawang goreng dalam air yang sudah diberi tiga tetes cuka makan selama beberapa saat. Kemudian, tiriskan dan angin-anginkan sampai irisan bawang sedikit mengering.

4 dari 11 halaman

Tambahkan Garam

Langkah berikutnya, jika kadar air irisan bawang merah tadi sudah berkurang, sudah agak mengering, taburi dengan satu sendok teh garam atau menyesuaikan berapa banyak bawang merah yang digunakan. Jangan lupa diaduk sebentar agar garam dapat merata. 

5 dari 11 halaman

Goreng di Minyak Panas

Selanjutnya, siapkan minyak panas dan goreng irisan bawang sambil terus diaduk agar matangnya merata. Pada proses ini, gunakan minyak yang banyak hingga seluruh bagian irisan bawang dapat terendam minyak. 

6 dari 11 halaman

Bawang Goreng Siap Dikemas

Angkat bawang yang sudah berwarna coklat keemasan, dan tiriskan di nampan besar yang sudah dialasi tisu towel atau kertas bersih. Terakhir, bawang goreng pun siap dikemas untuk dinikmati sewaktu-waktu. 

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Bawang Goreng

8 dari 11 halaman

Apa Khasiat dari Bawang Goreng?

Dengan demikian, mengonsumsi bawang goreng dalam takaran yang tepat mampu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Saat kadar kolesterol rendah, kolesterol jahat tidak akan menumpuk di pembuluh darah, sehingga risiko penyakit jantung atau stroke dapat berkurang.

9 dari 11 halaman

Berapa Kalori Bawang Merah Goreng?

Satu sendok makan bawang merah goreng mengandung sekitar 50 kalori.

10 dari 11 halaman

Apakah Bawang Putih Goreng Sehat?

Bawang goreng bukan hanya menambah cita rasa pada hidangan, tetapi juga membawa berbagai manfaat kesehatan. Kandungan antioksidan yang melimpah di dalamnya berperan aktif dalam melawan radikal bebas, yang merupakan pemicu berbagai penyakit degeneratif.

11 dari 11 halaman

Apakah Bawang Goreng Termasuk Makanan?

Makanan ringan yang amat terkenal di Indonesia adalah bawang goreng. Kelezatannya yang asin dan manis serta kriuknya yang nikmat menjadikannya opsi yang pas sebagai tambahan hidangan atau cemilan di berbagai momen.