Sukses

Tak Perlu Lama, Ini Cara Efisien Rebus Teh Agar Lebih Beraroma dan Tidak Berbusa

Membuat seduhan teh bubuk jadi lebih harum dan tidak berbusa dengan trik sederhana ini. Yuk, cari tahu langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Selain kopi, teh merupakan salah satu minuman yang cukup banyak digemari. Bahkan, di beberapa negara, seperti Jepang dan Inggris misalnya, minum teh menjadi budaya dengan filosofi tersendiri.

Aromanya yang khas dan menenangkan menjadikan teh cocok menjadi opsi minuman saat bersantai dan berkumpul bersama keluarga. 

Dibandingkan teh celup, teh bubuk sendiri umumnya memiliki aroma yang lebih kuat. Namun, proses penyeduhannya yang kurang tepat sering menimbulkan banyak busa dan mengurangi aromanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, akun TikTok @nuryanto.ayojualan memberikan trik agar seduhan teh bubuk tidak berampas dan lebih harum tanpa busa. Berikut cara selengkapnya, dirangkum pada Rabu (5/6/2024).

2 dari 11 halaman

Didihkan Air

Pertama, siapkan satu panci air atau sesuai kebutuhan berapa takaran air teh yang ingin dibuat. Kemudian, masak air tersebut sampai mendidih sempurna. 

3 dari 11 halaman

Rendam Teh di Air Panas

Kedua, matikan api jika air sudah mendidih. Lalu, masukkan teh bubuk langsung ke panci, tanpa diaduk sama sekali. Jika diaduk, air teh nantinya akan menghasilkan banyak busa.

4 dari 11 halaman

Diamkan 30 Menit

Ketiga, diamkan teh bubuk yang sudah dimasukkan ke air panas tadi selama kurang lebih 30-40 menit dalam keadaan panci tertutup. Nantinya, bubuk teh akan larut ke dasar panci dengan sendirinya.

5 dari 11 halaman

Saring Teh

Keempat, jika sudah setengah jam atau lebih dan air sudah berubah warna, teh bisa disaring. Gunakan saringan dengan pori paling kecil agar mampu menyaring bubuk teh secara maksimal.

6 dari 11 halaman

Teh Jadi Lebih Harum Tanpa Busa

Hasilnya, air teh jadi lebih bersih bebas busa dan aroma khas nya bisa lebih keluar. Teh pun siap dikonsumsi. Selamat mencoba!

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Teh

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Minum Teh?

Teh mengandung zat yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Zat tersebut adalah vitamin C yang sangat efektif dalam mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini membantu menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. Selain itu, teh sering digunakan sebagai obat untuk meredakan sakit kepala.

9 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Teh Setiap Hari?

Mengonsumsi teh setiap hari dapat memberikan efek tertentu bagi individu. Risiko dari minum teh setiap hari akan lebih buruk jika diminum dengan gula dalam jumlah berlebihan. Salah satu risiko tersebut adalah meningkatnya kemungkinan terkena penyakit diabetes.

10 dari 11 halaman

Apa Efek Minum Teh di Pagi Hari?

Mengonsumsi teh di pagi hari dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain mengurangi rasa kantuk, meningkatkan energi, dan melawan radikal bebas.

11 dari 11 halaman

Apakah Boleh Minum Teh saat Perut Kosong?

Minum teh dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan ketidakseimbangan asam dan basa di dalam lambung. Kondisi ini dapat mengganggu metabolisme tubuh dan memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pada ginjal. Selain itu, teh juga mengandung kadar oksalat yang tinggi.