Sukses

Warna Pakaian yang Disukai Nyamuk Menurut Ahli, Yuk Hindari Agar Bebas dari Gigitan

Selain menghindari aroma tertentu dan menambahkan obat nyamuk, memilih warna pakaian juga dapat membantu menghindari serangga yang mengganggu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Nyamuk memang seringkali menjadi gangguan di sekitar kita, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Gigitannya tidak hanya membuat kulit gatal dan berbentol, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah.

Selain menghindari aroma tertentu dan menambahkan obat nyamuk, memilih warna pakaian juga dapat membantu menghindari serangga yang mengganggu ini. Menurut sebuah studi ilmiah dan para pakar hama, ada beberapa warna pakaian yang bisa mengundang nyamuk.

Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Best Life, Rabu (5/6/2024).

1. Cyan

Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh University of Washington menemukan bahwa nyamuk aegypti yang membawa virus seperti Zika tertarik pada warna cyan karena panjang gelombangnya yang dominan.

Jason McCausland, koordinator teknis nasional untuk Weed Man, menjelaskan bahwa cyan menciptakan siluet yang membantu nyamuk mengidentifikasi makanan potensial, bahkan ketika inang sedang bergerak.

2. Oranye

Kulit individu, terlepas dari pigmentasinya, juga mengeluarkan sinyal panjang gelombang panjang dalam kisaran merah-oranye yang mungkin menjadi penyebab nyamuk berdengung.Profesor biologi dan penulis utama Jeffrey Riffell menjelaskan bahwa warna oranye juga dapat menarik nyamuk.

Namun, penelitian menemukan bahwa warna-warna seperti hijau, ungu, biru, dan putih tidak menarik nyamuk. McCausland menyarankan untuk memakai warna pastel, karena warna-warna terang ini kurang menarik bagi nyamuk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Merah

Riffell menjelaskan bahwa kemampuan nyamuk untuk mencium karbon dioksida mengaktifkan indera penglihatan mereka. Ia menambahkan bahwa aroma karbon dioksida merangsang mata nyamuk untuk memindai warna dan pola visual tertentu, yang terkait dengan calon inangnya.

Selain itu, keringat dan suhu kulit juga dapat menarik nyamuk. Warna merah yang cerah dapat terlihat oleh nyamuk, terutama jika dikombinasikan dengan bau badan seperti keringat atau parfum tertentu.

3 dari 3 halaman

4. Hitam

Mengenakan pakaian hitam di musim panas mungkin membuat Anda terlihat lebih seksi, tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa warna ini juga menarik nyamuk. Bryan Clayton, CEO GreenPal, menjelaskan bahwa warna gelap menonjol di cakrawala saat senja dan fajar, waktu puncak di mana nyamuk keluar mencari makanan darah.

Walaupun nyamuk tidak benar-benar melihat warna, mereka melihat kontras dalam spektrum cahaya, dan hitam menciptakan lebih banyak kontras dan menyerap lebih banyak panas, menurut David Price, ACE, direktur layanan teknis dan ahli entomologi bersertifikat di Mosquito Joe.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.