Sukses

Tak Perlu Dicuci, Begini Trik Hilangkan Bau Pesing Karpet Agar Wangi Tahan Lama

Tidak perlu lagi susah payah mencuci karpet yang terkena bau pesing karena racikan cairan sederhana ini mampu mengatasi bau tidak sedap pada karpet. Mari cari tahu lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan tikar, penggunaan karpet terlihat semakin banyak diminati. Pasalnya, meski memiliki kesamaan dari segi fungsi, karpet bisa sekaligus memperindah ruangan karena ragam desainnya yang estetis.

Adapun kekurangannya, bahan karpet umumnya cenderung lebih tebal dibandingkan tikar, sehingga jika terkena kotoran proses mencucinya jadi lebih berat.

Namun, tak perlu risau lagi karena kanal YouTube Kadalwarsa Channel memiliki tips sederhana yang bisa mengatasi karpet bau tanpa perlu susah payah mencucinya.

Apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya, dirangkum pada Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bahan dan Peralatan

Untuk membuat cairan penghilang bau pada karpet, diperlukan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Segelas air (200 ml)
  • Satu saset pewangi pakaian (11 ml)
  • Cuka dapur
  • Botol semprot
3 dari 9 halaman

Larutkan Pewangi dengan Air

Pertama, larutkan dengan air satu saset pewangi pakaian atau setara dengan takaran 11 mililiter. Aduk hingga benar-benar larut karena cairan pewangi pakaian biasanya cenderung lebih kental.

4 dari 9 halaman

Tambahkan Beberapa Tetes Cuka

Kedua, jika pewangi pakaian sudah larut sempurna, tambahkan 2-3 tetes cuka dapur. Penggunaan cuka dapur di sini tak lain adalah berfungsi sebagai agen penghilang bau. 

5 dari 9 halaman

Pindahkan ke Botol Semprot

Ketiga, sesudah semua bahan cairan dicampur, pindahkan ke dalam botol semprot untuk mempermudah penggunaannya.  

6 dari 9 halaman

Cairan Pembersih Siap Digunakan

7 dari 9 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Membersihkan Karpet

8 dari 9 halaman

Berapa Kali Cuci Karpet?

Pada umumnya, direkomendasikan untuk melakukan pembersihan karpet secara profesional minimal satu atau dua kali setiap tahun. Akan tetapi, untuk area dengan lalu lalang yang cukup sering atau memiliki hewan peliharaan, dan penderita alergi, pembersihan mungkin perlu dilakukan lebih sering.

9 dari 9 halaman

Apa Nama Alat yang Digunakan untuk Membersihkan Karpet dan Debu?

Agar debu dan tungau pada karpet atau alas lainnya dapat dihilangkan, diperlukan penggunaan alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini