Sukses

Bukan Pakai Cuka, Begini Trik Praktis Bersihkan Pisau Berkarat dengan 1 Bahan Dapur

Hanya dengan menggunakan satu jenis bahan dapur ini, karat hilang dan pisau bisa kembali bersih. Begini penjelasan dan caranya.

Liputan6.com, Jakarta Pisau berbahan logam umumnya rentan mengalami karatan. Jika terus digunakan dalam proses memasak tanpa dibersihkan, tentu hal ini bisa berefek buruk untuk kesehatan.

Adapun cara membersihkan karat pada pisau yang umum diketahui adalah dengan menggunakan amplas ataupun rendaman cuka. 

Tak hanya itu, ternyata masih ada opsi lain untuk menghilangkan karat pada pisau. Sebagaimana dapat disimak dari video YouTube yang dibagikan kanal Teach Me How To Clean, cukup dengan soda kue, karat pada pisau bisa hilang dengan mudah.

Dirangkum pada Selasa (4/6/2024), temukan caranya pada penjelasan di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan dan Peralatan

Sangat sederhana, hanya dibutuhkan soda kue yang nantinya akan dibuat pasta, serta spon cuci piring atau kain untuk membantu proses pembersihan karat.

3 dari 11 halaman

Buat Pasta Soda Kue

Pertama, siapkan terlebih dahulu pasta soda kue sebagai pengganti sabun cuci piring. Campurkan beberapa sendok soda kue dengan air hingga membentuk konsistensi seperti pasta.

4 dari 11 halaman

Balurkan Pasta ke Pisau

Step kedua, oleskan pasta soda kue tadi ke seluruh permukaan pisau, atau bisa juga cukup ratakan ke titik-titik karat pada pisau. Oleskan dengan tebal sampai karat tertutup oleh pasta.

5 dari 11 halaman

Diamkan Beberapa Saat

Step ketiga, diamkan pisau terbaluri pasta soda kue hingga beberapa saat. Dalam video tidak disebutkan spesifikasi waktunya, hanya saja jika diperhatikan lakukan proses ini sampai pasta pada pisau sedikit mengering (sedikit lebih padat daripada saat pertama dioles).

6 dari 11 halaman

Cuci dengan Air Mengalir

Terakhir, bilas pisau dengan air mengalir sambil digosok-gosok menggunakan spon pencuci piring. Karat pun tampak hilang dan pisau kembali bersih. 

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Karat

8 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Karat?

Karat adalah hasil dari korosi, yakni oksidasi logam. Besi yang terkorosi menghasilkan karat dengan rumus kimia Fe2O3.xH2O. Korosi atau pengaratan adalah sebuah proses elektrokimia.

9 dari 11 halaman

Apa yang Menyebabkan Karat?

Logam seperti besi dan baja mengalami karat akibat reaksi kimia yang dikenal sebagai korosi atau proses elektrokimia, yang merusak permukaan besi. Proses karat ini terjadi karena adanya tiga komponen penting yang memicu reaksi kimia, yaitu zat besi, air, dan oksigen.

10 dari 11 halaman

Apa Pelapis Besi Agar Tidak Berkarat?

Beragam jenis logam dapat diaplikasikan sebagai pelapis besi, seperti timah, nikel, tembaga, platina, hingga emas. Penggunaan logam-logam tersebut berfungsi untuk mencegah proses karat.

11 dari 11 halaman

Apa Penyebab Besi Cepat Berkarat?

Lingkungan yang lembap atau basah merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan besi berkarat, contohnya ketika terkena air hujan. Udara dan air yang lembap yang terus-menerus berinteraksi dengan permukaan besi dapat memicu terbentuknya oksida besi, sehingga karat lebih cepat muncul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.