Sukses

Tak Perlu Kipas Angin, Begini Trik Efektif Bersihkan Bunga Es Freezer Pakai 1 Alat

Membersihkan bunga es di freezer kini tak perlu kipas angin lagi. Bikin hemat listrik dan kulkas jadi lebih bersih, begini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Suhu kulkas yang terlalu rendah seringkali memunculkan bongkahan-bongkahan es yang sering disebut juga sebagai bunga es. Bunga es ini jika dibiarkan lama-lama akan memenuhi freezer sehingga mempersempit ruang simpan barang.

Sebagai solusi, sebuah video short YouTube yang diunggah oleh Andi Benot Channel membagikan tips mudah membersihkan bunga es freezer. Bagaimana langkah-langkahnya?

Temukan jawabannya, yang dirangkum padaRabu (5/6/2024) berikut ini.

2 dari 13 halaman

Hentikan Aliran Listrik Kulkas

Pertama-tama, cabut colokan kulkas terlebih dahulu untuk memutus aliran listriknya agar proses pembersihan lebih aman. 

3 dari 13 halaman

Keluarkan Isi Kulkas

Langkah selanjutnya, keluarkan seluruh isi dalam kulkas agar tidak terkena rontokan bunga es dari freezer saat nanti dibersihkan.

4 dari 13 halaman

Pindahkan Kulkas

Langkah ketiga, pindahkan kulkas ke area yang lebih luas dan jauh dari barang-barang. Misalnya, pindahkan kulkas ke area luar rumah yang dekat dengan sumber air atau kran. 

5 dari 13 halaman

Gunakan Selang Air

Langkah keempat, lepaskan printilan penyangga dalam kulkas, lalu dengan menggunakan selang semprotkan air ke arah bunga es. Semprot terus hingga bunga es rontok dan mencair.

6 dari 13 halaman

Cuci Printilan Kulkas

Setelah bunga es bersih, lap bagian dalam kulkas dan cuci printilan yang sebelumnya sudah dilepas. 

7 dari 13 halaman

Kulkas Jadi Bersih Kembali

Terakhir, keringkan printilan penyangga dalam kulkas, lalu pasang kembali. Kembalikan kulkas ke tempat semula dan masukkan barang-barang yang tadi dikeluarkan. Kulkas yang sudah bersih bisa kembali digunakan. 

8 dari 13 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Kulkas

9 dari 13 halaman

Berapa Lama Kulkas Dinyalakan setelah Dibersihkan?

Setelah kulkas dimatikan untuk dibersihkan, jangan langsung menyalakannya kembali. Meskipun bagian dalam kulkas sudah diseka secara menyeluruh menggunakan kain microfiber kering, biarkan kulkas tidak dinyalakan selama 2-3 jam sebelum dihidupkan lagi.

10 dari 13 halaman

Berapa Bulan Sekali Membersihkan Kulkas?

Disarankan untuk membersihkan kulkas secara teratur setiap dua hingga tiga minggu. Selain itu, lakukan pembersihan menyeluruh pada kulkas setiap tiga bulan.

11 dari 13 halaman

Mengapa Kita Tidak Boleh Sering Membuka Pintu Kulkas?

Ternyata, kebiasaan sering membuka dan menutup pintu kulkas bisa mengakibatkan kenaikan biaya listrik. Menurut penjelasan dari PLN, tindakan kecil ini berpengaruh pada pola konsumsi listrik, sehingga menyebabkan tagihan listrik melonjak.

12 dari 13 halaman

Berapa Jam Sekali Kulkas Mati Sendiri?

Kompresor kulkas secara berkala mati dan hidup kembali akibat adanya proses yang sering disebut standby. Kulkas akan berhenti beroperasi selama beberapa menit setiap enam hingga sembilan jam. Fenomena ini merupakan hal yang wajar karena itulah cara kerja atau mekanisme kulkas.

13 dari 13 halaman

Berapa Lama Usia Kulkas?

Berapa Lama Kulkas Dapat Digunakan? Berdasarkan panduan masa pakai peralatan kami, lemari es biasa umumnya dapat berfungsi antara 10 sampai 18 tahun, dengan rata-rata usia pemakaian sekitar 14 tahun. Sebaliknya, lemari es kecil memiliki masa pakai yang lebih singkat, yaitu antara 4 hingga 12 tahun dengan rata-rata umur pemakaian sekitar 8 tahun.