Sukses

Hanya Perlu 1 Bahan Dapur, Begini Trik Simpan Seledri Agar Awet Segar hingga 9 Hari

Tidak Perlu khawatir cepat busuk jika ingin menyetok daun seledri. Trik sederhana ini bisa dicoba agar daun seledri tetap segar dalam waktu simpan yang lama. Begini langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki aroma yang khas, daun seledri sering ditambahkan ke dalam berbagai hidangan untuk menambah cita rasa serta aromanya. Misalnya, dijadikan campuran sop hingga topping bakso.

Di samping itu, seledri termasuk jenis sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menyetok daun seledri agar bisa dikonsumsi setiap hari.

Untuk mencegah stok daun seledri di rumah cepat busuk, akun Instagram @melizah21 memberikan tips sederhananya. Diungkapnya bahwa cara ini bisa membuat daun seledri tetap segar bahkan setelah 9 hari masa penyimpanan. 

Berikut penjelasan lengkapnya, dirangkum pada Senin (10/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Siapkan Bahan Ini

Dalam video berdurasi 20 detik itu, terlihat bahawa @melizah21 memanfaatkan bawang putih sebagai agen pengawet daun seledri. 

3 dari 12 halaman

Cuci Daun Seledri

Sebelum mengemas stok daun seledri, cuci terlebih dahulu di bawah air mengalir. Pastikan benar-benar bersih agar ketika disimpan bakteri dari kotoran yang tertinggal tidak berkembang.

4 dari 12 halaman

Siapkan Wadah Kedap Udara

Berikutnya, siapkan toples panjang, sesuai ukuran seledri, sebagai wadah. Menilik dari video tersebut, @melizah21 tampak menggunakan toples berbahan kaca. 

5 dari 12 halaman

Rendam Seledri dengan Air Bersih

Isi toples dengan air bersih hingga setengahnya, lalu masukkan seledri. Jika air dalam toples tidak cukup merendam seledri, tambahkan lagi sampai seledri terendam sepenuhnya. 

6 dari 12 halaman

Tambahkan Bawang Putih

Terakhir, Masukkan satu siung bawang putih kupas ke dalam toples bersama seledri. Tutup rapat toples dan simpan di dalam kulkas. Selamat mencoba!

7 dari 12 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Seledri

8 dari 12 halaman

Apa Manfaat dari Daun Seledri?

Khasiat seledri untuk ginjal yaitu dapat meningkatkan fungsi organ tersebut. Sebab, kandungan antioksidan dalam seledri berperan dalam melindungi tubuh dari dampak radikal bebas serta membantu mencegah gangguan pada ginjal.

9 dari 12 halaman

Kapan Sebaiknya Minum Air Rebusan Daun Seledri?

Konsumsi jus seledri setiap pagi saat perut masih kosong, terutama sekitar 710 hingga 945 ml jika menderita penyakit kronis.

10 dari 12 halaman

Apa Manfaat dari Jus Seledri?

Seledri juga terkenal mengandung senyawa apigenin yang mampu menghindari penyempitan arteri dan menghalangi kenaikan tekanan darah. Di samping itu, magnesium dalam jus seledri berperan dalam merilekskan otot-otot di sekitar arteri.

11 dari 12 halaman

Apakah Seledri Boleh Dimakan Mentah?

Seledri bisa dimakan dalam berbagai bentuk. Salah satu metode yang sangat disarankan adalah mengonsumsi seledri dalam keadaan segar. Ini bertujuan agar kandungan vitamin dan mineralnya tetap utuh dan tidak terurai akibat pemasakan.

12 dari 12 halaman

Bagaimana Cara Mengolah Daun Seledri untuk Kolesterol?

Untuk membuat minuman ini, daun seledri, daun ketumbar, air lemon, gula cair, dan es batu dicampur dalam gelas. Alternatifnya, bahan-bahan tersebut dapat diolah menjadi jus dengan menambahkan buah pir, perasan lemon, atau bayam.nurri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini