Sukses

Jangan Digosok Batu Apalagi Ampelas, Ini Cara Tajamkan Pisau dengan 1 Alat dan Bahan Dapur

Pisau yang sering digunakan lama kelamaan akan menjadi tumpul. Namun, untuk menajamkan pisau kembali, jangan gunakan batu atau amplas.

Liputan6.com, Malang Penggunaan pisau secara terus-menerus akan membuatnya tumpul seiring berjalannya waktu. Untuk mengembalikan ketajamannya, banyak orang mengasahnya dengan menggunakan batu asah atau ampelas. Meskipun kedua metode tersebut efektif, teknik yang tepat sangatlah penting; jika tidak, pisau tetap akan tumpul.

Sebagai solusi alternatif, akun Instagram @dapoernya_linda membagikan cara menajamkan pisau dengan menggunakan hanya satu alat dan bahan dapur, yaitu pisau dan garam. Meskipun tidak begitu dikenal, cara ini terbukti ampuh untuk mengembalikan ketajaman pisau dengan mudah.

Yuk, ikuti langkah-langkah sederhana menajamkan pisau dengan menggunakan garpu dan garam berikut ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Alat dan Bahan

Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menajamkan pisau dengan menggunakan garam dan garpu:

  • Pisau
  • Garam dapur 
  • Garpu 
3 dari 10 halaman

Cara untuk Menajamkan Pisau

Sebelum Anda mulai mengasah pisau menggunakan garpu dan garam dapur, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini agar tidak salah langkah!

  1. Balur ujung garpu dengan garam dapur yang telah disiapkan. Ini dapat dilakukan dengan menggosokkan garam pada garpu, menaburkannya, atau mencelupkan garpu ke dalam wadah garam.
  2. Pastikan gerigi garpu tertutupi sepenuhnya dengan garam.
  3. Ambil pisau dan gosok ujungnya di sela-sela gigi garpu.
  4. Gosok secara berulang dari depan ke belakang untuk mengasah kembali pisau.

Kombinasi antara garam yang abrasif dan permukaan keras garpu akan mengasah mata pisau secara efektif.

4 dari 10 halaman

Cara Menguji Ketajaman Pisau

Setelah mengasah pisau, uji ketajamannya untuk memastikan hasil pengasahan yang optimal. Salah satu cara adalah dengan memotong buah. Jika pisau dapat mengupas buah dengan mudah, maka pisau sudah terasah dengan baik.

5 dari 10 halaman

Cara Merawat Ketajaman Pisau agar Tidak Cepat Tumpul

Setelah diasah, pertahankan ketajaman pisau dengan langkah-langkah yang tepat, seperti memilih talenan yang sesuai, menghindari benturan dengan benda keras, membersihkan pisau dengan benar, dan menggunakannya sesuai fungsi.

6 dari 10 halaman

Berapa Derajat Suhu yang Digunakan untuk Mengasah Pisau?

Atur sudut pengasahan pisau, idealnya antara 15 hingga 20 derajat. Gesek pisau perlahan di slot pengasah dengan sudut yang telah ditetapkan.

 

 

7 dari 10 halaman

Apakah Amplas Bisa Menajamkan Pisau?

Anda bisa menggunakan amplas kasar untuk meratakan mata pisau, lalu haluskan dengan amplas yang lebih halus untuk hasil yang lebih baik.

8 dari 10 halaman

Apakah Pisau Stainless Bisa Diasah?

Pisau stainless steel terbuat dari logam yang lebih keras, membuatnya sulit diasah dan memerlukan bantuan profesional untuk mengasahnya. Sementara itu, pisau berbahan karbon-stainless lebih mudah diasah.

9 dari 10 halaman

Kenapa Pisau Harus Diasah?

Kehilangan ketajaman adalah proses alami bagi setiap pisau yang tajam. Lama atau cepat, ujung pisau akan memudar dan tumpul. Oleh karena itu, penting untuk mengasah setiap pisau secara rutin.

10 dari 10 halaman

Alat Apa yang Digunakan untuk Mengasah Pisau?

Biasanya, batu asah memiliki dua sisi. Sisi yang lebih kasar digunakan untuk mengasah pisau, sedangkan sisi lainnya digunakan untuk memoles pisau. Anda bisa mendapatkan rekomendasi batu asah yang cocok untuk mengasah pisau di beberapa toko perlengkapan kuliner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini