Sukses

4 Kebiasaan Pagi Hari untuk Menambah Umur Panjang

Meningkatkan kemungkinan hidup lebih lama bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan tertentu juga berperan penting dalam mencapai usia panjang.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat dan umur yang panjang. Banyak yang percaya bahwa umur panjang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Namun, sebenarnya pengaruh gen tidak sebesar yang sering diyakini. Justru, faktor lingkungan dan gaya hidup, seperti pola makan dan kebiasaan sehari-hari, memiliki pengaruh yang signifikan.

Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga rutinitas olahraga merupakan cara yang efektif untuk memperpanjang umur. Sebaliknya, kebiasaan buruk seperti makan berlebihan, minum alkohol, dan merokok dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit.

Menurut situs wellandgood.com, rahasia panjang umur telah dipelajari melalui kebiasaan pagi penduduk di Blue Zones, daerah yang dikenal dengan penduduknya yang berumur panjang.

Dan Buettner, penulis dan peneliti yang memperkenalkan konsep Blue Zones, mengidentifikasi sejumlah kebiasaan pagi yang bisa membantu memperpanjang umur.

Berikut adalah kebiasaan pagi yang dapat mendukung hidup lebih lama, seperti yang dikutip dari Fimela.com pada Selasa (18/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mulai Hari dengan Ucapan Baik kepada Orang Pertama yang Ditemui

Mulai hari dengan memberikan apresiasi kepada orang lain, selain menerapkan kebiasaan menyantap sarapan sehat dan berolahraga ringan selama 20 menit.

Sampaikan pujian atau kata-kata baik kepada orang pertama yang Anda temui setiap pagi. Ini tidak hanya akan mempererat ikatan dengan komunitas dan individu lainnya, tetapi juga berdampak signifikan pada lingkungan sekitar.

Kualitas hidup secara keseluruhan dapat ditingkatkan dengan adanya hubungan antarpribadi yang positif yang juga berkontribusi pada peningkatan harapan hidup dan penciptaan kebahagiaan yang lebih besar.

3 dari 9 halaman

Menikmati Saat Santai dengan Kopi di Pagi Hari

Menurut penelitian yang dilakukan American Heart Association, minum kopi, baik yang mengandung kafein maupun tidak, berkaitan dengan penurunan risiko kematian secara keseluruhan.

Namun, perlu diingat bahwa pemanis yang ditambahkan ke dalam kopi juga memiliki pengaruh, seperti menggunakan satu sendok teh gula atau alternatif lain seperti susu nabati seperti susu oat atau almond. Selain kopi, teh juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dinikmati di pagi hari.

4 dari 9 halaman

Pentingnya Memulai Hari dengan Sarapan Sehat

Menurut Buettner, gaya makan yang sehat memiliki dampak signifikan terhadap umur panjang. Diet sehat seperti pola makan berbasis tumbuhan atau Mediterania dapat mendukung kehidupan yang panjang dan bugar.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah waktu makan pagi yang penting karena memulai aktivitas harian dengan baik dimulai dari sana.

5 dari 9 halaman

Mencari 'Ikigai'

Ketika bangun di pagi hari, apa yang memotivasi Anda untuk bangkit dari tempat tidur? Apa tujuan yang mendorong Anda untuk menemukan semangat dan menjalani hidup dengan arti yang mendalam? Memiliki tujuan hidup yang jelas dapat menjadi pendorong untuk memulai setiap hari dengan semangat, terutama saat kita semakin tua.

Ken Mogi, seorang ahli saraf dan penulis dari buku Awakening Your Ikigai, mengajarkan bagaimana kita dapat menggunakan kekuatan spiritual ini dengan cara yang positif, dengan mempertimbangkan lima aspek penting.

Lima aspek penting tersebut adalah memulai dari hal-hal kecil, menerima diri sendiri secara penuh, menjalin koneksi dengan sesama dan dunia di sekitar kita, menemukan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana, dan hadir sepenuhnya dalam setiap momen.

6 dari 9 halaman

3 Hal Apa yang Harus Ada dalam Hidup?

Mind, body, and soul (pikiran, tubuh, dan jiwa). Pertama, mind yang mengharuskan kita untuk selalu mempertimbangkan dengan tulus dan menjadikan kita pribadi yang selalu bersyukur. Kemudian, body yang memerlukan perawatan terbaik agar dapat mendukung mind dan soul.

 

7 dari 9 halaman

Kebiasaan Sehat Apa Saja?

Salah satu contohnya adalah memantau asupan nutrisi dan diet yang sehat, melakukan aktivitas fisik, serta terlibat dalam kegiatan positif untuk mengelola stres, dan masih banyak lagi.

 

8 dari 9 halaman

Perilaku Sehat itu Seperti Apa?

Berbagai tindakan yang berpengaruh terhadap kesehatan seseorang termasuk dalam perilaku makanan, rutinitas olahraga, menghindari rokok, memastikan istirahat yang cukup, mengelola stres, serta menghindari alkohol dan obat-obatan, dan gaya hidup yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

 

9 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Panjang Umur?

Umur panjang merujuk pada hidup lebih lama dan sehat. Ini mencakup seberapa lama seseorang akan hidup dan seberapa baik kondisi kesehatannya di masa depan. Umur panjang juga bisa diartikan sebagai kondisi ketika seseorang hidup melebihi ekspektasi umur rata-rata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini