Sukses

Tambah 1 Bahan, Ini Cara Masak Ayam Rendang Agar Tetap Utuh dan Tidak Amis

Ayam bumbu rendang dijamin lezat dan tidak bau amis dengan tekstur yang lembut. Ini cara bikinnya.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, rendang memang terbuat dari daging hewan ternak mamalia seperti sapi, kambing atau domba. Namun, bumbu rendang juga dikenal cukup nikmat jika diolah dengan daging ayam.

Sama seperti rendang sapi, rendang ayam harus dimasak dalam waktu yang cukup lama agar lembut dan nikmat. Hanya saja, daging ayam memang tidak sekeras daging sapi sehingga bisa rusak jika dimasak terlalu lama.

Namun, ada cara efektif untuk memasak ayam rendang agar tidak hancur dan anti amis. Cara ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube/Santo Sapi, yang akan dirangkum pada Jumat (07/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Goreng Ayam dan Kentang

Pertama-tama, siapkan daging ayam dan kentang yang sudah dipotong kecil-kecil. Jika tidak dipotong kecil-kecil, ayam cenderung akan sulit menyerap minyak, terutama bagian dada.

Goreng kentang terlebih dahulu sampai matang dengan minyak yang banyak. Setelah itu lanjut menggoreng ayam sampai setengah matang.

3 dari 11 halaman

Buat Bumbu Rendang

Haluskan bumbu rendang dengan blender yang meliputi:

●     8 siung bawang merah.

●     1,5 ruas jahe.

●     7 siung bawang putih.

●     2 cm lengkuas yang sudah diiris.

●     12 cabai merah.

●     Sebatang serai yang dipotong-potong.

4 dari 11 halaman

Tumis Bumbu

Tanpa perlu menambah minyak, tumis bumbu rendang yang sudah diblender tadi pada wajan dengan api sedang. Sembari ditumis dan diaduk-aduk, masukkan bahan-bahan berikut secara bertahap:

●     1 sdt kunyit bubuk.

●     1 lembar daun kunyit.

●     1 lembar daun jeruk.

●     2 sdt garam.

●     Gula jawa secukupnya.

●     1 sdt kaldu jamur/penyedap.

●     60 ml santan sachet.

●     Segelas air.

●     Kelapa parut yang disangrai.

Dari semua bahan tersebut, kelapa parut memiliki peran yang paling penting untuk menciptakan aroma yang khas serta mencegah bau amis. Jika tidak ada kelapa parut, bisa diganti dengans serundeng.

5 dari 11 halaman

Masak Ayam Rendang

Setelah menambahkan semua bahan di atas, sekarang kecilkan api lalu masukkan semua potongan ayam yang sudah digoreng setengah matang tadi. Aduk sedikit, lalu tambahkan segelas air sebelum diaduk dan dimasak lagi sampai santan menyusut.

Jika santan sudah menyusut, masukkan kentang untuk ikut dimasak. Pada tahap ini bisa masukkan juga tambahan lauk yang lain seperti telur atau tahu. Jika dirasa sudah matang, matikan kompor dan ayam rendang siap untuk disajikan.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Ayam Rendang

7 dari 11 halaman

Kenapa Ayam Rendang Jadi Pahit?

Jika Anda merasakan rasa yang sedikit pahit, itu menandakan bahwa rayam endang mungkin terlalu matang. Untuk menghindari hal ini, masaklah ayam rendang dengan menggunakan api kecil dan pastikan untuk mengaduknya secara teratur selama proses memasak.

8 dari 11 halaman

Kenapa Rendang Ayam Cepat Basi?

Kehadiran kandungan air yang melimpah di dalam adonan rendang dapat berperan signifikan dalam menentukan ketahanan hidangan tersebut. Sebab, kelebihan kadar air dalam hidangan mampu menciptakan kondisi yang mengundang pertumbuhan bakteri dan jamur dengan lebih cepat. Inilah yang menyebabkan rendang menjadi rentan terhadap kebusukan dengan cepat.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Rendang Bertahan di Freezer?

Jika disimpan dalam kulkas, rendang kering mampu bertahan selama satu bulan. Namun, jika di dalam freezer, dapat bertahan hingga enam bulan.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Memanaskan Rendang?

Tunggu dulu hingga rendang mencapai suhu ruangan atau biarkan dalam kulkas sampai rendang leleh. Bila rendang disimpan dalam kulkas, langsung panaskan dan tambahkan sedikit air untuk menghindari kekeringan saat memanaskan. Gunakan api kecil saat memanaskan agar rendang tidak mengering.

11 dari 11 halaman

Mengapa Rendang Harus Dimasak Berjam-jam?

Untuk memasak rendang dengan baik, diperlukan kesabaran serta keahlian yang spesifik. Daging harus direndam dalam santan dan bumbu rempah, dimasak dalam waktu yang cukup lama hingga empuk. Dalam proses tersebut, daging dapat menyerap semua bumbu serta cita rasa yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini