Sukses

Trik Alami Usir Kecoa Tanpa Perangkap, Praktis Hanya Pakai 2 Bahan Dapur

Membasmi kecoa jadi lebih mudah dan ekonomis dengan hanya memanfaatkan dua bahan yang hampir selalu ada di dapur ini. Yuk, cari tahu cara selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun ukurannya kecil, tak sedikit orang yang takut dengan kecoak. Gerakannya yang cepat, bahkan bisa terbang ke sana ke mari dengan mudah kerap membuat sebagian orang risih akan kehadiran serangga satu ini.

Namun sayangnya, tak bisa dipungkiri bahwa kecoak termasuk hewan yang mudah dijumpai di rumah-rumah. Untuk mengatasi ini, akun Instagram @priya_dwarke memberikan trik mudah mengusir kecoak dari rumah dengan menggunakan dua bahan dapur saja.

Penasaran bagaimana cara lengkapnya? Dirangkum pada Jumat (7/6/2024), temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

2 dari 10 halaman

Bahan-bahan

Melalui video berdurasi tak sampai satu menitnya, @priya-dwarke terlihat memanfaatkan soda kue dan gula halus sebagai bahan alami pengusir kecoak. Bebas bahan kimia berbahaya, penggunaan dua bahan dapur tersebut nyatanya efektif.

3 dari 10 halaman

Campurkan Kedua Bahan

Cara meraciknya mudah, yaitu cukup siapkan mangkuk dan campurkan 1 sendok makan soda kue dengan 1 sendok makan gula putih halus. Aduk hingga kedua komponen tercampur rata.

4 dari 10 halaman

Taburkan di Beberapa Titik

Selanjutnya, taburkan campuran soda kue dan gula halus tadi ke beberapa titik di mana kecoa sering terlihat berseliweran. Lakukan cara ini secara rutin agar kecoak kapok dan tidak kembali lagi.

5 dari 10 halaman

Alasan Kecoa Perlu Dihindari

Meski tampak tidak berbahaya, nyatanya kecoak memang perlu dibasmi karena berisiko membawa berbagai macam penyakit. Terlebih, ketika mendapati kecoa hindari membunuhnya dengan memukul atau menghancurkan tubuh kecoak. 

Ini karena, dilansir dari RRI.co.id, tubuh kecoak mengandung beberapa bakteri dan parasit sebagai berikut:

  1. Salmonella. Kecoak berisiko membawa infeksi bakteri salmonella dan menyebabkan penyakit, seperti demam tifoid, gastroenteritis, dan disentri.
  2. Patogen poliomyelitis. Kecoak bisa menyebabkan infeksi patogen ini, sehingga mengakibatkan penyakit polio.
  3. E. Coli. Kecoak menjadi salah satu penyebar bakteri ini, sehingga berpotensi menyebabkan keracunan.
  4. Enterococcus. Tubuh manusia bisa terinfeksi bakteri ini hanya melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi kecoak. Bakteri ini berisiko menyebabkan infeksi saluran kemih.
6 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kecoa

7 dari 10 halaman

Apa Kelemahan dari Kecoak?

Kecoa mampu mengidentifikasi makanan tanpa harus mengonsumsinya. Namun, kekurangan utama kecoa adalah ketiadaan lidah yang mampu merasakan seperti yang dimiliki manusia.

8 dari 10 halaman

Kecoa Bersarang di Mana?

Kecoa mampu membuat sarang di tempat yang sangat terbatas, seperti dalam remote control, lubang kecil, atau celah di dinding. Dengan tubuhnya yang datar dan miring, mereka dapat dengan mudah masuk ke dalam celah yang sempit tersebut.

9 dari 10 halaman

Apakah Suara Bisa Mengusir Kecoak?

Tentu, Anda bisa melakukannya. Mulailah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Anti Cockroach Repellent dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih frekuensi yang Anda inginkan dari opsi yang tersedia: 10KHZ, 12KHZ, 15KHZ, 17KHZ, 19KHZ, atau 21KHZ.

10 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Kecoak Datang?

Mereka meninggalkan ruangan dan segera menuju saluran pembuangan kamar mandi. Situasi ini makin diperparah oleh kurangnya penutup yang rapat pada saluran air, yang juga menjadi penyebab kedatangan kecoa. Keadaan ini diperparah lagi oleh adanya pipa yang bocor di bawah wastafel, atap yang bocor, genangan air, serta tumpukan daun basah di sekitar rumah, semua ini bisa menjadi undangan bagi serangga-serangga tersebut.