Sukses

Tidak Butuh Talenan, Begini Cara Iris Pisang Kipas Rapi dan Anti Putus

Dengan menerapkan cara ini, membuat irisan pisang bentuk kipas jadi lebih mudah tanpa perlu talenan. Yuk, cari tahu bagaimana caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya rasanya yang enak, bentuk pisang goreng kipas yang unik juga membuatnya banyak dicari para penggemar pisang goreng. Membuat bentuk pisang kipas ini tentu perlu kehati-hatian agar tidak gampang putus.

Untuk triknya, seorang warganet Instagram @ade_trianingsih membagikan video singkat abang-abang pisang goreng yang tengah membuat irisan pisang kipas dengan begitu mudah dan sat-set. 

Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan yang dirangkum pada Selasa (4/6/2024) berikut ini.

2 dari 11 halaman

1. Posisikan Pisang Miring

Pertama-tama, siapkan pisang yang sudah dikupas. Kemudian, pegang pisang di tangan kiri dengan posisi searah dengan ujung jari-jari tangan.

3 dari 11 halaman

2. Perhatikan Arah Irisan

Kedua, iris pisang dari ujung pisang dekat pangkal telapak tangan ke arah bagian tengah pisang. Sisir menyerong tipis-tipis, jangan sampai putus, menggunakan pisau hingga kurang lebih menghasilkan lima helai irisan pisang. Pada helai ke lima baru iris pisang hingga putus.  

4 dari 11 halaman

3. Tekan dengan Ibu Jari

Agar bentuk kipasnya rapi, sedikit tekan sambil agak ditarik ke samping setiap irisan pisang menggunakan ibu jari agar setiap sisiran pisang bisa bergeser dan berbentuk seperti kipas. 

5 dari 11 halaman

Pemilihan Pisang

Perhatikan juga pisang yang akan digunakan. Pilihlah pisang dengan kematangan sedang agar mudah dibentuk kipas. Pisang yang masih mentah cenderung keras sehingga mudah patah ketika diiris tipis bentuk kipas.

Selain itu, pisang yang terlalu matang pun cenderung lembek yang mana kurang cocok dan susah dibentuk menjadi pisang kipas.

6 dari 11 halaman

Perhatikan Pisau yang Dipakai

Disarankan untuk menggunakan pisau kecil yang tajam. Tujuannya untuk mempermudah mendapatkan bentuk pisang kipas yang cantik.

Selain itu, pisau kecil lebih mudah dipegang mengingat teknik ini tidak menggunakan talenan sama sekali.

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Pisang

8 dari 11 halaman

Apakah Pohon Pisang Kipas Bisa Berbuah?

Tidak seperti pohon pisang biasa yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, pisang kipas ini jarang berbunga dan berbuah. Tanaman ini dikenal dengan nama ilmiah Ravenala madagascariensis. Menariknya, tanaman pisang kipas berasal dari Madagaskar.

9 dari 11 halaman

Apa Nama Latin Pisang Tanduk?

Pisang tanduk (Musa paradisiaca) di Kabupaten Enrekang merupakan salah satu varietas pisang yang berpotensi untuk diperdagangkan. Meski demikian, tanaman ini belum pernah dieksplorasi secara menyeluruh dan tetap menjadi bagian dari tanaman lokal yang terus dilestarikan hingga kini.

10 dari 11 halaman

Dimana Pohon Pisang Tumbuh dengan Baik?

Pohon pisang adalah tanaman yang khas di daerah tropis. Ia tumbuh subur dari dataran rendah hingga ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut.

Tanaman ini membutuhkan curah hujan sekitar 1500 sampai 2500 mm per tahun dan suhu antara 15-35°C untuk berkembang optimal. Tanaman pisang mampu tumbuh di hampir semua jenis tanah.

11 dari 11 halaman

Jenis Pisang Apa yang Cepat Berbuah?

Hasilkan buah dalam satu tahun dapat dipercepat dengan melakukan perawatan tanaman secara intensif. Pisang Morosebo menonjol dengan ciri khasnya sendiri.

Selain berbuah lebih cepat daripada varietas pisang lainnya, pohon pisang Morosebo memiliki ketinggian yang terbatas, dengan hanya sekitar satu meter tingginya saat mulai berbuah.